Kenali Jenis Kelinci Lucu Yang Ada Di Indonesia

Kelinci lucu adalah jenis kelinci yang memiliki tubuh kecil atau mini dengan bobot sekitar 1,7 kg, sehingga tidak salah jika tampilan pada hewan mamalia jenis ini juga sangat menarik perhatian apalagi dengan tingkah laku yang sangat menggemaskan membuatnya cukup recomended dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Hewan menggemaskan ini masuk ke dalam Mamalia dari familia Leporidae yang memiliki jenis cukup banyak di seluruh bagian dunia, namun pada umumnya untuk hewan satu ini biasanya dalam penggunaannya sebagai hewan ternak yang dimanfaatkan dagingnya tapi hanya untuk jenis pedaging saja.

Bagaimana cukup penasaran bukan? Tentang jenis-jenis kelinci lucu dengan tampilan begitu menggemaskan, maka untuk mengetahuinya mari simak penjelasan berikut!

5 Kelinci Lucu Terbaru Versi Kami

Jenis kelinci memang cukup banyak yang dibedakan tergantung pada setiap rasnya, nah untuk jenis yang satu ini mungkin masuk ke dalam jenis kelinci hias yang penggunaannya sebagai hewan peliharaan dengan tampilan yang tidak kalah menarik perhatian dan berikut jenis kelinci lucu yaitu:

Kelinci Anggora

Kelinci yang lucu pertama adalah kelinci anggora dengan bulu tebal

Anggora adalah salah satu jenis kelinci yang lucu loh dan apakah pernah mendengarnya? Nah ternyata ras anggora tidak hanya berasal dari kucing saja, karena salah satu jenis kelinci hias pun begitu yang berasal dari Ankara, Turki dengan ciri yang cukup umum yaitu memiliki bulu lebat serta lembut membalut seluruh tubuhnya hingga wajahnya yang kadang tidak terlihat.

Jenis Bebek Hias

Jenis Kelinci Hias

Jenis ini pada awalnya ditemukan oleh pelaut Inggris yang dibawa ke Prancis pada tahun 1723 dengan bobot sekitar 3,5 kg, nah biasanya hewan mamalia ini cukup aktif hingga berlarian dan beda ceritanya lagi untuk kelinci anggora ini akan terlihat lebih kalem dari pada biasanya serta untuk harganya juga cukup mahal sekitar Rp 600.000 – Rp 2.000.000.

Kelinci Dutch

Kelinci yang lucu salah satunya kelinci dutch

Jenis kelinci lucu ini berasal dari Negara yang terkenal dengan kincir angin tersebut kandang memiliki tampilan tubuh kecil dan biasa disebut sebagai kelinci kerdil, nah sejarah telah mencatat bahwa jenis ini yang dahulunya dikenal dengan sebutan The Brabancon Petit atau yang menunjukkan bahwa kelinci tertua yang ada di Belanda.

Fisik yang kecil atau kerdil dengan bobot yang hanya mencapai sekitar 1 hingga 2,5 kg yang tentunya membuat tampilannya sangat menggemaskan, lalu juga didukung dengan kombinasi warna yang unik seperti warna putih melingkar berbentuk pelana mulai dari punggung hingga kebagian leher dan juga kaki.

Harga untuk jenis tergantung pada umurnya dan jika sudah berumur 1 – 3 bulan akan memiliki harga sekitar 50.000 hingga 200.000, lalu untuk kelinci yang sudah berumur atau dewasa dijual dengan harga kisaran Rp 200.000 – Rp 2.000.000 dan jika dijadikan sebagai hewan peliharaan disarankan untuk membeli yang berumur lebih dari 3 bulan agar tidak mudah terserang penyakit.

