Mengenal Karakteristik, Jenis Ikan Gurami Atau Gurame

Ikan gurami atau yang bernama latin Osphronemus Goramy adalah salah satu jenis ikan yang masuk kedalam air tawar ini sangat populer sebagai ikan konsumsi khususnya di Asia Tenggara dan Asia Selatan, selain itu juga dikenal dengan nama ikan gurame ini sering dipelihara didalam akuarium sebagai ikan hias dengan keunikan yang sangat beragam tergantung pada jenisnya.

Penyebaran ikan gurame ini cukup luas yang semula menyebar di pulau-pulau Sunda Besar (Sumatera, Jawa dan Kalimantan), namun perkembangannya kini sudah dipelihara sebagai ikan konsumsi yang menjadi salah satu komoditas perikanan air tawar ini memiliki nilai ekonomi tinggi yang terus berkembang dari waktu ke waktu hingga saat ini ikan tersebut semakin disukai oleh masyarakat.

Jenis ikan yang pada zaman dahulu dipelihara sebagai ikan klangenan (kesenangan semata), sehingga tidak sedikit orang yang menyebutnya sebagai ikan konsumsi yang cukup mewah hingga membuat prospek bisnis ikan gurami ini sangat menjanjikan dan untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan berikut!

Kenali, Karakteristik Ikan Gurami

Pada awalnya ikan jenis ini berasal dari rawa atau kolam berair tawar ini yang memiliki bentuk badan yang pipih dan lebar, nah untuk yang sudah dewasa lebar pada badannya akan memiliki ukuran dua kali lipat dari panjang kepalanya dan ikan gurame ini memiliki sepasang sirip perut yang akan mengalami perubahan menjadi sepasang benang panjang yang berfungsi sebagai alat peraba.

Nah untuk panjang yang dimilikinya bisa mencapai 65 cm yang sama dengan berat badannya, namun untuk berat badannya sendiri bisa mencapai lebih dari 10 kg jika diberikan perawatan yang tepat dan jenis ikan tersebut masuk kedalam kelompok ikan omnivora yang akan menyantap beberapa jenis serangga serta juga tumbuhan air atau tumbuhan talas yang menjadi salah satu daun kesukaan ikan tersebut.

Keistimewaan yang dimiliki ikan jenis ini yang dapat hidup walaupun dengan perairan yang memiliki kondisi oksigen terlarut atau sangat rendah, karena ikan tersebut mampu mengambil oksigen dari udara bebas dan oksigen yang terisap akan diikat dengan labirin yang dimiliki ikan jenis ini yang membuatnya sering keliatan menyembulkan mulutnya pada permukaan air.

Ciri Fisik Ikan Gurame

  1. Bentuknya tinggi dan panjang, pipih kesamping dengan ukuran panjang 65 cm maksimal
  2. Rahang memiliki gigi kecil dan gigi deratan luar ukurannya lebih besar
  3. Sisiknya kasar dan besar
  4. Memiliki duri di setiap sirip punggung
  5. SIrip Perut Jari-jari pertama berupa duri pendek
  6. Ikan muda memiliki moncong yang runcing 8 – 10 pita untuk melindungi tubuhnya
  7. Ukuran warna rata-rata abu kehitaman, dan warna putih dibagian kepala
  8. Mudah berkembang di dataran rendah dan mudah untuk budidaya ikan gurame

7 Jenis Ikan Gurami

Jenis ikan air tawar ini memang cukup banyak tapi hanya ada beberapa jenis yang terkenal, karena jenis tersebut banyak dibudidayakan yang populer memiliki bobot tubuh lebih besar dalam waktu yang singkat tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan hingga membuatnya sangat terkenal dikalangan pembudidaya dan berikut jenis-jenisnya yaitu:

Ikan Gurame Soang

Ikan Gurami Soang

Nama soang dalam bahasa Sunda memiliki arti Angsa, maka tidak heran jika gurame angsa diyakini berasal dari indonesia yang tepatnya dari Provinsi Jawa Barat dan jenis ini paling populer jika dibanding dari jenis-jenis gurame lainnya yang bahkan paling sering kita jumpai di pasaran serta diberbagai restoran atau rumah makan yang menjadi primadona.

Kelebihannya terdapat pada ukuran tubuhnya yang cukup besar, bahkan mampu mencapai 8 kg dan pertumbuhan gurame soang juga cukup cepat 700 gram-1.2 kg/tahunnya serta bentuknya yang pipih ke samping dan sedikit memanjang, memiliki panjang mencapai 65 cm, pada sisik badannya sedikit membulat hingga ukurannya menjadi lebih besar dengan bintik-bintik hitam pada dasar sirip dada.

