Mengenal Jenis Ikan Nilem, Ikan Kecil Kaya Manfaat

Ikan nilem atau biasa disebut dengan nama ilmiah Osteochilus Vittatus adalah jenis ikan air tawar yang masuk ke dalam suku Cyprinidae, karena penggunaan jenis ini biasanya dimanfaatkan sebagai ikan budidaya untuk dikonsumsi khususnya di Jawa dengan daging yang lebih gurih daripada jenis lainnya apalagi jika dimasak pepes.

Jenis ikan air tawar yang tergolong herbivor atau biasa disebut hewan pemakan tumbuhan serta penyebaran jenis ini cukup pesat khususnya di Asia Tenggara seperti Thailand, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Jawa dan beberapa perairan lainnya.

Ikan konsumsi ini keberadaannya tidak sepopuler ikan mas ataupun mujair, selain itu keberadaannya juga terkadang banyak ditemukan pada bekas-bekas galian dan juga anak sungai dan berikut penjelasan lebih dalam tentang ikan air tawar ini mari simak!

Kenali Ikan Nilem Mangut, Spesies Ikan Terapi

ikan nilem
Sumber 99.co

Jenis ikan yang termasuk kedalam suku Cyprinidae ini biasa disebut dengan nama ikan nilem mangut yang sangat populer sebagai ikan terapi, maka jenis ini banyak dimanfaatkan untuk kesehatan kulit terutama pada bagian kaki hingga ikan tersebut akan memakan bagian kulit mati di permukaan kaki.

Fakta ikan air tawar ini tidak lain sebagai ikan konsumsi walaupun tidak sepopuler ikan mas atau muajir, namun untuk saat ini sangat populer sebagai ikan terapi loh dan berikut manfaat kesehatan bagi tubuh yaitu:

Membersihkan Sel Kulit Mati dan Menghaluskan Kulit

Ikan nilem mangut sangat berperan dalam membersihkan sel kulit mati dengan memasukkan bagian kaki pada media terapi tersebut, sehingga ikan nilem akan mengigit permukaan kulit khususnya bagian kaki dan jangan khawatir ikan jenis ini juga tidak sembarangan dalam menggigit.

Selain itu tidak hanya kulit mati saja yang digigit, ikan tersebut juga bisa membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dibagian kulit hingga membuat kulit menjadi kering dan terapi ikan ini juga akan menjadi solusi utama loh yang bisa membuat kulit menjadi lebih halus hingga menstimulasi kulit dalam menjaga kelembapannya.

Meningkatkan Kepekaan Saraf dan Melancarkan Peredaran Darah

Ikan nilem mangut memang menjadi jenis ikan dengan sejuta kesehatan tapi penggunaannya tidak hanya untuk konsumsi saja, karena bisa juga menjadi ikan terapi dengan manfaat yang sangat penting dalam meningkatkan kepekaan saraf.

Daftar Harga Ikan Kerapu Berbagai Jenis Lengkap

Daftar Harga Ikan Baung & Jenisnya Terbaru

Peredaran darah juga akan menjadi lebih lancar dengan melakukan terapi ikan sekitar 30 menit saja, sehingga dapat mencegah penyakit keram hingga kesemutan yang sering menyerang.

Menghilangkan Stress dan Lelah

Terapi ikan nilem mangut juga akan menjadi solusi utama saat stress menyerang, oleh karena itu ikan-ikan tersebut akan menekan titik-titik yang dapat menenangkan hingga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Pikiran yang tenang pada seseorang membuat tubuhnya menjadi lebih fresh, maka metode terapi ikan dengan menggunakan ikan nilem mangut khususnya mampu menghilangkan lelah hingga metode tersebut sangat berperan penting.

Ikan Nilem untuk Budidaya

ikan nilem mangut

Ikan nilem dijual di pasaran dalam kondisi dewasa atau masih bibit yang penggunaannya untuk dibudidayakan, maka bisa membeli bibit ikan jenis ini yang biasa ditawarkan pada harga mulai dari Rp2.000 dan cukup mudah ditemukan dipasaran.

Nah jika penggunaannya untuk dikonsumsi sendiri yang sudah dewasa hingga siap diolah berbagai masakan, bisa dibeli dengan harga sekitar Rp8.000 per ekor dan seekor ikan dewasa akan memiliki panjang tubuh 10-15 cm.

Jenis ikan yang sangat dikenal sebagai ikan terapi ini akhirnya sangat populer untuk budidaya, karena memiliki potensi reproduksi yang cukup tinggi dalam seekor betina nilem bisa menghasilkan telur ikan sebanyak 80.000-110.000 butir untuk per kilogram bobot induk.

Proses pemijahan ikan ini dapat dilakukan pada awal musim penghujan, nah untuk proses pemijahan tidak boleh sembarangan serta ikan harus berusia 1 tahun dengan panjang tubuhnya sudah mencapai 20 cm dan berat di atas 12 gram.

Tips Umpan Ikan Nilem Paling Manjur!

Jenis umpan yang satu ini memang sangat populer, kenapa? karena banyak digunakan para pemancing untuk memburu salah satu jenis ikan air tawar, selain itu harga untuk pembuatan umpannya juga sangat murah meriah loh.

Bagaimana cukup penasaran bukan, nah untuk itu harus mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan yang wajib disiapkan dan jangan khawatir berikut bahan-bahan untuk meracik umpannya yaitu:

Bahan-bahan :

  • Tepung terigu
  • Telur bebek (2 butir)
  • Biskuit Marie (1 bungkus)
  • Daun pandan (2 helai)
  • Keju Kraft (1/4 batang)
  • Ubi Jalar.

Cara Membuatnya :

  1. Langkah pertama rebus terlebih dahulu ubi jalar yang akan digunakan, atau dikukus hingga matang.
  2. Kemudian ambilah telur bebek, lalu pisahkan bagian kuning serta putihnya dan untuk bagian kuningnya rebus hingga matang.
  3. Pada saat merebus kuning telur tidak lupa mengikutsertakan daun pandan, lalu pisahkan daun pandan.
  4. Setelah itu tambahkan keju, tepung terigu dan juga biskuit ke dalam adonan tersebut.
  5. Aduklah hingga rata dan tercampur semua bahan tersebut, nah setelah itu buat motif umpan sesuai selera serta umpan sudah siap digunakan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang ikan yang sangat populer digunakan sebagai ikan terapi yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, nah untuk cara kerjanya ikan-ikan tersebut akan mengerumuni kaki manusia saat dicelupkan ke dalam kolam terapi tersebut.

Namun ikan tersebut hanya akan memakan lapisan kulit ari yang mati di permukaan kaki, sehingga penggunaan ikan jenis tentunya sangat aman ya.

Related Topics

Give a Comment