Manfaat Ikan Gurame, Ikan Tawar Kaya Gizi Terbaik

Manfaat ikan gurame memang sangat baik bagi kesehatan tubuh hingga masuk kedalam salah satu ikan yang mengandung berbagai macam kandungan gizi menurut Seafood Consumption and Componentes For Health yang menyebutkan jika penggunaan ikan dalam bentuk fresh akan mengandung Protein, Asam amino, Serat, Vitamin dan juga Mineral.

Ikan yang bernama latin Osphronemus Goramy adalah salah satu jenis ikan yang masuk kedalam air tawar ini sangat populer sebagai ikan konsumsi khususnya di Asia Tenggara dan Asia Selatan, selain itu juga dikenal dengan nama ikan gurame ini sering dipelihara didalam akuarium sebagai ikan hias dengan keunikan yang sangat beragam tergantung pada jenisnya dan juga manfaat ikan gurame yang beragam.

Dilihat dari kandungan tersebut, maka manfaat ikan gurame yang akan didapatkan tubuh sangat bagus untuk kesehatan loh dan untuk yang merasa penasaran manfaat apa saja sih yang akan didapatkan? Mari simak penjelasan berikut.

Manfaat Ikan Gurame

Manfaat Ikan Gurame

Kadar protein cukup tinggi ini menjadi olahan ikan untuk menu favorit dalam sehari-hari orang Indonesia loh, selain memiliki rasa yang lezat ketersediaan ikan jenis tersebut juga cukup mudah ditemukan dimana-mana tapi banyak orang yang tidak menyadari tentang manfaat ikan gurame bagi kesehatan walaupun ikan tersebut paling banyak dikonsumsi dan diolah menjadi aneka ragam masakkan dan berikut manfaatnya yaitu:

Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung, karena ikan jenis ini mengandung asam lemak omega-3 yang dimiliki oleh ikan jenis lainnya dan kandungan tersebut juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung yang berisi dua jenis asam lemak didalam omega-3 tersebut.

Jenis asam lemak tak jenuh yang dimiliki ikan tersebut sangat berfungsi untuk mengurangi peradangan yang akan terjadi didalam tubuh, karena peradangan tersebut akan membuat tubuh dapat berkontribusi dalam merusak pembuluh darah hingga dapat memicu terjadinya penyakit stroke.

Selain itu, asam lemak omega-3 tersebut juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar Trigliserida hingga membuat sedikit tekanan darah dan juga dapat mengurangi pembekuan darah yang menjadi faktor utama dalam terjadinya penyakit stroke dan menjadi salah satu manfaat ikan gurame yang paling penting.

Membantu Perkembangan Otak

Membantu Perkembangan Otak

Perkembangan otak dapat terbantu dengan mengkonsumsi ikan jenis ini yang menjadi manfaat kedua, karena banyak informasi yang sudah beredar yang berpendapat bahwa mengkonsumsi ikan ai tawar jenis ini sejak usia dini mampu membuat anak menjadi lebih pintar yang disebabkan oleh kandungan omega-3 yang dimiliki ikan tersebut.

Asam lemak omega-3 juga berperan penting dalam pembentukan jaringan sel diotak janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil, karena adanya Studi yang sudah diterbitkan dalam American Jounal Of Cinical Nutrition mengatakan bahwa anak-anak dari ibu yang mendapatkan asupan omega-3 selama kehamilannya akan memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang lebih baik daripada yang tidak mendapatkan sama sekali.

Baca Juga

Mengenal Jenis Ikan Nilem, Ikan Kecil Kaya Manfaat

Mengenal Karakteristik, Jenis Ikan Gurami Atau Gurame

7 Manfaat Ayam Kalkun Yang Paling Dibutuhkan Manusia

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang seimbang memang menjadi impian dari beberapa wanita yang memiliki berat badan gemuk, maka dengan mengkonsumsi ikan gurami ini sangat membantu bagi seseorang yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan hingga dapat membentuk berat badan yang seimbang dan menjadi salah satu cara alternatif dalam menu makan hariannya.

