Mengenal Perbedaan Domba dan Kambing. Apa Saja ?

Perbedaan domba dan kambing memang jika dilihat sekilas cukup sulit untuk membedakannya hingga hampir semua masyarakat menganggapnya kedua hewan ini sama, namun secara signifikan kedua jenis ternak yang sering sekali ditemui di sekitar pemukiman tersebut tentunya sangat berbeda.

Kepopulerannya dalam pemeliharaan kedua hewan jenis ini juga tidak hanya fokus pada bagian dagingnya saja, namun juga pada rambut yang dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan wol dan air susu yang terdapat dari hewan ruminansia tersebut jika dikonsumsi manusia akan menghasilkan manfaat yang jauh lebih baik daripada hewan penghasil susu pada umumnya.

Nah memiliki cara mudah untuk melihat perbedaannya yang bisa dilihat dari bulu pada kambing itu lurus dan biasanya tidak perlu dicukur, sedangkan untuk domba memiliki bulu yang keriting dan biasanya perlu dicukur bila terihat lebat serta untuk mengetahui perbedaan domba dan kambing lebih dalam mari simak penjelasan berikut!

Ciri-ciri Perbedaan Domba dan Kambing

Ciri-ciri Perbedaan Domba dan Kambing

Ciri-ciri untuk kedua hewan yang satu ini memang bisa dikatakan cukup sulit, karena banyaknya orang yang sering menyamakan domba dengan kambing tapi kenyataannya sangat berbeda dan untuk mengetahui perbedaan domba dan kambing bisa menggunakan ciri-ciri dibawah ini antara lain:

Perbedaan Taksomoni

Kedua jenis hewan ternak tersebut sama-sama berada dalam keluarga Bovidae, namun untuk klasifikasi ilmiah pada kambing domestik dan domba berbeda loh! Keduanya berbeda genus serta spesies untuk kambing sendiri (Capra aegargus hircus) yang memiliki 60 buah kromosom, sedangkan Ovis aries memiliki 54 buah kromosom saja.

Nah apakah kambing bisa dikawinkan dengan domba? tentu saja bisa, tetapi untuk hasil anakan pada umumnya steril atau tidak bisa bereproduksi lebih lanjut.

Dilihat dari Ekor

Ciri yang kedua dilihat dari ekor yang jatuh menjuntai ke bawah, nah sangat berbeda dengan ekor kambing yang lebih tegak dan lurus hingga jika menemukan hewan yang mirip dengan kambing atau bisa dilihat pada bagian ekornya yang jatuh menjuntai itu dapat dipastikan bahwa hewan tersebut adalah Ovis Aries dan tentunya bukan kambing ya.

Baca Juga

Apa Itu Domba, Kenali Karakteristik Domba & Harganya

Ternak Kelinci Umbaran, Kelebihan & Kekurangan

Mengenal Adu Domba & Sejarah Tradisi Beserta Harganya

Perhatikan Struktur Bulu

Perbedaan domba dan kambing bisa diperhatikan dari bagian bulu yang keriting pada hewan jenis ini biasanya dicukur jika sudah menebal atau sangat lebat, nah bahkan bulu-bulu yang dicukur tersebut digunakan menjadi wol hingga ini menjadi ciri yang paling mudah apalagi kambing memiliki bulu yang lebih lurus hingga bisa dikenali apakah hewan tersebut yang tentunya bukan kambing dengan melihat ciri-ciri tersebut.

Tanduk

Kambing akan memiliki tanduk yang sedikit ke atas atau ke samping, maka Ovis Aries memiliki tanduk yang lebih melengkung bahkan untuk jenis lokal biasanya tidak memiliki tanduk dan ada beberapa jenis yang memiliki bentuk tanduk lebih unik hingga melengkung kebelakang seperti Ovis Aries asal garut atau domba priangan dan domba texel yang melengkung ke arah depan.

Telinga

Telinga pada hewan ruminansia ini akan tegak mengarah keatas dan hal ini bisa cara untuk membedakannya dengan kambing yang memiliki telinga yang lebih menjuntai ke bawah, selain itu juga memiliki ukuran yang lebih kecil daripada telinga yang dimiliki kambing jauh lebih besar hingga cara mudah untuk mengenalnya bisa dilihat dari telinganya yang lebih lemas itulah salah satu perbedaan domba dan kambing.

Bentuk Tubuhnya

Ciri-ciri terakhir ini terdapat pada tubuh yang bulat dan memanjang tapi bagian kaki yang pendek, sehingga badannya akan lebih terlihat membulat yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kambing dan memiliki lemak di bagian perut yang lebih banyak tapi tidak dengan kambing yang memiliki bentuk tubuh lonjong serta memanjang hingga terlihat pada postur tubuh yang lebih melonjong dengan tampilan gempal pada bagian ekor.

Dilihat Perilaku dalam Mencari Makan

Perbedaan Domba dan Kambing Dari Makan

Pemeliharaan kedua hewan ternak tersebut untuk didalam kandang memang tidak akan banyak menampakkan perilaku asli dalam mencari makanannya, namun jika dilihat di alam liar ternyata cara kambing dan domba untuk menemukan makanan berbeda jika diamati secara signifikan.

Karena untuk Capra aegargus hircus ini cenderung mencari dedaunan yang ada di pohon, sehingga mereka akan lebih banyak memanjat dan hal tersebut tidak ditemukan pada domba yang secara alami lebih memilih untuk memakan rumput hingga perbedaan domba dan kambing inilah yang banyak digunakan untuk membedakannya.

Perhatikan Tingkah Laku Kawanan

Perbedaan domba dan kambing selanjutnya bisa dilihat dari tingkah laku kawanannya, karena untuk kambing cenderung lebih aktif dan mandiri hingga mereka bisa berkeliling sendiri di suatu tempat dan hal tersebut akan menjadi alasan kenapa untuk jenis ini akan berpencar pada saat digembalakan.

Namun sangat berbeda untuk domba akan lebih sering berada dalam kawanan, sehingga domba lebih mudah dipelihara dalam area yang dibatasi pagar dan perilaku ini memudahkan gembala untuk mengawasi kawanan domba tersebut.

Perbedaan Aroma Tubuh

Kambing sendiri akan memiliki aroma prengus atau goaty smell yang tidak dapat ditemukan pada domba ini dikeluarkan oleh beberapa kelenjar yang ada di kepala jantan, karena tepatnya di belakang dasar tanduk aroma tersebut dikenal dengan nama 4-ethyloctanal yang suatu jenis pheromone tersebut digunakan untuk menstimulasi ovulasi pada betina.

Nah untuk Pheromone sendiri merupakan sebutan untuk senyawa kimia yang dihasilkan seekor individu yang berfungsi untuk memengaruhi perilaku individu lain yang masih dalam satu spesies, maka jika 4-ethyloctanal ini terpapar udara maka akan berubah menjadi 4-ethyloctanoic acid yang berbau prengus dan inilah yang menjadi perbedaan domba dan kambing yang paling mudah tanpa harus membandingkan keduanya.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri yang wajib diketahui untuk perbedaan domba dan kambing, karena jika dilihat sepintas memang terlihat sama tapi keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup kuat walaupun berasal dari spesies dan famili yang sama.

3 pemikiran pada “Mengenal Perbedaan Domba dan Kambing. Apa Saja ?”

Tinggalkan komentar