Morfologi Kambing, Sejarah, Manfaat Dan Ciri Cirinya

Kambing atau hewan yang dikenal dengan nama ilmiah Capra aegagrus hircus ini salah satu subspesies yang mulai dipelihara dan dijinakkan di Asia Barat Daya serta Eropa Timur, karena hewan ini adalah anggota yang berasal dari keluarga Bovidae yang berkerabat dekat dengan biri-biri hingga keduanya tergolong dalam sub Familli Carpinae yang memiliki lebih dari 300 jenis berbeda-beda.

Populasi hidupnya untuk diseluruh dunia bisa mencapai 924 juta menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa, sehingga masuk kedalam salah satu binatang memamah biak yang berukuran sedang ini memiliki tanduk sepasang tapi untuk jantan akan berukuran lebih besar daripada betina yang pada umumnya memiliki janggut hingga berdahi cembung dan ekor agar ke atas ini menjadi ciri lebih signifikan.

Nah untuk pengenalan lebih dalam tentang kambing ini, maka simak penjelasan berikut mengenai morfologi hingga ciri-ciri yang bisa diketahui lebih dalam.

Kenali Terlebih Dahulu Morfologi Kambing!

Morfologi Kambing

 Ternak yang pertama kali didomestikasi oleh manusia atau yang kedua setelah anjing ini telah dibuktikan dengan adanya penemuan gambar kambing pada benda-benda arkeolog di Asia Barat, seperti Jericho, Choga Mami Jeitun serta Cayonu pada tahun 6000—7000 SM yang dikenal sebagai ternak ruminansia kecil pada zaman itu.

Hewan ternak herbivora ini sangat populer di kalangan petani di Indonesia apalagi yang tinggal di Pulau Jawa yang sudah lama diusahakan sebagai usaha sampingan atau tabungan, karena pemeliharaan serta pemasaran hasil produksinya relatif mudah dan produksi yang dihasilkan mulai dari daging, susu, kulit, bulu serta kotoran sebagai pupuk yang sangat bermanfaat.

Taksonomi Pada Kambing

Setelah mengetahui morfologi diatas, maka berikut taksonomi pada hewan yang satu ini yaitu:

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Mammalia
  • Ordo : Artiodactyla
  • Famili : Bovidae
  • Subfamili : Caprinae
  • Genus : Capra
  • Spesies : Capra hircus

Ciri-ciri Kambing, Yaitu..

Ciri Ciri Kambing

Ciri-cirinya memang bisa dikatakan cukup sulit, karena banyaknya orang yang sering menyamakan kambing dengan jenis domba tapi kenyataannya sangat berbeda dan untuk membedakannya bisa menggunakan ciri-ciri dibawah ini antara lain:

Memiliki Ekor yang Tegak Lurus

Ciri yang pertama memiliki ekor yang tegak lurus ke bawah, nah akan sangat berbeda dengan ekor pada domba yang lebih menjuntai jatuh kebawah hingga jika menemukan hewan yang mirip dengan kambing atau bisa dilihat pada bagian ekornya yang tegak lurus itu dapat dipastikan bahwa hewan tersebut adalah Capra aegagrus hircus dan tentunya bukan domba.

Berbulu Lurus

Bulu yang lurus pada hewan jenis ini walaupun sudah dicukur jika sudah menebal atau sangat lebat, nah bahkan bulu-bulu yang dicukur tersebut digunakan menjadi wol hingga ini menjadi ciri yang paling mudah apalagi kambing memiliki bulu yang lebih lurus hingga bisa dikenali apakah hewan tersebut yang tentunya bukan kambing dengan melihat ciri-ciri tersebut.

Bertanduk dan Kadang Tidak Terlihat

Kambing akan memiliki tanduk yang sedikit ke atas atau ke samping, maka untuk domba akan memiliki tanduk yang lebih melengkung bahkan untuk jenis lokal biasanya tidak memiliki tanduk dan ada beberapa jenis yang memiliki bentuk tanduk lebih unik hingga melengkung kebelakang seperti Ovis Aries asal garut atau domba priangan dan domba texel yang melengkung ke arah depan ya.

Memiliki Telinga yang Jatuh Kebawah

Telinga pada hewan ruminansia ini akan lebih lemas dan mengarah jatuh ke bawah dan hal ini bisa cara untuk membedakannya dengan domba yang memiliki telinga yang lebih tegak ke atas, selain itu juga memiliki ukuran yang lebih besar daripada telinga yang dimiliki domba jauh lebih kecil hingga cara mudah untuk mengenalnya bisa dilihat dari telinganya yang lebih lemas.

