Jenis Ikan Lele Hias Di Indonesia, Paling Dicari

Ikan lele hias saat ini menjadi salah satu jenis yang sangat menarik untuk hiasan pada aquarium ataupun di dalam kolam yang ada dirumah, karena ikan jenis ini memiliki kekuatan hidupnya cukup kuat bahkan bisa bertahan hidup tanpa bantuan aerator hingga sangat cocok untuk dipelihara di aquarium sebagai penghias ruangan.

Lele hias yang paling populer adalah jenis lele albino dengan warna putih diseluruh tubuhnya dan perkembangan ikan hias di Indonesia sendiri cukup pesat, karena Negara tropis yang memiliki potensi perikanan cukup besar didukung dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap ikan hias ini.

Jenis ikan lele hias ini tentunya memiliki ukuran tubuh yang beragam dan juga motif warna yang ada di tubuhnya, nah contohnya ikan lele abino ini yang memiliki warna khas putih dengan tubuh memanjang mirip torpedo dan tidak lupa dengan senjata ampuhnya yang berbisa tersebut dijuluki patil akan dimiliki semua jenis lele serta berikut penjelasan ikan hias yang paling populer. Mari simak!

5 Jenis Ikan Lele Hias yang Paling Populer!

Jenis-jenis lele yang satu ini memang sangat populer dengan tampilan yang mampu menarik perhatian jika dilihat sekilas, maka tidak salah untuk penggemar ikan ini sangat banyak dan untuk pemula yang masih merasa bingung dalam memilih jenisnya berikut jenis lele hias yang bisa dijadikan penghias aquarium dirumah yaitu:

Lele Amazon (Red Tail Catfish)

Lele Amazon (Red Tail Catfish)

Ikan lele ini salah satu jenis ikan hias yang paling populer dan juga sering disebut dengan Red Tail Catfish, karena ikan ini berasal dari Vanezuela dan juga perairan sungai amazon maka disitulah nama lele amazon berasal dengan bentuk tubuh seperti halnya lele konsumsi tapi memiliki warna hitam yang khas serta putih dibagian bawahnya.

Kepopuleran jenis ikan hias ini terdapat pada ciri fisik yang sangat menyeramkan bahkan bisa menjadi satu tank dengan ikan predator lainnya, maka tidak salah jika jenis ini masuk kedalam ikan predator yang sangat rakus dan pertumbuhannya bisa mencapai 180 cm dengan bobo mencapai 80 kg.

Maka dari itu pemeliharan lele hias ini akan lebih baik jika dipelihara dikolam khusus, selain itu juga harga untuk ikan ini dibanderol mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah dan untuk yang masih kecil biasanya memiliki harga diangka puluhan ribu loh.

Tiger Shovelnose Catfish

Tiger Shovelnose Catfish

Jenis ikan lele hias ini adalah ikan predator nokturnal yang berasal dari perairan Suriname masuk kedalam salah satu jenis ikan hias populer, karena memiliki penggemar yang cukup banyak dengan ciri fisik memanjang pada tubuhnya dan tentunya berkumis tapi memiliki warna yang belang pada bagian badannya.

Ukuran pada lele betina jenis ini akan berbeda daripada jantan dan fakta lainnya yang lebih menarik jika dilihat sekilas akan mirip seperti halnya macan, maka tidak salah jika banyak yang menyebutnya lele tiger yang bisa tumbuh besar mencapai 90 cm dengan perwatan yang dilakukan untuk memelihara ikan lele hias ini cukup baik.

Lele Kaca (Glass Catfish)

Ikan lele hias Lele Glass Catfish

Ikan lele kaca ini memang berbeda dengan jenis sebelumnya, karena untuk jenis ini memiliki tubuh yang mungil dan warna tubuhnya tersebut sangat bening seperti halnya kaca hingga membuatnya sangat cocok dipelihara secara berkelompok dan jika memeliharanya kurang dari 5 ekor saja bisa membuatnya mudah terserang stress loh.

Nama latin dari ikan lele hias yang satu ini adalah Kryptopterus Vitreous dengan keunikanainnya terdapat pada tubuhnya yang transparan seperti halnya kaca, nah jika tertarik untuk dipelihara sangat disarankan untuk meredupkan cahaya lampu pada ruangan tersebut dan hiaslah terlebih dahulu aquarium yang akan digunakan salah satunya bebatuan khusus agar tampilannya jauh lebih menarik.