Ikan Gurame Jepang

Ikan Gurami Jepang

Nah untuk jenis yang satu ini meskipun tidak seterkenal guramesoang popularitas gurame jepun sudah lama dikenal di Indonesia, karena jenis ini sangat familiar di Jawa Tengah tepatnya di Kab Probolinggo yang sekalinya melakukan pemijahan yang sangat produktivitas telur gurame jepun mampu mencapai 2000-3000 butir/ekornya. .

Jenis gurami jepun atau jepang ini memiliki panjang tubuh maksimal 45 cm dengan berat badan 3-4 kg/ekornya, sehingga ciri khas yang bisa dilihat dari gurame jepun terdapat pada warna hitam pekat dibagian atas tubuhnya dengan sisik putih serta garis gelap untuk dibagian perutnya.

Berbagai Manfaat Ikan Kembung Sangat Baik Untuk Manusia

Mengenal Sejarah Dan Jenis Ikan Mas Di Indonesia

Gurame Porselin

Gurame Porselin

Satu lagi jenis gurame yang sangat bagus jika dijadikan peluang usaha, karena sekali pemijahan saja jenis ini mampu menghasilkan 8000-10.000 butir telur/ekor dengan jumlah yang sangat banyak daripada gurame jenis lainnya dan itu juga yang menjadi alasan gurame jenis porselen sangat baik di jadikan bisnis pembibitan.

Gurame ini memiliki ciri warna merah muda atau keperakan, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih, ukuran kepala relatif kecil dibanding ukuran tubuhmya tapi pertumbuhan gurame porselen juga terbilang cukup cepat dan berat rata-rata gurame ini berkisar 1.5 kg -2 kg/ ekor.

Gurame Kapas

Ikan Gurame Kapas

Jenis ikan ini memiliki warna khas putih keperakan hampir mirip dengan warna kapas dan ukuran sisik lebih lebar dibanding jenis gurame lainnya dan sedikit sedikit lebih keras, nah gurami kapas ini juga bisa dibilang cukup produktif dalam sekali memijah saja mampu menghasilkan sekitar 3000 butir telur/ekor.

Pertumbuhan gurame kapas juga terbilang cukup cepat hingga membuatnya sangat digemari oleh pembudidaya, namun diantara semua jenis gurame kapas lah yang memiliki bobot paling ringan yaitu berat maksimal hanya 1.5 kg.

Gurame Bastar

Ikan Gurame  Bastar
BLUE GOURAMI trichogaster trichopterus

Warna abu-abu kehitaman yang dimiliki gurame bastar ini pada bagian kepalanya akan berwarna putih yang sering dikenal dengan gumare pedaging, karena ukurannya yang besar dan laju pertumbuhan yang cepat hingga menjadi salah satu gurame primadona dikalangan pembudidaya ikan gurame.

Memiliki bobot yang bisa mencapai 6 kg-9 kg/ekor nya, namun soal produktivitas telur gurame bastar terbilang rendah bila dibandingkan jenis gurame soang dan untuk jenis ini sekali memijah dapat menghasilkan sekitar 4000 -4500 butir telur/ekor nya.

Gurame Blue Safir

Ikan Gurame Blue Safir

Nah untuk jenis selanjutnya ini memiliki warna merah muda dan cerah, namun hampir sama pada umumnya dengan ikan jenis gurame lainnya hanya saja memiliki keunikan tersendiri untuk jenis ini.

Walaupun hanya 35 cm dengan berat maksimal 2 kg, namun kemampuan bertelur lebih baik bila di bandingkan gurame paris untuk jenis ini dalam sekali pemijahan gurame blue safir mampu memcapai 4000-5000 butir telur ekornya.

Gurame Paris

Satu lagi jenis gurame yang terakhir ialah gurame paris ini berwarna merah muda cerah tapi kepala nya berwarna putih dengan bintik-bintik hitam disekitar bagian tubuhnnya, selain itu memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis gurame lainnya dan berat maksimalnya hanya 1.5 kg.

Selain dikonsumsi jenis gurame paris juga banyak di jadikan ikan hias bagi penghoby ikan hias, karena produktivitas telur gurame paris lumayan besar ini mampu mencapai 5000-6000 butir/ekor.

Ikan Gurame Paris

Manfaat Ikan Gurame

Jenis ikan yang memiliki kadar protein cukup tinggi ini menjadi olahan ikan untuk menu favorit dalam sehari-hari orang Indonesia loh, selain memiliki rasa yang lezat ketersediaan ikan jenis tersebut juga cukup mudah ditemukan dimana-mana tapi banyak orang yang tidak menyadari tentang manfaat yang ikan gurame bagi kesehatan walaupun ikan tersebut paling banyak dikonsumsi dan diolah menjadi aneka ragam masakkan.

