Karakteristik Domba Garut, Harga & Jenis Kandang

Domba garut tentunya berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama ovis aries, karena berasal dari campuran perkawinan antara lokal dengan jenis capstaad dari Afrika Selatan dan jenis merino dari Australia hingga menghasilkan jenis ini yang sangat dikenal dikalangan masyarakat Garut hingga seluruh Indonesia khususnya.

Jenis yang dikenal dengan nama capstaad ternyata sudah ada lebih dulu di Garut, sehingga untuk jenis merino baru didatangkan ke Garut pada abad ke-19 dan dari ketiga jenis itulah awal mulanya lahir varietas baru yang kemudian menjadi ciri khas kota Garut hingga saat ini.

Nah untuk mengenalnya lebih dalam Ovis aries dari Garut ini bisa simak penjelasan berikut, karena masih banyak orang tidak mengetahui tentang domba Garut itu. Maka simak penjelasan berikut!

Kenali, Karakteristik Domba Garut

Kenali, Karakteristik Domba Garut

Jenis Ovis aries yang memiliki bentuk umum pada tubuhnya relative besar dan berbentuk persegi panjang, selain itu memiliki bulu yang panjang serta kasar dengan tanduk pada jantan cukup besar hingga kuat ini akan menjadi modal utama dalam seni ketangkasan dan untuk berat badannya dapat mencapai 40 sampai 80 kg.

Tergolong kedalam jenis Ovis aries terbaik dengan ciri lain yang terdapat pada bentuk ekor segitiga dan bagian pangkal lebar, selain itu bagian tersebut mengecil ke arah ujung (ngabuntut beurit atau ngabuntut bagong), dahi sedikit lebar, kepala pendek , profil sedikit cembung, bermata kecil, tapi memiliki tanduk besar dan melingkar ke belakang untuk yang bisa ditemukan pada jantan.

Nah untuk betina biasanya akan bertanduk kecil atau tidak bertanduk hingga bentuk telinganya yang kecil (rumpung) dengan panjang < 4 cm sampai sedang (ngadaun hiris), selain itu juga memiliki panjang antara 4 – 8 cm dan memiliki bulu yang dominan berwarna putih serta hitam yang banyak dijumpai dengan daun telinga yang rumpung.

Pejantannya harus memiliki performa yang baik hingga banyak peternak domba yang memelihara jenis ini dengan karakter yang berbeda, nah menurut beberapa ahli jenis ini selain memiliki keistimewaan juga bisa sebagai penghasil daging yang sangat baik hingga membuatnya sangat sesuai untuk meningkatkan produksi ternak.

Daftar Harga Tahun 2021!

Ovis aries jenis ini memang memiliki harga yang sangat tinggi yang dilihat dari beberapa faktor, nah salah satunya jika berkualitas dan postur tubuhnya yang besar akan membuat harganya juga semakin tinggi tapi biasanya harga tertinggi pada saat mendekati idul adha atau qurban yang keberadaannya banyak dicari.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan karakteristik yang dimilikinya, sehingga membuatnya sangat cocok untuk dipelihara serta dikembangkan hingga menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dan berikut daftar harga yang tentunya dibedakan oleh umur hewan tersebut antara lain:

UsiaKualitasJenis KelaminHarga
Umur 3 – 4 bulanStandarJantanRp. 3.000.000
Umur 3 – 4 bulanStandarBetinaRp. 2.000.000
Umur 3 – 4 bulanBagusJantanRp. 3.500.0000
Umur 3 – 4 bulanBagusBetinaRp. 3.000.000
RemajaStandartJantanRp. 4.500.000
RemajaStandartBetinaRp. 2.500.000
RemajaBagusJantanRp. 6.500.000
RemajaBagusBetinaRp. 4.500.000
DewasaStandartJantanRp. 5.500.000
DewasaStandartBetinaRp. 3.500.000
DewasaBagusJantanRp. 11.000.000
DewasaBagusBetinaRp. 6.000.000

Jenis-jenis Kandang

Nah untuk jenis kandang sendiri memang tidak cukup banyak dan biasanya para peternak hewan yang satu ini hanya menggunakan satu jenis kandang untuk tempat beristirahat, namun untuk para peternak modern akan menggunakan beberapa jenis kandang pada saat pemeliharaan yang minim lahan dan berikut jenis-jenisnya antara lain:

Kandang Koloni

Kandang Koloni domba garut

Jenis koloni ini adalah kandang yang tidak memiliki penyekat, dan jika disekat pun memiliki ukuran kandang yang relatif luas, sehingga banyak digunakan untuk memelihara beberapa jenis hewan ruminansia lainnya dan sangat cocok digunakan untuk masa pembesaran atau pemeliharaan betina dewasa calon induk (betina yang tidak bunting atau menyusui).

Selain itu untuk penggunaan luas kandang bisa disesuaikan dengan umur dan jumlah ternak yang dipelihara, tentunya untuk penggunaan bisa menggunakan aturan dibawah ini:

  • 10 ekor dengan umur 3-7 bulan, maka diperlukan luas lantai 5 m2 untuk menjaga kebutuhan luasan lantai rata-rata 0,5 m2/ekor.
  • 10 ekor jika sudah berumur 7-10 bulan, lalu luas diperlukan dengan lantai 7,5 m2 agar kebutuhan luasan lantai rata-rata sekitar 0,75 m2/ekor
  • 10 ekor pemeiharaan betina dewasa/calon induk dengan umur >12 bulan, nah luasan lantai disarankan sekitar 10 m2 atau rata-rata 1 m2/ekor.

Baca Juga

Mengenal Perbedaan Domba dan Kambing. Apa Saja ?

Tips Cara Ternak Domba & Jenis Kandang Modern Simple

Mengenal Makanan Viral Sei Sapi & Resep Sei Sapi

Kandang Individual

Kandang Individual Domba Garut

Nah jenis kandang yang kedua ini akan disekat-sekat hingga tiap sekat akan berisi satu ekor ternak saja, maka setiap sekat kandang akan berukuran 0,75 m x 1,4 m atau 0,7 m x 1,5 m. dan pada umumnya ini akan digunakan untuk lebih fokus dalam masa pembesaran agar mereka lebih cepat gemuk.

Oleh karena itu, kandang akan dibuat berukuran sempit hingga dapat meminimalkan gerakan ternak relatif akan lebih sedikit agar perkembangan ternak menjadi lebih cepat dan tidak energinya yang banyak terbuang.

Kandang Beranak dan Menyusui

Kandang Beranak dan Menyusui Domba garut

Jenis kandang terakhir ini khusus beranak dan menyusui ialah kandang yang dikhususkan untuk induk yang baru saja melahirkan dan menyusui anaknya, sehingga masing-masing induk yang mempunyai anak sebelum umur satu bulan dan sebaiknya tidak dicampur dengan induk yang beranak lainnyan dalam satu kandang.

Nah untuk ukuran paling tidak berukuran (1,5-2 x 1) m2 tapi khusus untuk induk yang mempunyai anak berumur lebih dari satu bulan, sebenarnya sudah bisa digabung dengan 2-4 ekor induk dalam satu kandang koloni dan jika ada 4(empat) ekor induk dengan 6(enam )ekor maka memerlukan luasan lantai kandang hingga 7-8,5 m.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai domba Garut ini yang wajib diketahui apalagi untuk yang baru memulai prospek bisnis yang satu ini, selain itu penjelasan diatas juga terdapat daftar harga yang bisa dijadikan bahan referensi dan harga tersebut sewaktu-waktu bisa saja mengalami perubahan.

Tinggalkan komentar