3 Ikan Lele Goreng Kaya Gizi Dan Manfaat Wajib Coba

Manfaat Ikan Kembung Mampu Mencegah Stroke & Harga Murah

Kebingungan jenis aquarium yang akan digunakan? Jangan khawatir, karena jenis ikan lele yang satu ini hanya bisa tumbuh hingga 8 cm saja yang tidak akan menghabiskan tempat dan habitat aslinya banyak ditemukan disungai-sungai Thailand serta juga sempat juga ditemukan di Penang Malaysia yang hidup liar di sungai-sungai.

Lele Hias Kuning

Lele Hias Kuning

Ikan lele hias yang satu ini berwarna kuning cerah dengan tampilannya yang sangat menarik dan sempat beredar dimedia sosial adanya penemuan ikan lele jenis ini, karena memiliki tampilan warna kuning yang berbeda dengan jenis ikan lele lainnya hingga postingan tersebut ramai dengan berbagai macam komentar hingga penemu tersebut mengembalikannya kembali ke sungai untuk menjaga kelestariannya.

Yellow Catfish atau banyak yang menyebutnya sebagai Horabagrus Brachysoma adalah ikan hias predator yang termasuk kedalam hewan Omnivora pada umumnya memiliki warna hijau agak kekuningan, nah untuk ukuran ikan jenis ini diprediksi bisa mencapai 45 cm saja dan pada saat usianya masih kecil sangat cocok sebagai ikan penghias kolam ataupun aquarium.

Pada habitat aslinya ikan lele hias ini akan memakan tumbuhan kecil dan juga jenis plankton, nah jika sudah dewasa sudah bisa memakan serangga bahkan katak. Apakah jenis ikan hias yang satu ini bisa dikonsumsi? Iya tentu saja, karena di negara India jenis ini diternak dan untuk dikonsumsi.

Lele Bumblebee Catfish

Jenis ikan lele hias yang satu ini sangat terkenal salah satu anggota Autobost dari film Transformer tapi hanya memiliki kemiripan saja, maka tidak salah jika namanya menjadi Bumblebee yang memiliki tampilannya sangat menarik dengan corak warna bergaris kuning hitam dan juga lele hias yang satu ini termasuk ke dalam hewan nokturnal.

Walaupun masuk ke dalam hewan nokturnal, ikan jenis ini sangat pintar loh mereka akan aktif pada siang hari jika ada yang memberinya makan dan Bumblebee Catfish sendiri memiliki dua jenis yang pertama berasal dari Amerika Selatan serta kedua dari Asia yang membedakan keduanya adalah corak warna yang dimiliki tubuhnya.

Tertarik untuk memeliharannya? Maka tidak memerlukan aquarium yang cukup besar, karena ikan lele hias yang satu ini hanya bisa tumbuh hingga ukuran 9 cm saja dan pada habitat liarnya jenis ini mampu memakan apa saja salah satunya ikan-ikan kecil apalagi kapasitas mulutnya sangat besar serta jika dipelihara umurnya mampu bertahan hingga 5 tahun.

Kenali Jenis Ikan Lele Hias Albino

Ikan lele albino memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan jenis lele hitam pada umumnya yang memiliki empat pasang kumis dengan badannya memanjang, nah penggunaan lele jenis ini biasanya dijadikan sebagai ikan hias dengan warna putih diseluruh tubuhnya dan perpaduan matanya yang berwarna merah.

Ciri khas yang unik pada lele bule ini terdapat pada sifatnya yang gemar melompat keluar dari Aquarium yang lebih uniknya memiliki pernapasan tambahan yaitu Aborance (letaknya berada di sebelah atas bagian rongga insang) ikan lele bule ini juga berasal dari negara luar Sri Lanka, Indida, Filipina hingga Malaysia.

Tertarik untuk memeliharanya? Maka sangat disarankan untuk menaruhnya pada aquarium tertutup apalagi seperti yang dijelaskan sebelumnya sifat ikan lele hias satu ini yang mudah melompat, sehingga jika menggunakan aquarium tertutup akan mencegahnya keluar dan harga termahal lele albino tergantung pada ukuran yang paling besar memiliki harga sekitar Rp 500.000.

Kesimpulan

Bagaimana tentang beberapa jenis ikan lele hias diatas cukup menarik perhatian bukan? Karena tampilan warnanya yang sangat menarik perhatian dan harganya juga bisa dibedakan tergantung pada ukuran yang dimilikinya serta juga habitat aslinya.

Harga juga bisa saja berubah pada setiap tahunnya, bahkan untuk saat ini budidaya ikan lele albino bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan loh apalagi jika mendengar salah satu artis Indonesia yang bernama Uya Kuya telah membeli lele hias albino yang seharga mobil bekas.

Related Topics

Give a Comment