7 Manfaat Ayam Kalkun Yang Paling Dibutuhkan Manusia

Manfaat ayam kalkun sebagai sumber nutrisi yang baik memang jang diketahui apalagi jenis unggas ini memang lebih terkenal di Negara Barat khususnya Amerika Serikat, maka dengan perkembangan zaman ayam kalkun tiba di Indonesia sebagai ayam hias yang penggunaannya biasanya sebagai penghias halaman rumah.

Unggas asal Amerika Serikat ini dalam penggunaannya bisa dijadikan sebagai ternak penghasil daging, karena bobotnya mencapai sekitar 5-7 kg dan bahkan bisa lebih dari itu jika pemberian pakan dengan kandungan nutrisi yang seimbang mampu menghasilkan gizi terbaik untuk tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja.

Negara Indonesia sendiri penggunaan ayam kalkun sebagai konsumsi memang belum begitu populer, karena dipasaran juga yang menjualnya cukup jarang bahkan harganya juga cenderung lebih mahal yang tidak disangka manfaat ayam kalkun sebagai sumber nutrisi terbaik dan berikut penjelasan lebih dalamnya mari simak!

Manfaat Ayam Kalkun Untuk Manusia

Manfaat Ayam Kalkun

Daging ayam kalkun dikonsumsi 100 gram saja akan memiliki manfaat yang cukup bagus untuk tubuh, sehingga kebutuhan gizi untuk setiap harinya akan terpenuhi dan berikut manfaat ayam kalkun lainnya yaitu:

Menjaga Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam kalkun, karena memiliki kandungan mineral yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kandungan mineral yang cukup tinggi, selain itu juga memiliki kandungan Selenium yang menjadi salah satu antioksidan yang berperan penting dalam proses peningkatan kekebalan tubuh pada manusia yang menjadi salah satu manfaat daging ayam kalkun.

Mengatur Kadar Kolesterol

Daging ayam jenis ini memiliki keistimewaan yang dapat mengatur kadar kolesterol tapi tidak banyak orang yang mengetahuinya, karena ada beberapa yang beranggapan bahwa daging ayam kalkun mengandung kolesterol jahat.

Faktanya daging ayam kalkun yang dikonsumsi memiliki manfaat tersendiri dengan adanya kandungan kolesterol sekitar 109 mg, maka kandungan tersebut akan lebih besar dari pada kandungan kolesterol jahat tentunya akan lebih baik dikonsumsi tanpa kulit dan menjadi salah satu manfaat daging ayam kalkun.

Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Tubuh manusia setiap harinya membutuhkan salah satu jenis antioksidan yang akan berperan penting didalam tubuh adalah Selenium, sehingga dapat membantu dalam menjaga kesehatan kelenjar tiroid dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam kalkun.

Kelenjar tiroid sebagai tempat dalam memproduksi berbagai macam hormon-hormon penting untuk membantu dalam proses pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme tubuh.

Mencegah Anemia

Kandungan mineral ayam kalkun akan menjadi sumber mineral yang terbaik, maka dari itu kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam kalkun.

Unggas yang satu ini memang menjadi sumber mineral terbaik, selain itu juga mengandung zat besi yang mampu membantu tubuh dalam meningkatkan produksi sel darah merah yang menjadi pencegahan terjadinya anemia atau kekurangan darah adalah salah satu manfaat ayam kalkun loh.

Mencegah Stress

Keistimewaan dari kandungan ayam kalkun sendiri yang mengandung zat Tryptophan yang berfungsi untuk meningkatkan produksi serotonin didalam otak manusia dengan mengkonsumsi 100 gram saja dapat berperan baik didalam tubuh yang mampu menghilangkan stress.

Serotonin yang diproduksi didalam otak mampu memberikan efek tenang pada saraf manusia, sehingga hal tersebut dapat memperbaiki suasana hati hingga mampu menghilangkan stres yang menjadi salah satu manfaat daging ayam kalkun.

Meminimalkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin B 6 yang cukup penting dalam dalam menjaga kesehatan jantung, karena mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam kalkun akan mengandung 39 IU Vitamin A dan juga mengandung sekitar 199 mg kolin pada gizi daging ayam kalkun.

Kedua kandungan tersebut cukup efektif dalam mencegah terjadinya infeksi dan penyakit jantung, karena dengan mengkonsumsi nya 100 gram saja dapat menyumbang sekitar 10% dari jumlah total asupan Vitamin A harian dan sekitar 28% asupan kolin harian yang menjadi salah satu manfaat ayam kalkun.

Membantu Pembentukan Otot

Kandungan protein yang cukup pada daging ayam kalkun ini akan membantu dalam memaksimalkan pembentukan otot, maka protein tersebut berperan penting dalam proses menguatkan otot-otot tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam kalkun.

Daging ayam memang menjadi pilihan yang tepat untuk yang sedang melakukan pembentukan otot melalui gym, lalu pilihlah pada bagian dada dan juga paha yang memiliki jumlah protein 25-30 gram dalam setiap potong nya menjadi segudang manfaat ayam kalkun.

Kandungan Gizi Daging Ayam Kalkun

Kandungan Gizi Daging Ayam Kalkun

Ayam kalkun memiliki kandungan yang bisa dibilang 2 kali lipat dari jenis unggas lainnya, maka tidak salah jika ukurannya saja akan lebih besar ayam kalkun bisa memiliki bobot mencapai 10 kg per ekor dan berikut kandungan lainnya yaitu:

  • Energi = 382 kkal
  • Protein = 29,6 g
  • Lemak = 8,3 g
  • Sodium= 2285 mg
  • Karbohidrat = 3,1 g
  • Kalsium = 14 mg
  • Zat Besi = 1,1 mg
  • Vitamin B6 = 0,6 mg
  • Vitamin B12 = 1 µg
  • Vitamin D = 15 IU
  • Kolesterol = 98 mg
  • Fosfor = 459,9 mg
  • Selenium = 25,8 mcg
  • Niasin = 3,5 mg
  • Seng = 3 mg
  • Magnesium = 30 mg
  • Magnesium = 0,3 mkg
  • Vitamin A = 39 IU

Kandungan-kandungan diatas cukup baik bukan? Karena daging kalkun sendiri menjadi salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi, yaitu seperti sumber protein, vitamin dan sumber mineral yang cukup baik loh dengan berbagai manfaat ayam kalkun.

Ketahui Efek Samping Konsumsi Daging Ayam Kalkun!

Daging ayam kalkun sendiri mengandung kandungan Natrium yang tinggi dari berasal dari pengolahan nya yang kurang tepat, sehingga dalam penggunaannya harus benar-benar diperhatikan dan jangan pernah sesekali mengkonsumsi daging ayam kalkun secara berlebihan.

Pengolahan daging yang dapat mengandung Natrium biasanya ham kalkun atau daging kalkun yang diasap, sosis dan nugget yang akan ditambahkan pengawet atau penguat rasa serta pengolahan tersebut akan dibuat dengan natrium nitrit yang akan menghilangkan segudang manfaat ayam kalkun.

Kesimpulan

Itulah berbagai macam manfaat-manfaat yang akan didapatkan dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam kalkun salah satu nya mengandung Selenium yang tinggi akan menurunkan risiko kanker kolorektal, prostat, paru-paru, kandung kemih, kulit, esofagus, dan lambung.

kandungan gizi daging ayam kalkun diatas juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun dalam mengkonsumsi nya juga terlalu jangan berlebihan agar manfaat ayam kalkun diatas tetap diterima oleh tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Related Topics

Give a Comment