Mengenal Jenis Ikan Mas Koki Ranchu, Rajanya Ikan Hias

Ikan mas koki ranchu adalah salah satu jenis yang paling baru khususnya di Indonesia dengan paduan warna-warna yang cantik serta ciri yang khas, karena jenis ini menjadi ikan yang tidak memiliki sirip di bagian punggungnya dan memiliki jambul pada bagian kepalanya dengan bentuk tubuh yang bungkuk.

Tampilannya yang unik dan eksotis menjadi identitas kuat untuk ikan jenis ini yang sangat melegenda, sehingga kombinasi warna yang unik serta mencolok dengan tekstur oranye pekat di permukaan kulitnya apalagi ditambah dengan bentuk tubuh yang sedikit membungkuk membuat tampilannya semakin menggemaskan.

Cukup menarik bukan, untuk dijadikan sebagai penghias di akuarium dan apalagi bentuk tubuhnya yang besar serta melengkung ini dapat tumbuh hingga mencapai 5-10 cm bahkan bisa dua kali lipat jika dirawat dengan perawatan yang baik dan mari simak penjelasan berikut untuk mengenalnya lebih dalam!

Kenali Ikan Mas Koki Ranchu, Rajanya Ikan Hias di Thailand

Jenis Ikan Mas Koki

Pembiakan yang cukup selektif dari beberapa generasi hingga menghasilkan begitu banyak varietas ikan mas koki yang berbeda, nah salah satunya varietas yang satu ini dianggap paling berkuasa bahkan di negara asalnya Jepang dan banyak orang yang menyebutnya sebagai Raja Ikan Mas khusus nya di Negara Thailand.

Pada awalnya memang dibiakkan di Negara Jepang selama periode Meiji yang membentang dari tahun 1868 hingga 1912, sehingga di Jepang diperkenalkan dengan harapan untuk pengembangan lebih lanjut dengan keturunan yang beragam hingga membuatnya banyak diminati khususnya sebagai kontes.

Pada awal dari perkembangannya ranchu ini tidak memiliki benjoan dibagian kepalanya, lalu pembiakan selektif dilakukan untuk terus meningkatkan kualitasnya hingga sampai ke bentuk yang dikenal sekarang dan perpaduan warna yang dihasilkan juga cukup beragam serta yang paling khas berwarna putih dan oren.

Ciri-ciri Ikan Mas koki Ranchu

Ciri-ciri yang dimilikinya memang cukup mudah hingga bisa dilihat dari tubuhnya yang bulat dan memiliki kemiripan dengan jenis Lionhead serta oranda, karena mereka menjadi salah satu ikan yang tidak memiliki sirip belakang hingga kemiripan tersebut sering disalah artikan.

Ikan yang tidak memiliki sirip punggung tentunya akan membuat kemampuan berenangnya menjadi kurang lincah, maka itulah menjadi salah satu alasan jika ke tiga jenis itu akan terlihat lebih kalem khususnya mas koki ranchu ini tapi memiliki keunikan lainnya saat berenang akan memamerkan gumpalan dikepalanya.

Gumpalan tersebut berbentuk seperti halnya buah raspberry, namun untuk diluar Negeri bentuk tersebut akan disebut dengan “Hood” yang artinya sebagai tudung kepala dan kadang berbentuk seperti otak yang menonjol keluar hingga orang Asia menyebutnya dengan Wen.

Karakteristik Ikan Mas Koki Ranchu

Karakteristik nya juga akan menjadi lebih santai untuk ikan yang tidak memiliki sirip punggung, sehingga akan terlihat sangat menggemaskan apalagi jambul yang dimilikinya dengan perpaduan warna yang sangat menarik perhatian serta bentuk tubuhnya yang bulat membuatnya akan terlihat seperti bola didalam akuarium.

Punggungnya memakan akan lebih luas dan sirip ekor nya yang menyebar ke pinggir, selain itu juga memiliki pola yang paling akrab dengan dua pilihan warna untuk ikan mas koki ranchu ini yang paling umum adalah warna merah dan juga warna putih tersebut menyebar lebih vertikal atau kadang menutupi seluruh bagian perutnya.

Fantail atau ekor yang berbentuk kipas dengan punggung yang melengkung pada semua varietas nya akan memiliki standar karakteristiknya yang berbeda, karena standar-standar tersebut mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain yang digunakan sebagai dasar penilaian dalam kontes iikan hias dan juga sebagai referensi bagi peternak.

Tata Cara Merawat Ikan Mas Koki Ranchu

Perawatan ikan jenis ini memang bisa dibilang cukup susah daripada jenis pada umumnya, karena varietas yang satu ini tidak memiliki sirip belakang hingga membuat kualitas berenang nya sangat kurang membuat penggunaan akuarium tersebut harus diperhatikan dan berikut tata cara yang bisa dilakukan yaitu:

Ruang Hidup yang Tepat

Ruang hidup atau tempat adalah langkah yang pertama harus dipersiapkan dan jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan nya, karena jenis ikan mas yang satu ini sangat menyukai tempat yang luas terutama apabila ikan tersebut sudah berukuran besar jadi sangat disarankan untuk menyediakan tempat yang luas.

