Apa Itu Domba, Kenali Karakteristik Domba & Harganya

Domba adalah salah satu hewan ruminansia berkaki empat yang memiliki rambut cukup tebal dan dikenal oleh banyak orang dengan sebutan biri-biri, karena jenis hewan pertama yang dijinakkan untuk memenuhi keperluan agrikultural atau kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan.

Pemeliharaan hewan jenis ini juga tidak hanya fokus pada bagian dagingnya saja, namun juga pada rambut yang dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan wol dan air susu yang terdapat dari hewan ruminansia tersebut jika dikonsumsi manusia akan menghasilkan manfaat yang jauh lebih baik daripada hewan penghasil susu pada umumnya.

Hewan yang memiliki nama ilmiah Ovis Aries ini diduga berasal dari Asia Tengah bagian dari Selatan dan Barat, sehingga membuat domba menjadi hewan yang cukup penting dalam riwayat pertanian serta untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan berikut.

Kenali, Karakteristik Domba

Karakteristik Domba

Domba sendiri masuk kedalam Sub Family Caprinae dan family Bovidae berasal dari Genus Ovis yang  mencakup semua jenisnya, selain itu juga mendapat tempat khusus dalam budaya manusia yang terkandung dalam bahasa modern sebagai simbologi dalam ritual keagamaan kuno serta modern atau sebagai  sebagai hewan persembahan.

Penampilannya memang hampir sama seperti saudaranya yang dikenal dengan nama kambing itu tentunya akan memiliki perbedaan secara signifikan, karena hewan dari family ini akan memiliki warna cerah yang pada umumnya berwarna putih keemasan dan memiliki karakteristik lebih jinak hingga dapat dengan mudah menuruti perintah si pengembalanya.

Hewan yang bernama ilmiah Ovis Aries ini sangat suka bergerombol hingga pada saat memakan rumput saja akan terlihat merata dan teratur, karena mereka memang tidak serabutan yang suka berpindah-pindah maka tidak salah jika hewan ini sangat disukai pengembala.

Baca Juga

Mengenal Makanan Viral Sei Sapi & Resep Sei Sapi

Cara Merawat Kelinci & Mamalia Tinggi Gizi

Kenali Jenis Kelinci Lucu Yang Ada Di Indonesia

Pada waktu malam saja mereka akan berkumpul untuk tidur bersama yang saling menghangatkan dan sangat menyukai tempat terbuka, sehingga kemungkinan besar karakteristik nya tersebut membuat bulunya menjadi lebih mudah tebal hingga membuatnya lebih tahan dingin daripada saudaranya.

Sulit Membedakan?, Berikut Ciri-ciri Domba..

Ciri-ciri Domba

Ciri-ciri untuk hewan yang satu ini memang bisa dikatakan cukup sulit, karena banyaknya orang yang sering menyamakan domba dengan kambing tapi kenyataannya sangat berbeda dan untuk membedakannya bisa menggunakan ciri-ciri dibawah ini antara lain:

Memiliki Ekor yang Jatuh

Ciri yang pertama memiliki ekor yang jatuh menjuntai ke bawah, nah sangat berbeda dengan ekor kambing yang lebih tegak dan lurus hingga jika menemukan hewan yang mirip dengan kambing atau bisa dilihat pada bagian ekornya yang jatuh menjuntai itu dapat dipastikan bahwa hewan tersebut adalah Ovis Aries dan tentunya bukan kambing ya.

Berbulu Keriting

Bulu yang keriting pada hewan jenis ini biasanya dicukur jika sudah menebal atau sangat lebat, nah bahkan bulu-bulu yang dicukur tersebut digunakan menjadi wol hingga ini menjadi ciri yang paling mudah apalagi kambing memiliki bulu yang lebih lurus hingga bisa dikenali apakah hewan tersebut yang tentunya bukan kambing dengan melihat ciri-ciri tersebut.

Bertanduk Melengkung dan Kadang Tidak Terlihat

Kambing akan memiliki tanduk yang sedikit ke atas atau ke samping, maka Ovis Aries memiliki tanduk yang lebih melengkung bahkan untuk jenis lokal biasanya tidak memiliki tanduk dan ada beberapa jenis yang memiliki bentuk tanduk lebih unik hingga melengkung kebelakang seperti Ovis Aries asal garut atau domba priangan dan domba texel yang melengkung ke arah depan.

Memiliki Telinga Tegak Ke Atas

Telinga pada hewan ruminansia ini akan tegak mengarah keatas dan hal ini bisa cara untuk membedakannya dengan kambing yang memiliki telinga yang lebih menjuntai ke bawah, selain itu juga memiliki ukuran yang lebih kecil daripada telinga yang dimiliki kambing jauh lebih besar hingga cara mudah untuk mengenalnya bisa dilihat dari telinganya yang lebih lemas.

Berbentuk Bulat dan Panjang Pada Tubuhnya

Ciri-ciri terakhir ini terdapat pada tubuh yang bulat dan memanjang tapi bagian kaki yang pendek, sehingga badannya akan lebih terlihat membulat yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kambing dan memiliki lemak di bagian perut yang lebih banyak tapi tidak dengan kambing yang memiliki bentuk tubuh lonjong serta memanjang hingga terlihat pada postur tubuh yang lebih melonjong dengan tampilan gempal pada bagian ekor.

Daftar Harga Domba Terbaru!

Harga untuk salah satu hewan ruminansia tidak akan seimbang apalagi pada saat masa nya Kurban tiba yang dimana harga tersebut akan melonjak lebih tinggi daripada biasanya, karena penggunaan domba sendiri menjadi sangat penting untuk dijadikan kurban pada saat itu dan untuk mengetahui harga terbarunya bisa simak dibawah ini:

Jenis DombaBobot DombaHarga
Betina Standar20-25 kgRp 1.950.000
Betina Medium25-30 kgRp 2.450.000
Jantan Standar 20-25 kgRp 2.450.000
Jantan Medium25-30 kgRp 2.950.000
Jantan Premium30-35 kgRp 3.350.000
Jantan Exclusive35-45 kgRp 4.500.000

Kesimpulan

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai domba yang dibahas mulai dari karakteristik hingga daftar harga, nah untuk daftar harga tersebut memang akan mengalami kenaikan ataupun penurunan hingga dapat berubah sewaktu-waktu tapi harga diatas bisa digunakan sebagai bahan referensi pada saat membelinya.

2 pemikiran pada “Apa Itu Domba, Kenali Karakteristik Domba & Harganya”

Tinggalkan komentar