Ikan jenis ini memang tidak hanya mengandung asam lemak yang baik bagi tubuh, namun juga mengandung protein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan kandungan protein tersebut bekerja dengan cara mengeluarkan hormon yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

Mencegah Anemia

Nah untuk manfaat yang keempat ini dapat membantu tubuh dalam mencegah terjadinya anemia, seperti penjelasan sebelumnya ikan gurame ini memiliki kandungan zat besi sebanyak 1,24 mg dengan penyajian sekitar 100 gram saja dan zat besi tersebut sangat dibutuhkan tubuh dalam membentuk hemoglobin didalam tubuh.

Hemoglobin tersebut protein yang membawa oksigen kedalam darah diseluruh tubuh, maka jika kekurangan hemoglobin dapat mengganggu fungsi kerja tubuh dan dapat menimbulkan anemia atau kekurangan darah dan untuk memastikan diri agar selalu terpenuhi kebutuhan harian zat besi tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan yang peningkat hemoglobin salah satunya ikan gurame ini.

Menjadi Sumber Vitamin D

Manfaat ikan gurame yang kelima ini merupakan sebagai sumber vitamin D yang baik bagi tubuh, karena hampir 80% sumber vitamin tersebut yang dibutuhkan tubuh berasal dari matahari tapi ada hal yang tidak kalah penting untuk mendapatkan asupan vitamin D tambahan yang berasal dari makanan salah satunya mengkonsumsi ikan air tawar jenis ini.

Pentingnya vitamin D yang berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh dan untuk membantu tubuh dalam menyerap kalsium, sehingga dapat membuat salah satu mineral yang berperan penting untuk pembentukan tulang yang kuat hingga vitamin D dan kandungan kalsium tersebut akan membantu tubuh agar terlindungi dari risiko osteoporosis.

Vitamin D juga berfungsi sebagai penggerak otot dan saraf yang membawa pesan antara otak dan tubuh, maka sistem kekebalan tubuh juga akan terbentuk dengan asupan vitamin D untuk menjalankan tugasnya dalam melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit maka dengan mengkonsumsi 100 gram saja sudah menghasilkan manfaat ikan gurame yang terbaik.

Kandungan Gizi Ikan Gurame

Kandungan Gizi Ikan Gurame

Ikan gurame memang dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan zat gizi didalamnya, nah kandungan gizi yang akan didapatkan tubuh hingga menghasilkan manfaat ikan gurame yang sangat baik dalam mengkonsumsi 100 gram saja ikan gurame antara lain:

  • Kalori: 223
  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 15 gram
  • Lemak jenuh: 4 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 6 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 4 gram
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Selenium
  • Kalium

Harga Ikan Gurame Per Kg

Harga ikan air tawar jenis ini memang dibilang cukup murah tapi jika dikonsumsi dalam 100 gram saja bisa menghasilkan manfaat sangat baik bagi tubuh, karena manfaat ikan gurame memang sangat terkenal salah satunya dapat membantu perkembangan otak bagi sang anak dan berikut daftar harganya antara lain:

TempatHarga Per KG
Bibit Ikan GurameRp2000 – Rp10.000
CarrefourRp55.800
SuperindoRp48.500
Lotte MartRp56.800
Giant 1Rp54.900
PasaranRp45.000-Rp60.000
AcehRp 53.000.
BaliRp 55.500.
BantenRp 46.500
JakartaRp 48.500.
Jawa BaratRp 43.500.
Jawa TengahRp 44.000.
Jawa TimurRp 44.500.
Kalimantan BaratRp 55.400
Kalimantan TimurRp 54.000
LampungRp 55.000.
RiauRp 53.500
Sulawesi UtaraRp 55.000
Sumatra SelatanRp 53.000
Sumatra UtaraRp 54.000
YogyakartaRp 47.000.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang manfaat ikan gurame yang sangat baik bagi tubuh, maka agar mendapatkan manfaat diatas sangat disarankan dalam mengkonsumsinya harus pada porsi yang pas hingga menghasilkan kandungan gizi yang seimbang dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan calon anak.

Penjelasan diatas juga terdapat daftar harga disetiap daerah yang ada di Indonesia, namun harga tersebut juga bisa saja mengalami kenaikan ataupun penurunan ya.

Tinggalkan komentar