Daftar Harga Ikan Baung & Jenisnya Terbaru

Harga ikan baung dipasaran juga cukup beragam dan semua tergantung pada lokasi saat membeli ikan air tawar jenis ini ternyata memiliki tampian fisik yang sekilas hampir mirip dengan ikan lele, nah untuk harga setiap kg nya juga berbeda yang biasanya akan dipengaruhi oleh ukuran dari jenis ikan tersebut.

Jenis ikan air tawar ini memang memiliki tampilan yang hampir sama seperti ikan lele apalagi jika dilihat sekilas, maka perbedaan yang dapat dibedakan bisa diperhatikan pada kulit ikan baung yang lebih halus dengan perawakannya ramping banyak orang menyebutnya sebagai ikan duri.

habitat ikan jenis ini banyak ditemukan mulai dari perairan di muara sungai hingga ke bagian hulu, nah khusus di Kabupaten Karawang sendiri jenis ini dikenal dengan sebutan ikan lundu yang banyak ditemukan di perairan Kec.Tempuran dan harga ikan baung ini memang cukup murah. Berikut harga terbaru!

Harga Ikan Baung Terbaru

Harga ikan baung dipasaran cukup tinggi

Jenis ikan yang memiliki harga bisa dibilang tidak malah atau tidak murah ini ternyata peminatnya cukup banyak hingga harganya tidak akan sama pada setiap kota, karena harga juga akan dipengaruhi beberapa faktor yang paling utama adalah bobot yang dimilikinya.

Harga ikan ini memang beragam biasanya untuk dijadikan bibit akan memiliki harga sekitar Rp 500 per ekornya, namun harga tersebut juga akan tergantung pada usia ikannya dan harga tersebut bisa diburu para pembudidaya ikan baung ini.

Mengenai harga jual ikan baung atau ikan lundu ini bisa dibedakan berdasarkan daerah yang menjualnya sendiri, nah untuk penasaran berikut bentuk harga pada setiap daerah yang menjual ikan jenis ini yaitu:

DaerahHarga
MedanRp. 60.000
SurabayaRp. 60.000
BekasiRp. 60.000
DKI jakartaRp. 60.000
BandungRp. 60.000
BogorRp. 60.000
BanjarmasinRp. 50.000
D.I.YogyakartaRp. 60.000
SemarangRp. 65.000
DepokRp. 60.000
BalikpapanRp. 55.000
Bandar lampungRp. 47.000
PalembangRp. 60.000
DenpasarRp. 70.000
PadangRp. 55.000
TangerangRp. 60.000

Jenis-jenis Ikan Baung dan Harganya

Harga ikan air tawar ini memang beragam apalagi jenis ikan ini bisa dibilang cukup banyak, namun hanya terdapat 3 jenis saja yang terkenal dan memiliki nama yang berbeda-beda pada setiap kotanya apalagi jika jenisnya juga beragam seperti berikut yaitu:

Ikan Baung Putih

Harga ikan baung putih tergantung pada bobot yang dimilikinya

Harga ikan baung jenis ini bisa dibilang cukup mahal yang banyak ditemukan khususnya di sungai-sungai daerah Sumatera dan juga di Semenanjung Malaya, nah ciri-ciri yang bisa diketahui untuk ikan air tawar ini dengan warna putih kecokelatan.

Habitatnya jenis ikan air tawar tersebut mampu hidup hingga ukurannya mencapai 20 cm dengan bentuk kepala agak pipih serta lebar ini memang banyak ditemui khususnya Sumatera Utara yang lebih tepatnya di Riau daerah Indragiri, Jambi dan Sumatera Selatan (Banyuasin serta Ogan).

Jenis ikan baung putih ini khusus di daerah Sumatera Utara memiliki harga sekitar Rp 55.000 per kg, nah untuk harga mungkin saja bisa berubah tergantung pada stok ikan tersebut dan mungkin saja akan lebih mahal didaerah lainnya yang memang cukup langka untuk ikan jenis ini.

Ikan Baung Tageh

Ikan baung tageh ini memiliki habitat yang cukup banyak tersebar di daerah Pulau Jawa hingga nama untuk ikan air tawar tersebut cukup beragam, karena di dalam bahasa Betawi sendiri biasa disebut dengan nama Ikan Bawon.

Harga ikan baung tageh lebih murah

Nah dalam bahasa Sunda sendiri untuk ikan baung tageh yang biasanya disebut dengan nama ikan Singgal atau Singgah, karena untuk di Kabupaten Karawang lebih tepatnya di Kecamatan Tempuran ikan jenis ini disebut dengan Ikan Lundu.

Harga ikan baung jenis ini bisa dibilang cukup murah yang memiliki harga sekitar Rp 45.000 per kg, tentunya memiliki panjang hingga 40 cm dengan warna tubuh yang hampir seluruhnya berwarna kecokelatan serta tubuhnya yang tegak.

Ikan Baung Kuning

Ikan baung kuning dengan bobot yang lumayan besar

Ikan baung kuning adalah salah satu jenis ikan baung yang memiliki tubuh sepanjang 20 cm, nah untuk warna seperti namanya yang hampir seluruh tubuhnya berwarna kekuning-kuningan jika dilihat sekilas sama seperti halnya ikan lele.

Harga ikan baung kuning ini memang cukup beragam biasanya tergantung pada lokasi yang menjualnya, nah biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 50.000 untuk per kg nya yang banyak dijual didaerah Jawa Barat.

Habitat ikan yang memiliki bentuk kepala pipih serta datar ini banyak ditemukan di sungai khususnya Cianten, Ciliwung, Cidurian Citarum, Cikeas, Cimanuk dan Cisokan.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang harga ikan baung dari setiap daerah yang ada di Indonesia, karena untuk harga tersebut bisa saja berubah yang biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya ketersediaan stok.

Ikan jenis ini memang tidak hanya sebagai ikan konsumsi tapi juga bisa dijadikan sebagai obat yang memiliki kandung sangat baik, sehingga dengan mengkonsumsi nya mampu menghasilkan manfaat yang sangat banyak.

Related Topics

Give a Comment