Burung Merpati, Salah Satu Hewan Peliharaan Lomba

Jenis burung yang ini adalah salah satu burung yang paling mudah ditemukan khususnya di Indonesia, karena cukup banyak orang yang memeliharanya dan dianggap sebagai simbol kesetiaan yaitu jenis burung merpati.

Penggunaan burung jenis ini biasanya untuk dilepaskan pada saat acara pernikahan, karena mitos zaman dahulu bahwa salah satu burung jenis ini yang sering digunakan sebagai pengantar pesan yang berupa surat cinta kepada kekasihnya.

Namun dibalik mitos tersebut memiliki fakta dari berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia penggunaan burung merpati yang sudah cukup lama digunakan untuk bahan aduan seperti adu kecepatan spesies burung dan berikut penjelasan lebih dalam tentang burung jenis ini. Mari simak!

Ciri-ciri Burung Merpati Berkualitas Tinggi

Burung Merpati Berkualitas

Ciri-ciri dari burung merpati yang memiliki kualitas bagus memang harus diketahui, karena jika burung jenis ini yang berkualitas akan memiliki harga tinggi loh dan berikut ciri-ciri yang harus dikenali yaitu:

Kepala Berpatok

Burung yang berkualitas pada jenis burung ini bisa dilihat dari kepalanya yang berbatok, maka hal tersebut akan menjadi keunikan tersendiri yang menjadi salah satu patokan dalam menentukan kualitas pada si burung.

Ciri-ciri tersebut memang cukup mudah tapi untuk menentukan kualitasnya yang baik atau tidaknya, yaitu bisa melihat dan memperhatikan tingkat kemiringan batok kepala depan serta juga batok kepala belakang.

Memiliki Paruh Kecil

Paruh pada burung jenis ini yang memiliki kualitas bisa dilihat dari paruh yang terletak di kepalanya, karena ciri ini sering digunakan para pecinta burung merpati dan akan terlihat sangat berbeda dari biasanya.

Ukuran paruh merpati bisa dijadikan sebagai salah satu pengukur kualitasnya yang memiliki ciri mulai dari bentuk paruh yang semakin merincing, selain itu juga paruh nya akan cenderung lebih kecil tapi pada ujungnya akan terlihat lancip.

Dilihat dari Matanya

Burung yang berkualitas tinggi akan terlihat dari bentuk matanya yang bundar, selain itu juga akan memiliki dua warna yang berbeda dan perbedaan tersebut akan terletak dibagian warna pupil dengan kornea matanya.

Memiliki beberapa paduan warna yang cukup cantik menarik perhatian orang yang melihatnya seperti warna kuning tua dengan kuning muda, merah tua dengan hijau tua, merah muda dengan putih dan hitam dengan kuning.

Dilihat dari sayapnya

Burung jenis ini memang memiliki sayap yang bisa dibilang cukup besar yang sebanding dengan ukuran tubuhnya, selain itu juga sayap pada merpati akan dihiasi dengan bulu-bulu yang cukup tebal dan juga memiliki sayap yang relatif panjang.

Bentuk sayap yang relatif panjang dengan bulu yang tebal akan disesuaikan dengan bentuk badan pada si burung, karena hal tersebut berfungsi sebagai pendukung saat terbang hingga menimbulkan rasa nyaman.

Manfaat Burung Merpati Untuk Kehidupan

Manfaat Burung Merpati

Burung yang dipelihara oleh berbagai kalangan yang memiliki keistimewaan yang sering dijadikan sebagai hewan hias peliharaan, mengikuti kontes adu balap, keperluan komunikasi untuk mengirim surat dan manfaat lainnya yaitu:

Hewan Peliharaan

Jenis burung yang tergolong mudah dalam perawatan nya maka tidak salah jika banyak orang memeliharanya, karena penggunaannya cukup beragam selain untuk bisnis bisa juga sebagai burung hias yang memiliki bentuk fisik yang unik khususnya jenis Fancy Pigeon.

Pemeliharaan pada burung jenis ini juga bisa dibilang cukup mudah, karena biasanya banyak yang memelihara dengan menggunakan dua sistem pemeliharaan yaitu yang dibiarkan bebas dikandang terbuka atau dibiarkan berada didalam kandang.

Sebagai Pos Pengantar Surat

Pemanfaatan ini sudah terjadi sejak dari 1.500-an tahun lalu yang dimanfaatkan manusia sebagai sarana komunikasi, karena di era modern seperti masa perang pun dikenal dengan sebutan merpati pos atau Homing Pigeon.

Cukup membingungkan bukan? Tapi hal tersebut benar terjadi loh dan menurut lama Britannica, mengatakan bahwa merpati pos memiliki sekelompok Neuron yang membantu burung dalam proses perubahan arah, intensitas dan polaritas medan magnet disekitarnya.

Bisa Sebagai Ajang Lomba Burung Merpati

Jenis burung yang memiliki daya jelajah cukup jauh dan kecerdasan dalam menentukan arah tujuan, selain itu juga memiliki kecepatan terbang yang tinggi membuat burung merpati banyak diikutsertakan dalam kontes adu kecepatan spesies burung.

Para penggemar burung merpati balap yang biasanya rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar, karena burung yang menjadi peringkat teratas sebagai burung termahal didunia yang mampu tembus harga hingga 20 miliaran rupiah.

Pemilik burung yang memiliki harga selangkit itu yaitu Armando yang mampu memegang rekor, maka peternak asal Belgia ini yang sukses menjual burung merpatinya pada bulan Maret tahun 2019 yang dibeli oleh pecinta burung asal Tiongkok.

Manfaat Burung Merpati

Kandungan burung jenis ini memang cukup banyak yang sebagai bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, selain itu kandungan protein didalam dagingnya yang berperan penting dalam membantu tubuh untuk memperbaiki serta mengganti sel yang rusak.

Kandungan daging burung jenis ini menurut U.S Department of Agriculture (USDA) yang dalam 100 gram saja mengkonsumsi daging burung jenis ini akan mengandung nutrisi 17,5 gram protein, 142 kalori, 7,5 gram lemak, 13 mg kalsium, dan 4,51 mg zat besi.

Memiliki Telur yang Kaya Khasiat

Telur burung jenis ini ternyata masuk kedalam telur yang kaya khasiat jika dikonsumsi oleh manusia, sehingga dilansir melalui lama Michelin Guide mengatakan bahwa burung jenis ini dikenal sebagai salah satu bahan makanan mahal yang disajikan untuk kalangan Bangsawan.

Dinasti Qing adalah sebuah buku yang berisi tentang makanan dan kesehatan menjelaskan, bahwa manfaat teur burung merpati mampu memberikan efek ketenangan, mengeluarkan racun tubuh dan khasiat lainnya.

Telur burung jenis ini memiliki kandungan yang cukup banyak dan dilansir dari laman Nutritionix dengan empat buah yang dikonsumsi saja (29 gram) terdapat 160 kalori, 9 gram lemak, 2 gram protein, 5mg kolesterol, 20 mg sodium dan 100 mg potasium.

Kesimpulan

Burung merpati atau biasa disebut dengan burung dara ini yang sering dijadikan sebagai simbol perayaan, selain itu juga kepekaan yang cukup tinggi pada burung jenis ini dalam menentukan arah tujuan yang digunakan sebagai pengantar surat sejak 1.500-an tahun lalu.

Manfaat burung merpati selain sebagai pengantar surat, terdapat manfaat lainnya khususnya di Indonesia yang penggunaannya untuk aduan dalam kecepatan spesies burung yang mampu menembus harga hingga 20 miliar loh.

Related Topics

Give a Comment