Berbagai Manfaat Ikan Kembung Sangat Baik Untuk Manusia

Manfaat ikan kembung memang cukup banyak bagi kesehatan tubuh apalagi kandungan omega-3 nya yang cukup tinggi dibanding ikan salmon loh, sehingga manfaat yang didapatkan juga akan jauh lebih baik dan keunggulan lainnya terdapat pada harganya yang sangat murah hingga setiap kalangan dapat menikmatinya.

Ikan yang mengandung berbagai macam kandungan gizi menurut Seafood Consumption and Componentes For Health yang menyebutkan jika penggunaan ikan dalam bentuk fresh akan mengandung Protein, Asam amino, Serat, Vitamin dan juga Mineral.

Dilihat dari kandungan tersebut, maka manfaat yang akan didapatkan tubuh sangat bagus untuk kesehatan loh dan untuk yang merasa penasaran manfaat apa saja sih yang akan didapatkan? Mari simak penjelasan berikut.

Gizi Ikan Kembung Yang Melebihi Salmon

Gizi Ikan Kembung
Sumber : hellosehat.com

Nama ilmiah ikan kembung adalah Rastrellliger kanagurta dimana masih kerabatnya ikan tenggiri, tongkol dan tuna. Anda bisa mengolah ikan kembung baik di goreng maupun di pepes bagaimana resep ikan yang anda inginkan.

Meski rasanya enak, ikan jenis ini memiliki banyak kandungan yang lebih bergizi dibandingkan ikan salmon, dalam 100 gram ikan kembung, memiliki beberapa nutrisi antara lain :

  • Protein: 21,3 gram.
  • Lemak: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 2.2 gram.
  • Kalsium: 136 mg.
  • Fosfor: 69 mg.
  • Besi: 0,8 mg.
  • Natrium: 214 mg.
  • Kalium: 245,0 mg.
  • Tembaga: 0,20 mg.
  • Seng: 1,1 mg.
  • Thiamin (vitamin B1): 0,26 mg..
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin (vitamin B3): 0,2 mg.

7 Manfaat Ikan Kembung

Manfaat Ikan Kembung

Jenis ikan laut yang sangat dengan harga murah ini memiliki manfaat tidak kalah baik bagi tubuh jika dibandingkan dengan kerabatnya yaitu ikan salmon, karena kandungan gizinya jauh lebih banyak daripada ikan lainnya yang memiliki harga jauh lebih mahal dan berikut manfaat ikan kembung bagi tubuh antara lain:

Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Ikan yang mengandung asam lemak EPA dan DHA tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf, selain itu kedua jenis omega-3 tersebut juga dapat membantu dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak salah satu nya yang bernama Demensia dan Alzheimer.

Nah beda cerita lagi jika anak-anak dan juga ibu hamil yang mengkonsumsi ikan kembung ini, karena kandungan DHA didalamnya sangat berperan penting dalam pertumbuhan janin serta perkembangan otak untuk ibu hamil dan juga dapat membantu dalam perkembangan otak menjadi lebih cerdas pada anak-anak.

3 Jenis Ikan Kembung Bakar Yang Layak Kamu Coba

3 Ikan Lele Goreng Kaya Gizi Dan Manfaat Wajib Coba

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan kembung juga tidak hanya berperan baik bagi kesehatan otak, selain itu zat tersebut dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh yang mengandung aneka asam lemak tak jenuh yang bisa juga berperan penting dalam pencegahan.

Nah jika dikonsumsi secara teratur manfaat ikan kembung yang dihasilkan tidak hanya dapat mengatur gula darah didalam tubuh saja, namun dapat mengurangi lemak Visceral yang ada di perut maka dapat menurunkan risiko diabetes atau bisa sebagai pencegahan dengan mengkonsumsi 100 gram saja per harinya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh memang cukup penting apalagi pada masa pandemi Covid-9 ini, karena jika tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat membuat virus tersebut tidak masuk ke dalam tubuh dan untuk meningkatnya bisa dengan mengkonsumsi ikan kembung dalam 100 gram saja.

Ikan laut yang satu ini memiliki kandungan Koenzim Q10 yang dapat melindungi sel dari kerusakan, sehingga dapat meningkatkan kapasitas tubuh dalam melawan infeksi apalagi jika dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang pas manfaat ikan kembung menjadi lebih terasa bagi individu yang baru saja sembuh setelah menjalani berbagai perawatan.

Pencegahan Terhadap Penyakit Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi pada ikan laut jenis ini jika dikonsumsi dapat menjadi salah satu cara dalam pencegahan penyakit jantung, karena ikan tersebut tidak hanya kaya asam lemak tak jenuh tunggul dan asam lemak tak jenuh ganda tapi juga sangat rendah lemak jenuh loh.

Selain sebagai pencegahan, ikan kembung juga bisa menjadi salah satu cara dalam menjaga kesehatan jantung yang mengandung berbagai mineral dan protein yang menjadi nutrisi penting dalam kesehatan jantung serta juga mengandung asam lemak tak jenuh yang berperan penting dalam memelihara sistem kerja jantung menjadi salah satu manfaat ikan kembung yang sangat penting.

Menjaga Kekuatan Otot dan Tulang

Ikan kembung yang dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang pas dapat membantu dalam menjaga sel dari kerusakan serta jaringan otot, karena kandungan Vitamin D dalam ikan tersebut dapat mengembalikan otot-otot yang sobek akibat bergerak aktif hingga otot menjadi lebih kuat dan juga sehat.

Vitamin D tersebut memang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan serta kekuatan tulang, selain itu juga berperan penting dalam memaksimalkan absorpsi kalsium atau mineral yang berfungsi dalam pembentukan serta pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi hingga salah satu manfaat ikan kembung ini penting bagi anak-anak.

Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan omega-3 pada ikan laut yang satu ini memang dapat mengendalikan kadar gula darah, sehingga sangat cocok bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali hingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi 100 gram saja pada setiap harinya.

Selain itu kandungan omega-3 juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi , karena kadar kalium dalam ikan kembung dapat menjaga tekanan darah normal hingga dapat mencegah darah tinggi ataupun darah rendah.

Menjaga Badan Tetap Ideal

Ikan kembung yang dikonsumsi setiap hari ternyata dapat membantu dalam menjalani program diet loh, walaupun mengandung lemak tak jenuh pada ikan laut jenis ini tapi kadar tersebut hanya sekitar 4,2 mg disetiap per 100 gramnya yang menjadi salah satu makanan yang tetap bisa dikonsumsi.

Kandungan lemak tak jenuh jika masuk ke dalam tubuh tidak akan menyebabkan penumpukan lemak yang dapat menaikkan berat badan, sehingga tidak salah jika ikan kembung sangat dianjurkan dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau menjaga berat badan tetap stabil dan hal tersebut masuk ke dalam salah satu manfaat ikan kembung yang paling populer.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap mengenai beberapa manfaat ikan kembung untuk kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja, walaupun ikan tersebut memang kalah pamor dengan ikan jenis lainnya tapi kandungan yang ada didalamnya cukup tinggi daripada ikan lainnya apalagi dalam bentuk harga juga sangat bersahabat.

Related Topics

Give a Comment