Mengenal 9 Jenis Ikan Mas Hias & Cara Merawat

Ikan mas hias atau dikenal dengan nama ilmiah (Carassius auratus auratus) merupakan ikan air tawar dari Famili Cyprinidae, karena masuk kedalam salah satu jenis ikan hias yang paling populer membuatnya banyak dibudidayakan orang dengan tampilan yang beragam hingga dapat menarik perhatian.

Jenis ikan hias ini di Indonesia sendiri saat ini memiliki 10 jenis dengan identifikasi berdasarkan karakteristik morfologi yang pada awalnya dibawa dari negara Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang yang tentunya memiliki ciri-ciri berbeda serta juga motif yang ada di setiap negara tersebut.

Perkembangannya memang terus berjalan hingga saat ini banyak orang yang membudidayannya dan juga menyiangkannya, sehingga jenis baru akan terus muncul yang memiliki motif unik serta untuk mengenal lebih dalam tentang ikan air tawar jenis ini mari simak penjelasan berikut!

Cara Merawat Ikan Mas Hias

Cara merawatnya memang cukup mudah seperti perawatan ikan mas pada umumnya, hanya saja untuk ikan jenis ini bisa dipelihara didalam aquarium dan perawatannya juga sedikit berbeda dan berikut beberapa tipsnya antara lain:

Perhatikan Kenyaman Tempatnya

Tempat adalah langkah yang pertama harus dipersiapkan dan jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanan nya dan letakkanlah pada aquarium yang luas, karena jenis ikan mas yang satu ini sangat menyukai tempat yang luas terutama terutama saat ikan tersebut sudah berukuran besar.

Nah untuk pemeliharaannya bisa menggunakan aquarium indoor dengan volume air minimal 300 liter agar ikan tersebut tetap bisa leluasa bergerak, sehingga ikan tersebut akan merasa lebih nyaman jika dibesarkan dalam habitat kolam yang luas hingga dapat tumbuh dengan sehat secara optimal.

Perhatikan Kebersihan

Kebersihan juga menjadi faktor utama untuk mendukung kelangsungan hidup pada ikan mas yang satu ini, karena jika kebersihannya tidak dijaga akan membuat mereka mudah terinfeksi berbagai penyakit yang disebabkan terlalu banyak kotoran didalam aquarium tersebut.

Pemilik sangat disarankan untuk selalu membersihkan aquarium yang digunakan untuk kelangsungan hidup ikan mas hias tersebut, nah bisa dengan cara pengurasan dan untuk saat ini sudah banyak teknologi yang dapat mengetes tingkat kebersihan air jadi pemilik tidak perlu menunggu sampai air keruh.

Nah untuk menjaga kebersihannya pemiliki harus bijak dalam pemberian jenis pakan, karena biasanya jenis pakan juga akan mempengaruhi kekeruhan air hingga membuat air menjadi lebih kotor maka pilihlah jenis pakan yang mengapung agar pakan tersebut tidak mengendap didasar aquarium.

Bijak dalam Penggunaan Dekorasi

Penggunaan dekorasi juga harus diperhatikan bukan asal pilih agar aquarium terlihat lebih menarik, maka sangat disarankan untuk menggunakan lampu disekitar aquarium agar ikan tersebut tetap mendapatkan akses cahaya yang cukup untuk menjaga kecerahan warna pada tubuhnya.

Penggunaan tanaman air cukup penting yang akan berdampak baik jika diletakkan pada aquarium salah satunya marimo ball, bolbitis (pakis air afrika), java fern, amazon sword, photos, anubias dan bisa juga menggunakan tanaman apung seperti eceng gondok air, selada air, duckweed serta juga frogbit.

Selain itu bisa memasang perangkat penyaring air pada aquarium untuk menjaga kebersihan air hingga dapat menghancurkan kotoran ikan dan amonia dengan bakteri bermanfaat, karena air yang bersih dapat membuat ikan tersebut selalu sehat hingga dapat terhindar dari beberapa penyakit yang biasa menyerang pada jenis ikan ini.

Berikan Makanan yang Tepat

Berikanlah makanan yang tepat pada ikan mas jenis ini dan biasanya banyak pemilik yang memberikan pakan jenis pelet khusus serta bisa juga memakan jenis hewan serta tanaman seperti serangga, zooplankton, cacing berukuran mikro, ganggang dan beberapa jenis tanaman air yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Penggunaan pelet sebagai makanan pokoknya memang cukup baik apalagi mengingat kandungan pada pelet cukup seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan, nah akan lebih baik jika penggunaan tersebut bisa di sesuaikan dengan jenis ikan dan pelet sendiri memiliki tekstur yang padat.

Jenis Ikan Mas Yang Ada Di Indonesia

Di indonesia sendiri banyak jenis ikan mas koki mulai dari harga 50ribuan hingga ratusan ribu. Untuk rileks diri melihat pemandangan ikan hias tersebut, tidaklah salah.

Ikan Mas Ryukin

Ikan Mas Ryukin
Goldfish in aquarium with green plants

Ikan tersebut berasal dari negara Jepang. Salah satu ikan hias yang ada di indonesia dengan bentuk lucu dan memiliki ciri khas tubuhnya yang pendek dan sirip yang lebih besar dan lebar.

Ikan ryukin salah satu kategori jenis ikan hias mahal karena harus di impor dari luar negri karena di Indonesia sendiri tergolong sulit untuk menemukan jenis ini.

Mengenal Sejarah Dan Jenis Ikan Mas Di Indonesia

Jenis Ikan Lele Hias Di Indonesia, Paling Dicari

Ikan Hias Lionhead

Ikan Hias Lionhead

Ikan mas LionHead salah satu yang cukup populer di Indonesia, memiliki karakter yang bisa dilihat dengan jelas yaitu bagian kepala di penuhi gumpalan seperti buah berry menjadi salah satu daya tariknya.

