Umpan Ikan Nila Terbaik Dengan Racikan Yang Ampuh

Umpan ikan nila kini cukup banyak ragamnya dan jenisnya yang mulai dari jenis umpan yang dibuat sendiri hingga umpan yang dikeluarkan oleh pabrikan, maka dalam hal memancing ikan jenis ini juga diperlukan pengetahuan tentang tingkah laku dan juga habitatnya agar hasil memancing dapat diperoleh secara maksimal.

Memancing sendiri merupakan salah satu hobi yang banyak digemari orang Indonesia, karena banyaknya ragam ikan yang hidup di perairan indonesia baik itu di laut ataupun di perairan tawar dan salah satu ikan yang menjadi kesukaan untuk dipancing adalah ikan nila walaupun jenis ikan ini kadang menjadi hama.

Umpan yang sering digunakan para pemancing biasanya dibedakan oleh beberapa faktor, sehingga penggunaan jenis umpan juga akan berbeda yang dipengaruhi oleh cuaca yang kadang tidak menentu hingga suhu air menjadi lebih sedang serta lokasi tersebut dan untuk menjadi jalan utama para pemancing maka simak penjelasan berikut tentang beberapa jenis umpan ikan nila!

Jenis Umpan Ikan Nila Di Empang

Nah seperti dipenjelasan sebelumnya umpan akan dibedakan tergantung pada habitat hidupnya, maka jenis umpan ikan nila yang satu ini cukup umum yang hidup dihabitat para pembudidaya, khususnya di Kota Karawang yang lebih tepatnya di Kecamatan tempuran yang banyaknya para pembudidaya yang membudidayan ikan jenis ini menggunakan media empang dan berikut racikan umpan yang sering digunakan dan bernilai gratisan loh yaitu:

Bahan-bahan:

  • Vanili bubuk (secukupnya)
  • Lumut

Cara Meraciknya:

  • Masukkan kedua bahan tersebut kedalam satu wadah, kemudian campurkan hingga keduanya benar-benar tercampur merata.
  • Nah, setelah bahan-bahan tersebut menjadi adonan maka bentuklah menjadi bulatan kecil dan umpan tersebut sudah siap digunakan.

Jenis Umpan Ikan Nila Tambak

Nila adalah salah satu jenis ikan yang memang banyak dibudidayakan diberbagai media budidaya dan salah satunya tambak seperti halnya ikan mujair, nah untuk yang berencana memancing nila di tambak yang memiliki resep tersendiri yaitu:

Bahan-bahan:

  • 500 gram pelet ikan
  • 1 butir kuning telur (ayam)
  • 4 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • Kroto
  • Air (secukupnya)

Cara Meraciknya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan pelet yang sudah disiapkan kedalam satu wadah, nah gunakan wadah yang berukuran sedang.
  • Lalu tuangkan sedikit demi sedikit air kedalam wadah tersebut, kemudian remas hingga tekstur pelet menjadi kenyal untuk dicampurkan kedalam bahan-bahan lain.
  • Nah masukan kuning telur, kroto, garam dan gula aduk sampai semuanya tercampur rata atau hingga adonan tersebut kalis serta bentuk menjadi bulatan kecil sebesar kail pancing.

Jenis Umpan Ikan Nila Liar

Jenis Umpan Ikan Nila Liar

Nah jenis umpan ikan nila yang terakhir ini bisa digunakan untuk ikan berhabitat liar ini, karena agar para pemburu bisa mendapatkan hasil yang maksimal biasanya akan menyoba beberapa jenis umpan untuk menarik perhatiannya dan berikut racikannya yaitu:

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus kinoy kristal
  • Essen nangka
  • Pelet
  • 1 kaleng deho kecil
  • Air panas

Cara Meraciknya :

  • Pertama masukkan terlebih dahulu daging deho ke dalam plastik, kemudian campurkan kinoy.
  • Setelah kinoy, masukkan juga pelet ke dalam plastik tersebut dan aduk hingga membentuk sebuah adonan.
  • nah jika adonan tersebut terlalu kental, maka tambahkan sedikit air panas atau sesuaikan seperti yang diinginkan.
  • Selain itu, tambahkan juga 3 hingga 4 tetes Essen nangka dan adonan sudah siap digunakan sebagai umpan ikan nila liar.

Kenai, Jenis-jenis Pakan Ikan Nila Protein Tinggi

Jens pakan yang satu ini memiliki nilai protein yang tinggi, sehingga penggunaan jenis pakan ini mampu meningkatkan bobot ikan nilai dalam waktu yang singkat dan untuk para pembudidaya pemula harus mengetahui jenis-jenisnya dan jika tidak mari simak penjelasan berikut antara lain:

Tumbuhan Azolla

Tumbuhan Azolla

Azolla merupakan salah satu tumbuhan paku air yang banyak tumbuh dan tersebar di sawah dan tumbuhan ini berasal dari suku Azzollaceae yang hidup mengapung di atas air., karena mengandung nutrisi serta kandungan protein yang cukup baik hingga mencapai 33% hingga dapat membantu para pembudidaya dalam meningkatkan pertumbuhan ikan nila.

