Mengenal Sejarah Dan Jenis Ikan Mas Di Indonesia

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis penting hingga sudah tersebar luas di Indonesia, karena jenis ikan ini mulai di budidayakan sejak tahun 1920-an hingga saat ini apalagi bahan pangan yang satu ini bernilai ekonomis dengan rasa daging yang lezat membuatnya memiliki peminat cukup banyak.

Di Indonesia sendiri saat ini memiliki 10 jenis dengan identifikasi berdasarkan karakteristik morfologi yang pada awalnya dibawa dari negara Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang yang tentunya memiliki ciri-ciri berbeda serta juga motif yang ada di setiap negara tersebut.

Perkembangannya terus berjalan hingga saat ini banyak orang yang membudidayakannya, entah sebagai ikan konsumsi ataupun ikan hias yang memiliki motif unik dan untuk mengenal lebih dalam tentang ikan air tawar jenis ini mari simak penjelasan berikut!

Taksonomi

Ikan mas di dalam bahasa Inggris di sebut Carp, Dan untuk di spanyol disebut Carpa. Untuk ilmiah diklasifikasikan sebagai berikut :

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasActinopterygii
OrdoCypriniformes
FamiliCyprinidae
GenusCyprinus
SpesiesC. carpio
Nama binomialCyprinus carpio

Sejarah Dan Mengenal Lebih Dekat Ikan Mas, Salah Satu Ikan Tawar Penuh Duri

Sejarah Ikan mas

Morfologi

Ikan mas hampir mirip dengan beberapa ikan tawar seperti nila, mujair, akan tetapi ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Sirip

Sirip salah satu hal yang paling mudah untuk mencari informasi tentang ikan tersebut tentunya ikan mas salah satunya. Sirip ikan ini cukup banyak dan hampir di semua bagiannya terdapat sirip.

Sirip di punggung yang memanjang dan letaknya satu garis dengan sirip perut. Nah pada bagian sirip belakang memiliki semacam tulang atau bisa dikatakan duri yang cukup keras namun jika ikan mas goreng kering cukup enak untuk di konsumsi.

Bentuk Tubuh

Memiliki bentuk bilateral simetris, Ikan ini memiliki ukuran yang cukup sama antara kanan dan kiri bisa di buktikan ketika membelah ikan tersebut.

Mulut & Hidung

Ciri nya ada di bagian mulut yang sifatnya protaktil atau bisa dikatakan menonjol ke luar. Gerakan mulut ikan tersebut bisa terlihat dengan jelas apa lagi ketika ikan diangkat dari air. Ikan mas juga memiliki sebuah dua pasang sungut pada bagian anterior.

Karakteristik Ikan Mas

Karakteristik Ikan Mas

Ikan air tawar yang bernilai ekonomis ini memiliki karakteristik yang bersifat Thermofil, yaitu sifat yang mampu menyesuaikan diri atau mudah beradaptasi dengan perubahan suhu lingkungannya bahkan bisa hidup ditempat dengan ketinggian antara 150 hingga 600 dpl dan itulah bisa menjadi salah satu tempat idealnya.

Nah ada yang lebih unik lagi dari ikan jenis ini, walaupun hidup di air tawar tapi mereka juga bisa hidup diperairan yang mengandung kadar garam dan Salinitas (tingkat keasinan garam atau kadar garam yang terlalut didalam air) mencapai 25% hingga 30%.

Dilihat dari cara memangsanya jenis ikan ini termasuk kedalam golongan ikan pengisap atau biasa disebut dengan sucker, maka tidak salah jika mengambil makanannya dengan cara mengisap tanpa memilih dan tergolong pada jenis ikan Omnivora yang sangat menyukai jenis tanaman air.

Cara Mudah Membuat Umpan Ikan Mas Terbaik

Cara Membuat Mpasi Ikan Kembung Untuk Anak Balita

Keunikan lainnya yang dimiliki ikan mas ini terdapat pada organ bagian dalamnya, karena ikan air tawar ini tidak memiliki lambung seperti jenis ikan lainnya tapi untuk menampung makanannya mereka akan menggunakan lambung palsu agar makanan tersebut tetap bisa ditampung.

Sejarah Ikan Mas

Pada awal perkembangan ikan mas menurut Djoko Suseno pada tahun 2000 mengatakan bahwa di Indonesia pertama kalinya ikan air tawar ini berasal dari daratan Eropa dan Tiongkok, nah kemudian berkembang hingga saat ini menjadi salah satu ikan budidaya yang sangat penting sebagai ikan konsumsi bernilai ekonomis.