Kelinci English Lop

Kelinci english lop masuk ke dalam salah satu kelinci yang lucu dan menggemaskan

English lop adalah salah satu jenis yang masuk ke dalam jenis kelinci lucu dan cukup populer sebagai hewan peliharaan dan terkenal khususnya di Negara Indonesia, Karena pada saat berusia 4 bulan telinganya akan turun hingga menyentuh tanah yang menjadi ciri khas dari kelinci English Lop ini cukup menarik bukan!

Asal mula jenis yang satu ini ternyata hasil mutasi gen dari ras Anggora, Himalaya serta Dutch yang memiliki bobot sekitar 4 hingga 6 kg dengan tubuh cukup besar dari pada biasanya dan menurut data dari The Guinness Book of Records yang menyebutkan bahwa jenis ini pernah mencatat menjadi rekor telinga terpanjang sekitar 79 cm ditahun 2003 lalu dan dijual dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp 4.000.000.

Kelinci Rex

Kelinci rex adalah kelinci lucu dengan tekstur bulu halus serta lembut

Asal mula kelinci rex ada akhir dekade kedua abad ke-20 atau lebih tepatnya tahun 1919 yang lahir seekor anak dari kelinci abu-abu liar yang berbulu mantel mewah seperti halnya beludru, selain itu juga salah satu jenis kelinci yang lucu tersebut memiliki bulu pelindung dua kali lebih tebal daripada jenis hewan bertelinga panjang lainnya.

Perkembangan terus dilakukan serta di Paris lah yang pertama kali dipamerkan pada tahun 1924 di depan umum, lalu untuk diakui sebagai trah standar sejak tahun 1925 yang paling banyak di bagian Eropa dan breed tersebut masuk ke AS setelah Paris International Rabbit Show di tahun 1924.

Jenis kelinci rex carpet masuk ke dalam kategori kelinci termahal yang bisa dimanfaatkan dagingnya, selain itu juga bisa dijadikan sebagai indukan terbaik yang akan menghasilkan keturunan berkualitas dengan bulunya yang halus maka tidak salah masuk ke dalam salah satu jenis kelinci lucu dengan harga sekitar Rp 4.000.000/ekor untuk umur 3 bulan.

Kelinci Fuzzy Lop

Kelinci fuzzy lop dengan ciri khas pada telinganya yang menggantung

Jenis ini memiliki ciri khas yang tentunya di bagian telinganya yang tidak berdiri tegak hingga terkesan menggantung ke bawah, selain itu juga memiliki moncong yang cukup pendek serta bulu di seluruh tubuhnya berukuran cukup panjang bisa mencapai 6 – 7 cm dan masuk ke dalam salah satu kelinci yang lucu dengan daya tahan tubuh cukup kuat.

Pemberian pakan harus sebanyak 2 kali dalam sehari pada saat berumur 1,5 bulan bisa memberikan jenis pakan berupa pelet dengan dosis sekitar 2,5 per ons untuk takaran setiap hari, lalu jenis pakan lainnya yang bisa diberikan adalah Hay Timothy dengan dosis 1 gram/ekor dan tidak lupa selalu menyediakan air sebanyak 500 ml per hari.

Harga untuk salah satu jenis ini bisa dibilang cukup mahal dengan pet quality harganya bisa mencapai Rp 400.000 hingga Rp 500.000, namun harga tersebut hanya bisa mendapatkan hewan mamalia ini yang masih berumur anakan atau sekitar 3 bulan dan jika lebih bisa saja harganya jauh lebih tinggi.

Kesimpulan

Kelinci lucu adalah jenis kelinci hias yang penggunaannya bisa sebagai hewan peliharaan, namun banyak juga peternak yang mengembang salah satu jenis di atas apalagi bentuk harga yang dimilikinya juga cukup tinggi loh bahkan lebih tinggi.

Bagaimana tertarik untuk memilih salah satu jenis di atas? Jika iya, maka calon pemilik harus mengetahui terlebih dahulu tentang jenis yang dipilih agar dapat melakukan perawatan yang tepat apalagi setiap jenis atau ras memiliki tata cara perawatan yang berbeda.

Related Topics

Give a Comment