Berbagai Jenis Makanan Ikan Gabus Agar Cepat Besar

Makanan ikan gabus memang akan sama seperti halnya ikan pada umumnya yang memakan hewan-hewan kecil di habitatnya, nah untuk para peternak agar menghemat biaya bisa memberikan pakan alternatif apalagi hewan yang satu ini tergolong kedalam Omnivora yang akan mengkonsumsi aneka detritus hingga hewan invertebrata lainnya atau bisa juga jenis dedaunan.

Habitat hidupnya ketika dialam liar akan berkelompok yang hidup disekitar kawasan perairan tenang, sehingga dapat dipelihara didalam akuarium untuk jenis ikan hiasnya tapi pertumbuhannya tidak akan secepat seperti yang dipelihara dikolam atau dialam terbuka serta saat musim hujan tiba mereka akan memanfaatkan tumbuhan air sebagai pakan alternatifnya.

Maka, jika berminat untuk memeliharanya khusus para peternak pemula harus mengetahui jenis makanannya dan biasanya setiap habitat akan memiliki jenis pakan yang berbeda dan berikut jenis-jenis pakan yang bisa digunakan untuk mendukung perkembangannya. Mari simak!

Ketahui, Jenis Makanan Ikan Gabus Alami

Nan untuk makanan alaminya biasanya para peternak menggunakan sumber pakan yang berasal dari mikroorganisme yang terbagi menjadi 2 jenis yang masuk kedalam salah satu pakan yang cukup murah, selain mengandung kandungan gizi yang sangat baik hingga dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan jenis ini pada setiap harinya dan untuk jenis mikroorganismenya antara lain:

Plankton Nabati

  • Diatomae (Ganggang kresik), yaitu tanaman ganggang yang memiliki sel tunggal dengan bentuk silinder serta lonjong ini mengandung Karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral untuk tumbuh kembang bibit tersebut.
  • Chlorella (Ganggang hijau) adalah jenis tanaman dengan sel tunggal tapi yang satu ini berbentuk bulat seperti halnya telur, lalu mengandung zat klorofil hingga memiliki warna hijau terang membuatnya sangat cocok digunakan untuk yang masih berukuran kecil.
  • Spirulina Sp yaitu jenis ganggang yang berwarna hijau kebiruan berbentuk spiral, nah biasanya untuk nama ganggang yang satu ini sudah tidak asing lagi yang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker.
  • Tetraselmis Sp adalah salah satu jenis ganggang yang dapat berfotosintesis , karena memiliki zat klorofil dan juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral dan juga vitamin.

Plankton Hewani

  • Brachionis Sp yaitu salah satu jenis mikroorganisme yang memiliki kandungan protein cukup tinggi yang bisa mencapai 57%, sehingga penggunaannya sangat cocok untuk makanan ikan gabus yang masih berumur kurang dari 7 hari.
  • Infusoria Sp adalah jenis protozoa dengan penampakan yang terlihat bergerombol jika dilihat akan berwarna putih seperti susu, sehingga plankton jenis ini sangat pas diberikan pada bibit yang masih berumur 7hari.
  • Kutu air merupakan jenis pakan yang bernutrisi, sehingga sangat pas diberikan pada bibit yang masih berumur 7 hingga 14 hari yang mengandung kandungan protein cukup besar sekitar 66%.
  • Cacing Tubifex atau biasa disebut dengan cacing sutera ini ternyata mengandung 57% protein dan juga 13,3% lemak, maka penggunaannya sangat cocok dijadikan sebagai pakan bibit yang sudah berusia lebih dari 2 minggu.

Makanan Ikan Gabus Di Alam Liar

Di alam liar sendiri ikan gabus akan memakan makanan yang ada disekitar tempat hidupnya salah satunya seperti hewan-hewan kecil untuk mempertahankan hidupnya, karena ikan jenis masuk kedalam kategori predator dan berikut jenis-jenis makanan dialam liarnya yaitu:

Ikan-ikan Kecil

Makanan utamanya di alam liar untuk ikan predator ini adalah jenis ikan-ikan kecil atau atau hewan-hewan kecil lainnya, karena makanan tersebut sebenarnya sudah secara alamiah akan hidup hewan-hewan kecil yang bisa menjadi makanan mereka dan apalagi ikan-ikan kecil tersebut cepat dalam berkembang biak.

Nah untuk yang membudidayakan ikan gabus dengan media kolam alam bisa menggunakan jenis pakan yang satu ini, tentunya dengan kelebihan yang sangat menguntungkan hingga dapat membantu peternak dalam menghemat biaya pakan dengan ketersediaan stok yang melimpah dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

Hasil dari budidaya dengan makanan yang alami ini biasanya akan lebih cepat besar, sehingga kecepatan besarnya bisa mencapai 2x lipat lebih dan jika dalam waktu 4 bulan saat diberi makan pelet saja untuk berat hanya mencapai 30 gram tapi jika diberi makan ikan hidup secara alami bisa mencapai 90 gram loh.

Baca Juga

Umpan Ikan Nila Terbaik Dengan Racikan Yang Ampuh

Tips Mudah Budidaya Ikan Nila Baik Terpal & Kolam

Manfaat Ikan Gurame, Ikan Tawar Kaya Gizi Terbaik

Cacing Tanah

Makanan Ikan Gabus Cacing Tanah

Ikan gabus akan memakan cacing tanah sebagai makanan di alam liar, karena habitat yang kebanyakan hidup di rawa ataupun sungai berlumpur yang tidak heran jika cacing tanah menjadi salah satu pakan tambahan yang sangat disarankan dengan kandungan protein cukup tinggi untuk mendukung pertumbuhannya.