Baca Juga

Umpan Ikan Mujair Alami, Buatan & Cara Meraciknya

Cara Mudah Membuat Umpan Ikan Gurame Bagi Pemula

Cara Mudah Membuat Umpan Ikan Lele Bagi Pemula

Nah untuk pemberian pakannya dengan azolla ini, maka pembudidaya harus terlebih dahulu memotong kecil-kecil dan langsung menempatkan azolla tersebut kedalam kolam yang memiliki keunggulang yang membuat ikan nila cepat besar dan azolla juga memiliki harga sangat murah bahkan gratis.

Cacing Sutra

Cacing Sutra

Cacing sutera juga memiliki kadar protein tinggi hingga 40-57%, lemak 10-13% dan serat 2.04%, sehingga menjadi salah satu pakan ikan nila supaya cepat besar bahkan sering juga dijadikan sebagai pakan andalan bagi para peternak ikan hingga menjadi salah satu bahan dalam racikan umpan ikan nila loh.

Karena jenis pakan dari hewani ini memang diyakini dapat mempercepat pertumbuhan ikan, maka peternak bisa mendapatkannya dengan mencarinya sendiri di parit atau membelinya pada penjual tapi tetap memiliki harga murah.

Ampas Kelapa

Ampas kelapa juga bisa digunakan menjadi salah satu pakan ikan nila agar memiliki masa pertumbuhan yang lebih singkat, selain harganya yang murah dan mudah didapatkan menjadi salah satu makanan alternatif yang banyak mengandung karbohidrat dan protein yang baik untuk pertumbuhannya.

Maggot

Nah jenis pakan yang satu ini merupakan larva yang berasa dari lalat Black Soldier Fly yang mempunyai nilai protein sangat tinggi yaitu sekitar 45%, sehingga larva ini sangat digemari oleh berbagai jenis ikan dan juga sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhannya hingga membuatnya bisa sebagai umpan ikan nila.

Bekicot

Bekicot adalah salah satu bahan umpan ikan nilayang secara alternatif bisa digunakan sebagai pakan yang memiliki kandungan protein cukup lengkap, maka penggunaan bekicot mampu berperan baik bagi kesehatan tubuh ikan serta juga dapat membantu dalam pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan peternak dapat menghemat biaya pakan.

Peternak memang sangat memuji kehadiran bekicot, karena fungsi gizinya yang hampir sama seperti keong emas hingga dapat menguntungkan bagi para pelaku budidaya dan peternak juga seharusnya memiliki kerjasama yang baik untuk memberantas hama atau predator yang sangat menguntungkan.

Jenis Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar

Nila merupakan salah satu jenis ikan budidaya yang menguntungkan sangat menguntungkan bagi pembudidaya, karena ikan tersebut memiliki harga jual tinggi dan berikut jenis pakan yang sering digunakan para pembudidaya agar ikan nila cepat besar antara lain:

Daun Talas

Daun talas merupakan salah satu makanan ikan nila supaya cepat besar yang pertama, karena penggunaan daun talas tidak hanya membuat ikan tumbuh lebih besar tapi juga dapat menghemat pengeluaran dan bahkan jenis pakan yang satu ini juga berguna agar ikan tidak akan ketergantungan dengan pakan buatan seperti pelet.

Kangkung

Selain daun talas, kangkung juga bisa dijadikan salah satu pakan ikan nila agar cepat besar, karena memiiki kandungan yang tak kalah berkualitas untuk ikan air tawar ini dan untuk tatacara pemberiannya dengan cara dipotong kecil terlebih dahulu atau kadang para pembudidaya membiarkan kangkung tumbuh sendiri di kolam agar ikan dapat memakanya kapan saja.

Dedak

Dedak Padi

Dedak juga bisa menjadi pakan utama ikan nila agar cepat besar apalagi ukuran pakan ini yang kecil, sehingga sesuai dengan ukuran mulut ikan nila kecil yang banyak dipilih sebagai pakan alternatif dengan kandungan karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan nila serta juga harga jenis pakan ini juga murah dan mudah didapatkan bisa juga dijadikan sebagai umpan ikan nila.

Pelet

Selain dedak, pelet juga menjadi salah satu pakan yang alami untuk mendukung pertumbuhan ikan air tawar ini yang memiliki jenis cukup banyak pada pelet ikan jenis ini mulai dari pelet ikan anakan hingga pelet ikan indukan dan setiap merek serta ukuran akan menentukan harganya yang semakin baik kualitasnya maka akan membuat harganya semakin mahal.

Ukuran pelet juga cukup beragam yang bisa diberikan untuk segala umur dan tentunya ukuran pada pelet dapat disesuaikan dengan umur ikan, maka untuk ikan yang masih berupa benih bisa memberikan pelet yang masih berbentuk tepung atau crumble (butiran kecil seperti pasir) hingga harga pakan yang satu ini cukup beragam tergantung pada merk.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang umpan ikan nila yang dibedakan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah habitat hidupnya, selain itu juga penjelasan diatas juga membahas tentang jenis pakan yang sering digunakan para pembudidaya untuk menaikkan bobot pada ikan nila agar cepat besar.

Tinggalkan komentar