Selain itu juga ada beberapa pendapat lain salah satunya menurut R.O Ardiwinata pada tahun 1981,bahwa ikan tersebut berkembang di Indonesia awalnya berasal dari Negara Tiongkok Selatan hingga ke Indonesia dan banyak dibudidayakan di Jawa Barat lebih tepatnya di daerah Galuh (Ciamis) pada pertengahan abad ke-19.

Masyarakat setempat juga sudah menggunakan kakaban – subrat untuk pelekatan telur ikan mas yang terbuat dari ijuk pada tahun 1860, namun budidaya ikan air tawar ini di daerah Galuh disimpulkan sudah berkembang dari berpuluh-puluh tahun sebelumnya dan perkembangan di daerah Jawa lainnya terjadi pada permulaan abad ke-20.

Keluarga Ikan Mas

Keluarga ikan mas masuk kedalam Famili terbesar ikan air tawar yang disebut Siprinide atau Cyprinidae, nah untuk anggotanya kadang disebut siprinid yang secara umum merupakan keluarga hewan Vertebrata dengan jumlah terbesar bahkan lebih dari 2.400 spesies yang terbagi kedalam 220 genera atau marga.

Habitatnya yang hidup diperairan tawar yang tidak terlalu dalam dengan aliran air atau air yang tidak terlalu deras, nah banyak ditemukan pada pinggiran sungai atau danau dengan kedalaman anatara 150-600 meter serta banyak juga ditemukan disekitaran air payau.

Manfaat Ikan Mas

Manfaat ikan mas

Manfaat untuk ikan jenis ini memang cukup banyak hingga sangat pas jika dikonsumsi oleh anak-anak untuk mendukung masa pertumbuhannya, selain itu juga harga ikan air tawar ini sangat ekonomis serta ketersediaan nya cukup melimpah hingga mudah ditemukan diseluruh pasar Indonesia dan berikut manfaat-manfaat yang dimilikinya antara lain:

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan omega-3 pada ikan air tawar yang satu ini memang dapat mengendalikan kadar gula darah, sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali hingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi pada setiap harinya dengan porsi yang pas.

Selain itu kandungan omega-3 juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi , karena kadar kalium dalam ikan mas dapat menjaga tekanan darah normal hingga dapat mencegah darah tinggi ataupun darah rendah.

Pencegahan Terhadap Penyakit Jantung

Kandungan lemak omega-3 yang cukup jika dikonsumsi dapat menjadi salah satu cara dalam pencegahan penyakit jantung, karena ikan tersebut tidak hanya kaya lemak tak jenuh tunggul dan lemak tak jenuh ganda tapi juga sangat rendah lemak jenuh loh.

Selain sebagai pencegahan, ikan mas juga bisa menjadi salah satu cara dalam menjaga kesehatan jantung yang mengandung berbagai mineral dan protein yang menjadi nutrisi penting dalam kesehatan jantung yang mampu mengontrol detak jantung agar normal apalagi jika dikonsumsi 2 porsi seminggu dapat mengurangi resiko kematian gagal jantung loh.

Dapat Mencerdaskan Otak

Ikan mas mengandung asam lemak EPA dan DHA tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf, selain itu kedua jenis omega-3 tersebut juga dapat membantu dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak salah satu nya yang bernama Demensia dan Alzheimer.

Kandungan DHA didalamnya sangat berperan penting dalam pertumbuhan janin serta perkembangan otak untuk ibu hamil, selain itu juga dapat membantu dalam rangsangan DHA hingga membuat memori pada otak menjadi lebih kuat serta membuat anak menjadi lebih cerdas.

Cocok Untuk Diet

Ikan mas yang dikonsumsi setiap hari ternyata dapat membantu dalam menjalani program diet loh, karena mengandung komponen yang dapat menekan jumlah lemak jahat yang ada didalam tubuh dan juga mengandung kalori didalamnya relatif rendah membuatnya menjadi salah satu makanan yang tetap bisa dikonsumsi.

Kandungan lemak tak jenuh jika masuk ke dalam tubuh tidak akan menyebabkan penumpukan lemak yang dapat menaikkan berat badan, sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau menjaga berat badan tetap stabil.

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang ikan mas mulai dari manfaat hingga sejarahnya yang cukup penting diketahui, karena ikan air tawar ini masuk kedalam salah satu ikan yang kaya gizi membuat peminatnya cukup banyak hingga saat ini apalagi harga jualnya yang ekonomis serta ketersediaannya juga sangat melimpah.

Ikan mas juga termasuk kedalam ikan yang banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi ataupun ikan hias, nah untuk kedua fungsi tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda atau bahkan ikan mas hias memiliki harga jual jauh lebih mahal.

Related Topics

Give a Comment