Nah untuk itu, pembahasan artikel ini akan menjelaskan secara lengkap mengenai manfaat yang dimiliki ikan gurami jika dikonsumsi dalam porsi 100 gram saja bagi kesehatan dan untuk mengetahuinya mari simak beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh antara lain:

Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung, karena ikan jenis ini mengandung asam lemak omega-3 yang dimiliki oleh ikan jenis lainnya dan kandungan tersebut juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung yang berisi dua jenis asam lemak didalam omega-3 tersebut.

Jenis asam lemak tak jenuh yang dimiliki ikan tersebut sangat berfungsi untuk mengurangi peradangan yang akan terjadi didalam tubuh, karena peradangan tersebut akan membuat tubuh dapat berkontribusi dalam merusak pembuluh darah hingga dapat memicu terjadinya penyakit stroke.

Selain itu, asam lemak omega-3 tersebut juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar Trigliserida hingga membuat sedikit tekanan darah dan juga dapat mengurangi pembekuan darah yang menjadi faktor utama dalam terjadinya penyakit stroke.

Membantu Perkembangan Otak

Perkembangan otak dapat terbantu dengan mengkonsumsi ikan jenis ini yang menjadi manfaat kedua, karena banyak informasi yang sudah beredar yang berpendapat bahwa mengkonsumsi ikan gurame ini sejak usia dini mampu membuat anak menjadi lebih pintar yang disebabkan oleh kandungan omega-3 yang dimiliki ikan tersebut.

Asam lemak omega-3 juga berperan penting dalam pembentukan jaringan sel diotak janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil, karena adanya Studi yang sudah diterbitkan dalam American Jounal Of Cinical Nutrition mengatakan bahwa anak-anak dari ibu yang mendapatkan asupan omega-3 selama kehamilannya akan memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang lebih baik daripada yang tidak mendapatkan sama sekali.

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang seimbang memang menjadi impian dari beberapa wanita yang memiliki berat badan gemuk, maka dengan mengkonsumsi ikan gurami ini sangat membantu bagi seseorang yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan hingga dapat membentuk berat badan yang seimbang dan menjadi salah satu cara alternatif dalam menu makan hariannya.

Ikan jenis ini memang tidak hanya mengandung asam lemak yang baik bagi tubuh, namun juga mengandung protein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan kandungan protein tersebut bekerja dengan cara mengeluarkan hormon yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

Mencegah Anemia

Nah untuk manfaat yang keempat ini dapat membantu tubuh dalam mencegah terjadinya anemia, seperti penjelasan sebelumnya ikan gurame ini memiliki kandungan zat besi sebanyak 1,24 mg dengan penyajian sekitar 100 gram saja dan zat besi tersebut sangat dibutuhkan tubuh dalam membentuk hemoglobin didalam tubuh.

Hemoglobin tersebut protein yang membawa oksigen kedalam darah diseluruh tubuh, maka jika kekurangan hemoglobin dapat mengganggu fungsi kerja tubuh dan dapat menimbulkan anemia atau kekurangan darah dan untuk memastikan diri agar selalu terpenuhi kebutuhan harian zat besi tersebut dengan cara mengkonsumsi makanan yang peningkat hemoglobin salah satunya ikan gurame ini.

Menjadi Sumber Vitamin D

Manfaat ikan gurami yang kelima merupakan sebagai sumber vitamin D yang baik bagi tubuh, karena hampir 80% sumber vitamin tersebut yang dibutuhkan tubuh berasal dari matahari tapi ada hal yang tidak kalah penting untuk mendapatkan asupan vitamin D tambahan yang berasal dari makanan salah satunya mengkonsumsi ikan air tawar jenis ini.

Pentingnya vitamin D yang berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh dan untuk membantu tubuh dalam menyerap kalsium, sehingga dapat membuat salah satu mineral yang berperan penting untuk pembentukan tulang yang kuat hingga vitamin D dan kandungan kalsium tersebut akan membantu tubuh agar terlindungi dari risiko osteoporosis.

Vitamin D juga berfungsi sebagai penggerak otot dan saraf yang membawa pesan antara otak dan tubuh, maka sistem kekebalan tubuh juga akan terbentuk dengan asupan vitamin D untuk menjalankan tugasnya dalam melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan singkat yang harus diketahui tentang ikan gurami mulai dari karakteristik hingga jenis-jenis dan juga manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh, karena jenis ikan yang satu ini masuk kedalam salah satu ikan yang bernutrisi tinggi tapi dalam mengkonsumsi nya harus tetap dengan porsi yang pas ya.

Tinggalkan komentar