Cara Mudah Membuat Umpan Ikan Lele Bagi Pemula

Umpan ikan lele memang cukup banyak yang biasa dilakukan para pemancing khususnya untuk menaklukkan ikan jenis ini, karena lele masuk ke dalam hewan karnivora yang kadang pemakan daging dan juga memangsa hewan lainnya bahkan sejenisnya hingga membuat umpan ikan jenis ini bisa dibilang cukup mudah apalagi untuk bisnis budidaya jenis makanan yang akan membuat ikan lele berkembang cepat.

Lele merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia khususnya, karena biasanya bisnis ini dilakukan untuk memasok kebutuhan makanan masyarakat yang bisa juga dijual dipasar bahkan bisa juga untuk memasok langsung usaha kuliner yang menyajikan berbagai macam pengolahan ikan air tawar yang satu ini.

Selain dibudidayakan untuk memasok kuliner, ikan lele juga biasanya dibudiayakan untuk usaha pemancingan yang memiliki peminat cukup banyak apalagi memancing adalah suatu kegiatan yang dapat menenang hati seseorang yang sedang gelisah dan perhatian peratama dari memancing adalah jenis umpan yang digunakan agar dapat menaklukkan ikan berkumis ini serta untuk mengetahuinya lebih dalam. Mari simak penjelasan berikut!

5 Jenis Racikan Umpan Ikan Lele

Jenis Racikan Umpan Ikan Lele

Jenis umpan yang akan digunakan biasanya akan berbeda apalagi lele adalah salah satu ikan yang akan mencari makan pada malam hari, karena pada siang hari jenis ikan ini akan terdiam di sarang-sarang mereka tapi kadang juga tidak menentu jika merasa kelaparan mereka juga akan aktif pada siang hari untuk mencari makan dan jika dilihat dari faktor tersebut dalam memancing ikan jenis ini tidak berfokus pada jam tertentu saja.

Mengenal Jenis Ikan Lele Albino & Harga Di Indonesia

Manfaat Ikan Kembung Mampu Mencegah Stroke & Harga Murah

Selain itu juga akan dipengaruhi oleh cuaca yang kadang ikan lele sendiri lebih menyukai cuaca yang teduh, tenang, gelap dan adanya semak-semak dengan suhu air menjadi lebih sedang serta lokasi tersebut bisa menjadi jalan utama para pemancing dengan umpan ikan lele yang akan digunakan seperti penjelasan berikut yaitu:

Racikan 1

Racikan pertama yang bisa digunakan sebagai umpan ikan lele paling jitu dengan bahan-bahan yang dibilang sederhana, yaitu:

Bahan-bahan:

  • 1 sdm mentega
  • 2 ons daging sapi

Cara Meraciknya:

  • Langkah pertama bisa menghaluskan terlebih dahulu daging sapi menggunakan blender hingga benar-benar halus, kemudian masukkan ke dalam satu wadah.
  • Setelah itu campurkan dengan 1 sendok makan mentega, lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga benar-benar merata.
  • Bulatkan adonan tersebut yang harus disesuaikan dengan ukuran mata kail pancing yang akan digunakan, nah umpan siap digunakan.

Racikan 2

Racikan selanjutnya adalah jenis umpan yang akan digunakan untuk ikan lele harian, nah untuk yang masih penasaran jenis umpannya antara lain:

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur bebek (kuningnya saja)
  • Cacing tanah (secukupnya)

Cara Meraciknya:

  • Siapkan suatu wadah yang berisi cacing tanah serta juga kuning telur bebek, kemudian campur kedua bahan tersebut hingga benar-benar rata.
  • Setelah tercampur, diamkan terlebih dahulu selama 2 hingga 3 jam agar aroma yang dimiliki telur melekat pada cacing tanah dan umpan ikan lele siap digunakan.

Racikan 3

Racikan ketiga ini memang sedikit berbeda bahkan lebih beragam bahan-bahan yang akan dijadikan sebagai umpan, karena penggunaan umpan yang satu ini khusus untuk jenis lele dumbo yaitu:

Bahan-bahan:

  • Cacing sutra (secukupnya)
  • 1/2 bubuk bawang
  • 1 butir telur bebek
  • 1/2 sdm vanili
  • Pelet udang

Cara Meraciknya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan cacing sutra kedalam suatu wadah dan kemudian masukkan telur bebek, vanili, bubuk bawang serta pelet udang.
  • Campurkan semua bahan tersebut hingga benar-benar merata, nah jika sudah tercampur merata adonan tersebut bentuklah dengan menyesuaikan ukuran kail dan umpan ikan lele siap digunakan.