Berbentuk Lonjong Pada Tubuhnya

Ciri-ciri terakhir ini terdapat pada tubuh yang lonjong dan memanjang tapi bagian kaki yang panjang, sehingga badannya akan lebih terlihat memanjang yang sangat jauh jika dibandingkan dengan domba dan memiliki lemak di bagian perut yang lebih sedikit hingga akan terlihat dari bentuk tubuh lonjong serta memanjang hingga terlihat pada postur tubuh yang lebih melonjong dengan tampilan gempal pada bagian ekor.

Baca Juga

Resep Sate Kambing Terpopuler Dengan Daging Empuk

Aneka Resep Gulai Kambing Khas Indonesia Yang Nikmat

Mengenal Perbedaan Domba dan Kambing. Apa Saja ?

Manfaat Daging Kambing, Dengan Segudang Multivitamin

Manfaat Daging Kambing

Jenis hewan pedaging yang memiliki manfaat tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan hewan konsumsi lainnya, maka untuk mengetahui apa saja manfaat daging kambing untuk tubuh hampir sama dengan daging domba dan jika dikonsumsi oleh manusia yang ternyata memiliki segudang manfaat yaitu:

Pendukung Sistem Antioksidan Tubuh

Pada saat mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan sangat disarankan yang akan mendukung proses netralisasi radikal bebas tapi ternyata tidak hanya buah saja, namun daging kambing dan domba juga dapat membantu dalam proses ini yang faktanya bahwa secara alami mengandung glutathione hingga dapat membantu tubuh dalam proses sistem antioksidan .

Nah senyawa ini disebut sebagai antioksidan utama yang paling kuat diproduksi secara alami oleh tubuh, walaupun tubuh tersebut secara alami akan menghasilkan senyawa antioksidan ini tapi bisa juga pada saat mengkonsumsi makanan yang mengandungnya senyawa tersebut hingga dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu mendukung produksi alami itu.

Dapat Mencegah Anemia

Memiliki sumber zat besi heme yang sangat baik pada daging domba ini akan lebih unggul daripada zat besi yang diperoleh dari sumber nabati (non-heme), maka prosesnya zat besi heme akan diserap secara signifikan jauh lebih baik daripada zat besi non-heme dan dapat membantu memastikan cukupnya mineral ini tersedia untuk sintesis sel darah merah didalam tubuh.

Selain itu, proses prevalensi anemia yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi zat besi heme dari sumber-sumber seperti daging hewan jenis ini yang dapat membantu memenuhi tujuan nutrisi kita untuk mineral ini dan menjadi saah satu manfaat daging kambing yang berperan cukup penting.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Pada saat sistem saraf membutuhkan sejumlah nutrisi untuk berfungsi secara efisien, maka tubuh memerlukan makanan yang memasok banyak vitamin B dan lemak melakukan pekerjaan terbaik untuk mendukung fungsi saraf yang sehat tapi dengan mengkonsumsi daging hewan kaki empat ini mampu menjadi salah satu manfaat yang cukup penting dalam menjaga kesehatan saraf.

Kandungan vitamin B akan membantu untuk mendorong transmisi saraf dan retensi sensitivitas saraf terutama yang penting pada saraf perifer seperti kaki, karena mungkin akan mengalami masalah sirkulasi hingga lemak akan bertindak sebagai selubung isolasi di sekitar serat saraf untuk mencegah kehilangan sinyal listrik selama transmisi stimulus itu terjadi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan protein memang dapat membantu pertumbuhan dan pemulihan jaringan otot, maka untuk itu bisa mengkonsumsi daging kambing maupun domba yang mengandung lebih dari protein saja yang terdapat juga kandungan asam amino beta-alanin, prekursor karnosin, dan creatine itu sangat terkenal selama beberapa dekade sebagai penambah kinerja khususnya.

Selain itu juga dapat menguatkan diet jika sedang menjalaninya dengan adanya asam amino ini meningkatkan kinerja, menghasilkan kekuatan, mengurangi kelelahan dan meningkatkan penyangga asam laktat yang sudah diketahui menyebabkan kegagalan otot selama aktivitas hingga akan mendapatkan kemampuan berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama setelah kelelahan itu terjadi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan lemak pada umumnya sangat penting untuk memproduksi membran sel lipid pada luit hingga keberadaan Omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, selain itu juga dapat membantu mendukung fleksibilitasserta retensi kelembaban dan mendukung fungsi antioksidan yang membuat berkurangnya visibilitas kerutan hingga garis-garis halus dan itulah salah satu manfaatnya yang cukup penting pada kaum wanita.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang cukup singkat dalam pengenalan lebih dalam tentang kambing ini, karena hewan berkaki empat tersebut sangat pas untuk dijadikan hewan peliharaan yang dapat menghasilkan daging, susu, kulit, bulu serta kotoran sebagai pupuk yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Tinggalkan komentar