Ikan Mas Hias Black Moor

Ikan Mas Hias Black Moor

Di indonesia ikan black moor ini cukup terkenal, tidak kalah dengan jenis ikan hias lainnya. Namanya black moor memiliki ciri khas hitam pekat dan mata yang cukup menonjol.

Memiliki warna hitam pekat dan bisa di satu aquarium dengan jenis ikan hias lain untuk dipelihara tentu hasilnya akan memiliki banyak warna.

Ikan Hias Koki bubble Eye

Ikan Hias Koki bubble Eye

Dari nama ikan tersebut, anda mungkin sudah tahu akan seperti apa jenisnya yang satu ini. Memiliki gumpalan mirip balon air di bagian bawah mata membuat ikan hias tersebut terlihat lucu dan menggemaskan.

Meski lucu, ikan hias mahal ini bisa menghabiskan isi kantong anda. Jadi untuk pelihara ikan tersebut harus di pikirkan matang-matang ya, karena jenis ikan hias lainnya masih banyak.

Ikan Hias Celestial Goldfish

Ikan Hias Celestial Goldfish

Ikan Mas hias ini cukup populer di Indonesia sendiri karena memiliki mata yang menonjol. Akan tetapi, yang membuatnya lebih unik adalah mata tersebut menghadap ke atas dan tidak memiliki sirip punggung.

Sayangnya ikan hias ini tidak memiliki kemampuan untuk melihat dan berenang dengan baik. Mungkin rada-rada tidak beraturan untuk berenang.

Ikan Mas Hias Fantail

Ikan Mas Hias Fantail

Salah satu jenis ikan hias memiliki ekor yang cukup bagus, bisa di sebut juga sebagai ikan ekor kipas. Jenis ikan mas hias salah satu ikan hias yang cukup berbeda dengan lainnya.

Ikan mas Hias Shubunkin

Ikan mas Hias Shubunkin

Salah satu ciri khas ikan hias shubunkin ini terlihat dari sisi warna yang lebih banyak. Memiliki 3 warna yaitu putih, hitam dan orange di bagian tubuhnya.

Ikan Mas Oranda

Ikan Mas Oranda

Ikan hias Oranda jika anda perhatikan mirip dengan LionHead perbedaannya ada di gumpalan ada di bagian atas kepala seperti Konde.

Ikan Mas Mutiara

Ikan Mas Mutiara

Salah satu jenis ikan hias yang cukup lucu yaitu jenis ikan hias Mutiara. Cocok untuk di pelihara di Aquarium anda tentunya.

Tubuhnya yang bulat serta membuntal yang memiliki sisik bulat-bulat menonjol seperti mutiara menjadikan ikan ini cukup enak dipandang.

Ikan Mas Hias, Masuk Kedalam Ras?

Ras ikan air tawar jenis ini pada umumnya masuk kedalam spesies ikan air tawar dari genus Siprinidae atau Cyprinidae, nah ras tersebut bisa dibedakan tergantung pada penggunaannya seperti ikan mas biasa tergolong ke dalam spesies Cyprinus Carpio tapi untuk jenis ini dengan spesies Carassius Auratus Auratus.

Habitat dari spesies Carassius Auratus Auratus ini yang aslinya tidak terlalu berwarna itu banyak ditemukan di Asia Timur, karena pertama kali dipelihara di Tiongkok hingga lebih dari seribu tahun yang lalu sampai beberapa ras yang berbeda juga ikut dikembangkan hingga menghasilkan beberapa variasi yang berbeda.

Di alam liar untuk ras ini biasanya akan memangsa serangga dan berbagai jenis tumbuhan air serta mereka juga tidak dapat secara sadar sengaja berhenti makan, maka sangat disarankan untuk pemberian pakan juga harus dibatasi agar tidak terjadi penyumbatan didalam ususnya hingga membahayakan kesehatannya.

Jenis Ikan Mas Hias Kecil

Jenis ikan mas hias yang berukuran kecil ini sangat populer dikenal dengan sebutan ikan mas koki yang dijadikan sebagai penghias aquarium, karena memiliki tampilan yang sangat cantik ini pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Tiongkok di sekitar tahun 960 terus berkembang hingga pada tahun 1729.

Habitatnya yang hidup di air tawar dengan aliran yang lambat serta dangkal, maka banyak ditemukan pada daerah danau ataupun sungai dan ikan mas jenis ini juga mampu bertahan hidup pada lingkungan air dengan pH antara 6 hingga 7 dan suhu sekitar 27o – 300o Celsius.

Para peternak untuk menghasilkan varietas spesies Carassius ini telah bekerja lebih dari seribu tahun agar menghasilkan jenis yang beragam serta unik yang dikembangbiakkan secara selektif, maka tidak salah untuk saat ini cukup banyak jenis lain yang masuk kedalam spesies ini dengan keunikan tersendiri.

Kesimpulan

Itulah informasi singkat tentang ikan mas jenis ini yang cukup penting diketahui untuk yang tertarik memelihara ikan tersebut, karena penjelasan diatas juga membahas tentang perawatannya yang bisa dibilang susah-susah gampang dengan mengetahuinya akan membuat ikan yang dipelihara agar tetap sehat dengan jangka hidup yang lebih lama.

Selain perawatan, untuk para pemilik juga sangat disarankan untuk selalu melengkapi kebutuhan ikan jenis ini khususnya agar ikan semakin sehat dan pemilik juga tidak lupa untuk menyediakan aquarium dan aksesoris nya yang berkualitas.

Related Topics

Give a Comment