Penggunaan cacing tanah juga bisa sebagai umpan pada saat memancing ikan gabus ini, selain itu juga bisa sebagai umpan ikan mujair hingga jenis ikan air tawar lainnya atau bahkan ikan air asin loh yang bisa menjadi salah satu jenis umpan paling jitu dengan biaya umpan yang bisa dikatakan gratis serta cukup mudah ditemukan dilingkungan sekitar.

Digunakan sebagai umpan memang tidak boleh sembarangan seperti halnya penggunaan ulet daun, karena para pemancing harus memilih cacing yang segar dan tentunya yang masih hidup agar cacing memiliki tekstur yang mudah dicerna serta berprotein tinggi hingga mampu menarik perhatian semua jenis ikan khususnya ikan gabus.

Serangga

Ikan gabus di alam liar juga akan menjadikan serangga sebagai makanannya, karena predator yang satu ini sangat rakus jika ada mangsa didekatnya langsung dilahap secepat kilat dan serangga juga mengandung kandungan protein hewani yang sangat tinggi hingga dapat membuat bobotnya cepat besar dalam waktu singkat.

Selain sebagai makanannya, penggunaan serangga juga bisa menjadi umpan yang cukup jitu dan cukup mudah didapatkan dengan harga yang murah seperti jangkrik, tawon, kroto dan bisa juga menggunakan jenis serangga lainnya serta serangga sendiri sangat cocok digunakan untuk memancing di tambak ataupun di rawa.

Makanan Ikan Gabus Agar Cepat Besar!

Ikan gabus memang bukan jenis ikan budidaya pada umumnya tapi untuk jenis ini memang sangat menguntungkan jika dibudidayakan, karena memiliki harga jual tinggi dan berikut jenis pakan yang sering digunakan para pembudidaya agar ikan tersebut cepat besar antara lain:

Pellet

Makanan Ikan Gabus Pellet

Makanan jenis ini memang biasanya diberikan pada ikan yang masih berupa benih ini akan menggunakan pakan yang dibuat oleh pabrik dengan tujuan agar dapat melengkapi kebutuhan gizi dari pakan alami serta untuk pakan buatan biasanya berupa pelet yang bisa dibuat sendiri oleh para peternak dengan ukuran sekitar 30 gram.

Ukuran pelet juga cukup beragam yang bisa diberikan untuk segala umur dan tentunya ukuran pada pelet dapat disesuaikan dengan umur ikan, maka untuk ikan yang masih berupa benih bisa memberikan pelet yang masih berbentuk tepung atau crumble (butiran kecil seperti pasir) hingga kandungan nutrisi yang dimilikinya juga akan berbeda.

Cara memberikan pelet pada ikan gabus yaitu dengan ditebarkan secara merata di permukaan kolam, karena bertujuannya agar semua ikan bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan makanan tersebut dan terdapat beberapa tipe yang biasa digunakan pembudidaya adalah tipe FF999, 781-2, 781-SP serta 781.

Bekicot

Makanan Ikan Gabus Bekicot

Bekicot adalah salah satu jenis makanan ikan gabus secara alternatif biasa digunakan yang memiliki kandungan protein cukup lengkap, maka penggunaan bekicot mampu berperan baik bagi kesehatan tubuh ikan tersebut serta juga dapat membantu dalam pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan peternak dapat menghemat biaya pakan.

Peternak memang sangat memuji kehadiran bekicot, karena fungsi gizinya yang hampir sama seperti keong emas hingga dapat menguntungkan bagi para pelaku budidaya dan peternak juga seharusnya memiliki kerjasama yang baik untuk memberantas hama atau predator yang sangat menguntungkan.

Nasi Aking

Makanan Ikan Gabus  Nasi Aking

Nah jenis makanan ikan gabus yang satu ini memang bisa membuat peternak dalam menghemat biaya pakan, karena penggunaan nasi aking bisa menjadi salah satu bahan pakan alternatif apalagi ikan gabus bisa memangsa ikan gabus lainnya (kanibal) walaupun termasuk hewan omnivora.

Nasi adalah salah satu pelet yang mudah didapatkan dengan kandungan karbohidrat didalamnya yang tinggi dapat mendukung masa pertumbuhan menjadi lebih cepat, nah penggunaan nasi juga hanya sebagai pakan alternatif saja atau bisa dicampurkan dengan makanan lainnya yang mengandung nutrisi lebih lengkap.

Pemberian nasi juga bisa dicampurkan dengan dedak dan sisa makanan lainnya tapi pemberian nya juga harus dibatasi, karena jika terlalu banyak bisa membuat air kolam menjadi lebih kotor dan juga berminyak serta untuk mengatasi bisa menambahkan probiotik yang khusus untuk perikanan agar memperbaiki kualitas air.

Dedak Padi

Makanan Ikan Gabus Dedak Padi

Salah satu jenis pakan yang sangat populer di dunia peternakan, sehingga makanan yang satu ini tidak salah jika digunakan para pembudidaya ikan gabus yang mengandung kandungan karbohidrat dan protein yang baik hingga dapat membantu masa pertumbuhan yang menjadi lebih cepat apalagi teksturnya yang halus sangat disukai ikan tersebut.

Kandungan karbohidrat pada dedak berfungsi untuk mempercepat pertumbuhannya, nah untuk teksturnya yang halus makanan ikan gabus ini bisa juga diberikan pada ikan yang masih kecil atau anakan ikan dengan diberikan secara teratur dan cukup ditaburkan pada kolam dalam jumlah secukupnya di pagi hingga sore hari.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan tentang makanan ikan gabus yang sering digunakan para pembudidaya senior, karena jenis di atas dapat meminimalkan biaya pakan yang lebih fokus untuk masa pemeliharaan dan mendukung pertumbuhan ikan gabus.

Tinggalkan komentar