Racikan 4

Racikan keempat untuk jenis umpan ini penggunaannya dikhususkan untuk lele Master, karena penggunaannya sudah terbukti mampu menaklukkan ikan lele master yaitu:

Bahan-bahan:

  • Pelet 48
  • Daging ayam (bagian sayap)
  • Terasi udang

Cara Meraciknya:

  • Pertama rebus terlebih dahulu daging ayam bagian sayap hingga matang, setelah itu blender daging tersebut hingga halus.
  • Setelah halus, tambahkan pelet 48 serta juga terasi udang menjadi satu adonan dan aduk hingga semuanya benar-benar tercampur.
  • Semua bahan sudah tercampur, maka umpan ikan lele sudah siap digunakan.

Racikan 5

Umpan racikan terakhir ini biasanya banyak digunakan untuk menaklukkan ikan lele pada siang hari dan juga sudah terbukti jitu, nah cukup penasaran bukan? Berikut bahan-bahan yang akan digunakan yaitu:

Bahan-bahan:

  • Pelet udang
  • 1 butir telur bebek
  • Essen aquatic
  • 1/2 sdm vanili
  • 1/2 sdm bawang putih
  • Cacing sutera

Cara meraciknya:

  • Masukan semua bahan ke dalam satu wadah akan menjadi langkah pertama, kemudian tambahan essen secukupnya.
  • Setelah itu campurkan semua bahan hingga menjadi adonan dengan tekstur kenyal, kemudian bentuklah adonan menjadi kecil-kecil.
  • Setelah dibentuk, maka sesuaikan dengan mata pancing yang akan digunakan.

Jenis Alternatif Makanan Ikan Lele

Jenis Alternatif Makanan Ikan Lele

Jenis pakan ini banyak digunakan para pembudidaya yang mampu menghemat biaya pakan pada umumnya, karena jenis pakan yang satu ini adalah berbagai macam pakan alternatif yang bisa diberikan pada ikan lele dan para pembudidaya memang dituntut untuk mengetahui jenis pakan alternatif tersebut yaitu:

Tanaman atau Dedaunan

Tanaman atau dedaunan ini bisa menjadi pakan alternatif yang memiliki nutrisi cukup baik bagi ikan lele, nah salah satunya adalah tanaman Azzola yang merupakan jenis tumbuhan paku air yang sangat dibutuhkan dan bisa menjadi umpan ikan lele yang biasanya mudah ditemukan pada saluran irigasi yang berada di area pinggir kolam hingga membuat tanah menjadi lembab.

Tumbuhan paku yang banyak dicari oleh para peternak ikan yang khusus untuk ikan lele sebagai alternatif pakan tambahan yang murah, selain itu juga intensitas perburuan azzola untuk pakan ikan lele yang ternyata di dalamnya mengandung banyak protein yang sangat tinggi sekitar 25 hingga 35% hingga dengan memberikan jenis tanaman ini saja dapat memenuhi kebutuhan proteinnya.

Bekicot

Bekicot adalah salah satu bahan umpan ikan lele yang secara alternatif bisa digunakan sebagai pakan yang memiliki kandungan protein cukup lengkap, maka penggunaan bekicot mampu berperan baik bagi kesehatan tubuh ikan lele serta juga dapat membantu dalam pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan peternak dapat menghemat biaya pakan.

Peternak ikan lele memang sangat memuji kehadiran bekicot, karena fungsi gizinya yang hampir sama seperti keong emas hingga dapat menguntungkan bagi para pelaku budidaya dan peternak juga seharusnya memiliki kerjasama yang baik untuk memberantas hama atau predator yang sangat menguntungkan.

Unggas

Unggas yang biasa digunakan sebagai bahan pakan alternatif untuk ikan lele adalah ayam, nah biasanya penggunaan ayam sebagai pakan biasanya dipasok dari peternakan ayam yang mati pada setiap harinya dan limbah ayam tersebut bisa digunakan sebagai pakan tapi dalam penggunaannya harus diperhatikan agar dapat menghindari wabah penyakit pada ikan.

Ayam yang akan dijadikan pakan alangkah baiknya direbus dan dibersihkan terlebih dahulu, karena proses perebusan tersebut bertujuan untuk menghilangkan bau serta juga agar membunuh bibit penyakit yang melekat pada ayam dan setelah proses tersebut ayam sudah bisa diberikan sebagai pakan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan diatas mengenai berbagai macam jenis umpan ikan lele racikan yang sudah terbukti dan dijamin paling jitu, nah penggunaan umpan diatas harus benar-benar diperhatikan khususnya pada setiap jenis ikan lele akan berbeda salah satunya pada umpan ikan lele dumbo dan lele master.

Selain umpan, penjelasan diatas juga berisi tentang jenis-jenis makanan ikan lele yang biasa digunakan sebagai pakan alternatif tapi kandungan gizi dari bahan pakan diatas sudah tidak diragukan lagi yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele.

Related Topics

Give a Comment