Ayam Kalkun, Salah Satu Ayam Terbesar Dan Enak

Ayam kalkun adalah salah satu unggas yang berasal dari Amerika Serikat dan penggunaannya biasanya dijadikan sebagai ternak penghasil daging, karena bobotnya mencapai sekitar 5-7 kg dan bahkan bisa lebih dari itu jika pemberian pakan dengan kandungan nutrisi yang seimbang.

Jenis unggas ini memang lebih terkenal di Negara Barat khususnya Amerika Serikat, karena biasanya warga Amerika mengkonsumsi ayam kalkun pada saat perayaan hari besar dan dengan perkembangan teknologi peternakan kalkun sudah masuk Negara Indonesia.

Beternak unggas yang satu ini memang lebih menguntungkan jika dilihat dari segi konsumsi, karena dalam pemeliharaannya juga hampir sama seperti unggas lainnya dan berikut penjelasan penting tentang unggas jenis ini mari simak!

Sejarah Ayam Kalkun

Sejarah Ayam Kalkun

Kalkun adalah unggas yang pertama kali ditemukan di Amerika dan terkenal di Eropa sebagai burung asa Afrika Numida Meleagris, maka dikenal juga sebagai Ayam Turki yang diimpor dari Eropa Tengah melalui Turki.

Nama kalkun dalam bahasa Inggris tetap disebut sebagai Turkey hingga saat ini, lalu jenis unggas ini masuk kedalam genus Meleagris yang artinya “unggas asal Guinea” dan itulah nama kalkun dari berbagai bahasa dunia.

Jenis unggas ini memang terkenal lebih agresif terhadap manusia dan hewan lainnya yang disekitar, karena memiliki jiwa kekuasaan yang begitu kuat dalam mendominasi atau menyerang sesuatu yang dianggap mengancam.

5 Jenis Ayam Kalkun Terpopuler

Jenis ayam kalkun

Jenis unggas dari genus Meleagris ini pemanfaatannya seperti hal nya ayam yang diambil bagian dagingnya, karena bobotnya juga bisa mencapai 7 kg per ekor dan berikut terdapat beberapa jenis kalkun yang populer yaitu:

Kalkun Hitam

kalkun hitam adalah jenis kalkun domestik yang dijinakkan dari kalkun liar Meksiko, nah tersebut dilansir dari lam Roy’s Farm yaitu telah ada sejak 1500 tahun lalu dan pemanfaatan nya juga sama seperti kalkun konsumsi lainnya.

Penggunaan kalkun jenis ini biasanya sering digunakan untuk perayaan Thanksgiving pertama di Negara Amerika, nah untuk bobot dari jantan sendiri bisa mencapai 10,4 kg dan untuk kalkun betina sekitar 6,3 kg yang telah dilansir dari laman The Livestock Conservancy.

Harga ayam kalkun ini memiliki harga yang cukup mahal kisaran 1 juta hingga 2 jutaan. Jika dimasak tentu enak, mungkin bisa untuk keluarga besar memakan unggas besar ini.

Sejarah Burung Merpati

Peluang Usaha Ayam Broiler

Kalkun Bourbon Merah

Jenis kalkun bourbon merah memiliki ciri khas yang begitu mencolok berkat bulu merahnya yang dapat menarik perhatian yang melihatnya, maka Trah tersebut berasal dari Bourbon County, Kentucky dan As yang pertama dibesarkan pada tahun 1800-an lalu.

Daging pada kalkun jenis ini sangat populer dengan rasa daging yang lebih lezat, karena hal tersebut menurut laman Roy’s Farm pada saat dewasa jantan akan memiliki berat sekitar 9,9 kg dan betina sekitar 6,3 kg.

Harga ayam kalkun bourbon merah untuk umur 1 bulan sekitar 300ribu. Ini memang hewan yang cukup mahal untuk dewasa sekitar 1jutaan.

Kalkun Midget Putih

Kalkun midget putih yaitu jenis yang bisa dibilang baru yang dikembangkan pada tahun 1960-an, karena peneiti dari University Of Massachusetts yang bernama Dr. J. Robert Smyth yang mengembangkannya.

Perkembangan kalkun jenis ini telah dikutip dari laman Roy’s Farm yang menyatakan bahwa unggas kalkun jenis ini berasa dari persilangan Broad Breasted White dan Roya Palm.

Hasil persilangan dari kedua jenis kalkun tersebut menghasilkan kalkun dengan ukuran yang lebih kecil, namun rasa pada dagingnya dikenal enak dan untuk kalkun jantan bobotnya bisa mencapai 5,9 kg serta untuk betina sekitar 3,6-4,5 kg.