Nah untuk pemeliharaannya bisa menggunakan aquarium indoor dengan volume air minimal 250 liter agar ikan tersebut tetap bisa leluasa bergerak, sehingga jenis ikan mas koki ranchu tersebut akan merasa lebih nyaman jika dibesarkan dalam habitat kolam yang luas hingga dapat tumbuh dengan sehat secara optimal.

Perhatikan Kebersihan dan pH Air

Kebersihan juga menjadi faktor utama untuk mendukung kelangsungan hidup pada ikan mas koki ranchu ini, karena jika kebersihannya tidak dijaga akan membuat mereka mudah terinfeksi berbagai penyakit apalagi jika terlalu banyak kotoran didalam habitatnya.

Pemilik sangat disarankan untuk selalu membersihkan aquarium yang digunakan untuk kelangsungan hidup ikan mas koki, maka bisa dengan cara pengurasan apalagi masa sekarang sudah banyak teknologi yang dapat mengetes tingkat kebersihan air jadi pemilik tidak perlu menunggu sampai air keruh.

Penggunaan filter tersebut juga dapat membantu pemilik dalam menjaga kebersihan habitatnya, selain itu suhu air juga diperhatikan dan pada umumnya ikan mas koki bisa mentoleransi suhu antara 20 – 23 derajat Celcius serta tingkat pH yang dibutuhkan sekitar 6,8 sampai 7,6.

Pilihlah Teman yang Tepat

Pilihlah teman yang tepat serta cocok untuk ikan mas koki jenis ini apalagi Ranchu sendiri bukan perenang yang kuat atau cepat, maka jika memberikan teman dengan kualitas berenangnya cukup baik atau cepat membuat mereka tidak akan bisa bersaing dalam mendapatkan makanannya kadang membuat nafsu makannya hilang.

Nah tidak hanya itu, ada beberapa spesies ikan tropis yang bisa menjadi predator yang akan menggigit bagian punggungnya apalagi ranchu sendiri tidak memiliki sirip pada bagian punggungnya dan juga ada beberapa ikan yang memakan ganggang hingga suka mengisap tubuh ikan yang bergerak lambat seperti ikan mas koki ranchu ini.

Mengenal 9 Jenis Ikan Mas Hias & Cara Merawat

Jenis Ikan Lele Hias Di Indonesia, Paling Dicari

Perhatikan dalam Pemberian Makan

Pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhannya adalah salah satu kunci agar ikan selalu sehat, karena ikan mas koki ranchu ini harus diberikan jenis pakan yang bervariasi yang sangat berfungsi untuk menerapkan diet seimbang dan gunakan jenis pakan berkualitas untuk menjaga komposisi nutrisi yang lebih baik.

Selain itu, ada beberapa aquarist yang menyarankan untuk memberikan jenis pakan tenggelam daripada jenis pakan yang mengapung, sehingga tubuh yang bulat tersebut sangat rentan terhadap masalah gelembung renang apalagi saat terlalu banyak menelan udara di permukaan akan menyebabkan komplikasi pada gelembung renangnya.

Berikanlah jenis yang mengandung nutrisi seperti serpihan ikan kering ataupun ganggang, selain itu ikan jenis ini juga masuk kedalam hewan omnivora yang bisa memakan berbagai jenis makanan seperti cacing darah dana sayuran tapi untuk penggunaan sayuran harus berhati-hati yang kadang mengandung bebera;pa parasit berbahaya.

Jenis Ikan Mas Koki Ranchu, Salah Satu Jenis Ikan Hias Jumbo

Ikan hias mas ranchu

Jenis yang banyak ditemukan di Negara Thailand ini memang memiliki keunikan tersendiri pada fisiknya, selain itu banyak variates lainnya yang tidak kalah menarik perhatian apalagi banyaknya perpaduan warna yang dihasilkan peternak Thailand pada masa silam dapat bertahan hingga saat ini.

Ranchu juga menjadi salah satu jenis ikan yang mampu berukuran jumbo loh, tentunya didukung oleh perawatan yang sesuai serta pemberian pakan yang bernutrisi dan di Thailand sendiri banyak jenis ini yang memiliki ukuran 2 kali lipat dari jenis pada umumnya dengan perawatan yang baik ikan jenis ini mampu bertahan hidup hingga 15 tahun.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lebih dalam mengenai ikan mas koki ranchu yang paling khas dan dikenal sebagai ikan tanpa sirip pada punggungnya, nah membuat tampilannya sangat menggemaskan bukan dengan bentuk tubuh yang bulat serta kemampuan berenangnya juga sangat lambat akan membuatnya terlihat seperti bola.

Nah bagi yang tertarik untuk memeliharanya harus memahami terlebih dahulu tentang ikan mas koki jenis ini mulai dari asal-usul, karakteristik hingga tata cara perawatannya apalagi jenis ini menjadi ikan yang sudah tidak perlu diragukan lagi dalam memeliharanya.

Related Topics

Give a Comment