7 Ikan Gabus Hias Yang Ada Di Dunia & Harganya Mahal

Ikan gabus hias salah satu jenis yang paling populer untuk saat ini khususnya di Indonesia dengan paduan warna-warna yang cantik serta ciri yang khas, karena predator ini tidak selalu menyeramkan dan akhir-akhir ini banyak yang mencarinya untuk dijadikan hewan peliharaan yang dapat menghiasi aquarium didalam ruangan.

Jenis yang dikenal dengan nama Channa ini memiliki jenis yang cukup banyak hingga membuat orang yang mengoleksi ikan hias ini bisa menjadi hobi yang cukup menyenangkan, sehingga sangat membantu untuk menghilangkan stres hanya dengan menyaksikan gerakan lincahnya didalam aquarium.

Nah untuk mengenalnya lebih dalam tentang jenis-jenis ikan gabus hias ini, yang tentunya memiliki harga hingga 100-an juta dengan keunikan tersendiri serta perpaduan warna yang sangat menarik perhatian mari simak penjelasan berikut!

Kenali, Jenis Ikan Gabus Hias Termahal Didunia

Ikan yang bernama Channa ini memiliki jenis yang cukup banyak loh, nah untuk setiap jenis tentunya akan memiliki karakteristik yang berbeda-berbeda hingga membuat harganya juga berbeda dan berikut jenis-jenis ikan gabus hias yang sudah dirangkum dengan harga yang paling tinggi yaitu

Channa Barca

Channa Barca

Jenis ikan gabus hias termahal ini sangat populer di kalangan penghobi ikan channa, karena mempunyai keunikan dari warna abunya yang dimilikinya cukup terang dan juga memiliki motif totol dengan warna hitam serta untuk bagian sirip punggung memiliki ukuran yang cukup lebar.

Nah untuk bagian ekor dan perutnya pada tubuh ikan ini akan berwarna hijau tosca jika terkena pantulan cahaya, maka akan memiliki harga kisaran dari Rp 25.000.000 hingga Rp 50.000.000 yang mana untuk jenis ikan channa ini msuk kedalam kategori ikan hias termahal.

Channa Marulioides

Ikan Gabus Hias Channa Marulioides

Tampilannya yang sangat cantik untuk jenis Red Barito ini memiliki kisaran harga mulai dari Rp 90 ribu hingga Rp 650 ribu tapi hanya untuk ukuran tertentu saja dan jika ikan gabus hias tersebut memiliki ukuran 5 sampai 25 centimeter dijual dengan harga Rp 600 ribuan.

Selain itu untuk jenis ikan channa Yellow Sentarum tersebut dijual dengan harga berkisar Rp 75 ribuan, namun untuk harga ikan channa marulioides termahal ada di posisi harga kisaran angka Rp 3 jutaan tapi hanya untuk ukuran mulai dari 8 hingga 37 sentimeter saja ya.

Channa Melasoma

Ikan Gabus Hias Channa Melasoma

Ikan gabus hias ini memiliki rentang harga mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 3 jutaan tapi untuk jenis albino nya, karena memiliki ciri yang menonjol dengan warna kuning kecoklatan pada bagian tubuhnya dan dilengkapi dengan motif list berwarna putih dibagian ujung siripnya.

Channa Stewartii

Ikan Gabus Hias Channa Stewartii

Channa Stewartii ini memiliki warna yang menarik dibagian siripnya yang berwarna biru, walaupun warna tersebut sedikit pudar yang disebabkan oleh warna coklat di seluruh tubuhnya tersebut memiliki harga jual mulai dari Rp 400 ribu sampai Rp 2 jutaan.

Warna biru tersebut dapat menyala dengan terang apabila  terkena cahaya di tempat yang gelap, sehingga untuk jenis ini sangat recomended untuk dipelihara didalam aquarium yang dapat menghiasi ruangan dalam keadaan minim cahaya sekaligus.

Channa Argus

Channa Argus

Jenis Channa yang satu ini banyak ditemukan di dataran utara negara Tiongkok khususnya di daerah Xijiang, nah tepatnya penghuni pulau Hainan ini memiliki ukuran maksimal hanya mencapai 30 cm saja tapi tampilan yang dimilikinya tidak kalah menarik perhatian loh.

Ikan yang dikenal dengan nama Northern snakehead ini memiliki warna serta pola hingga motif seperti halnya seekor ular phyton reticulatus, sehingga membuat peminatnya semakin banyak yang dimana jika di sekila saja sangat menarik agar dapat dipelihara dan memiliki harga mulai dari Rp 1,5 jutaan.

Channa Aurantimaculata

Channa Aur

Nah untuk jenis ikan gabus termahal ini adalah Channa Aurantimaculata yang berasal dari India dengan ukuran maksimal mencapai 40 cm, tentu saja untuk harga yang dimilikinya mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 1,5 jutaan saja dengan warna coklat dengan kombinasi garis vertikal yang berwarna oranye.

Baca Juga

Resep Ikan Gabus Yang Paling Mudah & Banyak Gizi

Mengenal Jenis Ikan Mas Koki Ranchu, Rajanya Ikan Hias

9 Jenis Kelinci Hias Beserta Harga & Penjelasan

Jenis Ikan Gabus Hias Kalimantan, Adalah?

Jenis Ikan Gabus Hias Kalimantan

Ikan cantik ini ternyata bisa dengan mudah ditemui khususnya di perairan Indonesia pada wilayah Sumatra dan Kalimantan, nah dikenal dengan nama Channa pleuro ini sangat menyukai sungai atau rawa-rawa yang mempunyai  air hitam untuk habitat hidupnya dan berarus lambat dan terdapat tumbuhan air yang sangat berlimpah.

Tampilannya dengan warna hijau kebiru biruan tersebut sangat menarik perhatian, tidak hanya itu ikan gabus hias Kalimantan ini juga memiliki ciri khas berupa 2-3  bercak yang berwarna hitam di tubuhnya dan akan tampak seperti corak Peacocok Bass Orinoco dengan spot warna hitam serta warna keemasan di pingiran spotnya.

Nah untuk makanannya Channa pleuro ini terbilang sangat rakus sama seperti jenis ikan gabus hias yang lainnya, karena jika ada mangsa didekatnya langsung dilahap secepat kilat tapi bisa juga memberinya pakan berupa lele potong atau katak agar tidak merasa bosan dan untuk harganya bisa dibilang cukup murah daripada jenis lainnya yang hanya berkisar Rp 50.000 – 200.000 saja untuk setiap ekornya.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi singkat tentang beberapa jenis ikan gabus hias termahal yang sangat populer saat ini, selain itu juga di Indonesia sendiri memiliki ikan gabus hias yang tidak kalah cantik ini banyak ditemukan di perairan Kalimantan dan Sumatera yang dijual dipasaran dengan harga cukup murah hingga sangat recomeneded untuk dipelihara sebagai penghias ruangan didalam aquarium.

Tinggalkan komentar