Kalkun Narragansett

Jenis ayam kalkun yang satu ini memiliki bulu dengan perpaduan warna hitam, abu, putih dan jenis ini juga cukup menarik perhatian untuk digunakan sebagai ayam kalkuk hias dengan temperamen nya yang luar biasa serta insting keibuan yang baik.

Kalkun jenis ini bisa sebagai penghasil telur serta daging yang baik loh dengan keunikan yang suka bertengger dipohon saat malam hari, lalu bobot yang dimiliki jantan sekitar 9,9-12,7 kg dan betina sekitar 5,4-7,2 kg.

Kalkun Blue Slate

Ciri yang paling utama dimiliki kalkun blue slate yaitu bulu yang berwarna abu-abu muda, selain itu jenis kalkun ini memiliki julukan lain adalah kalkun lavender menurut laman Successful Farming yang pertama kali perkembangbiakannya terjadi di Meksiko sekitar 2000 tahun yang lalu.

Jenis ayam kalkun yang bisa hidup selama 5-9 tahun jika penggunaannya sebagai hewan peliharaan tapi penggunaannya juga sebagai unggas konsumsi, karena memiliki bobot mencapai 10,4 kg untuk jantan dan betina sekitar 6,3 kg.

Harga Ayam Kalkun

Harga ayam kalkun

Kalkun adalah jenis unggas yang memiliki beberapa fungsi yang biasanya sebagai unggas konsumsi ataupun unggas hias, maka pada harga nya juga akan berbeda tergantung jenis, umur dan penggunaannya yaitu :

Jenis dan Usia Harga
Kalkun (Anakan)Rp50.000 – Rp100.000 per ekor
Kalkun Bronze (Anakan)Rp130.000 per ekor
Kalkun Golden Palm (Anakan)Rp149.000 per ekor
Kalkun Hitam Molet (Anakan)Rp176.460 per ekor
Kalkun Blue Slate (Anakan)Rp200.000 per ekor
Kalkun Bronze (Dewasa)Rp350.000 per ekor
Kalkun Golden Palm Betina (Dewasa)Rp400.000 per ekor
Kalkun Putih Betina (Dewasa)Rp500.000 per ekor
Kalkun Putih Jantan (Dewasa)Rp550.000 per ekor
Kalkun Royal Palm Betina (Dewasa)Rp575.000 per ekor
Kalkun (Dewasa)Rp750.000 per ekor
Kalkun Self-Buff Betina (Dewasa)Rp950.000 per ekor
Kalkun Self-Buff Jantan (Dewasa)Rp1.000.000 per ekor
Kalkun Bourbon Red Betina (Dewasa)Rp1.500.000 per ekor
Kalkun Black Spanish Betina (Dewasa)Rp1.800.000 per ekor
Kalkun Black Spanish Jantan (Dewasa)Rp1.900.000 per ekor

Telur Ayam Kalkun

Telur Ayam Kalkun

Telur ayam kalkun menyimpan manfaat yang cukup banyak dengan kandungan nutrisi yang melebihi kadar pada telur unggas lainnya, lalu juga memiliki tekstur telur dengan kelembutan yang lebih baik serta juga memiliki ukuran yang lebih besar.

Jenis telur yang cukup langka secara ekonomis telur ayam kalkun akan lebih menguntungkan jika ditetaskan, namun penggunaan telur jenis ini untuk konsumsi akan jauh lebih baik dalam pertumbuhan anak-anak hingga pasien dalam penyembuhan dan kelebihan lainnya yaitu:

  • Rendah lemak serta non kolesterol
  • Memiliki nutrisi penting seperti vitamin, omega 6, omega 9 yang sangat berguna untuk vitalitas dan kecerdasan otak.
  • Rasa telur yang lebih gurih dari pada telur unggas lainnya
  • Kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dalam menjaga stamina

Kesimpulan

Itulah informasi yang lebih dalam tentang ayam kalkun mulai dari sejarah hingga kandungan telur yang lebih baik, maka keuntungan dari ternak ayam kalkun memang cukup menggiurkan bisa sebagai unggas pedaging ataupun petelur.

Produksi telur ayam kalkun memang terbaik yang mampu memproduksi telur dalam setahun sekitar 100 butir untuk setiap ekornya, nah selain itu juga kandungan pada telur ayam kalkun sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh loh dan untuk harga ayam kalkun setiap Negara akan berbeda tergantung pada jenis serta umur.

Related Topics

Give a Comment