Mengenal Jenis Ikan Lele Albino & Harga Di Indonesia

Ikan lele albino adalah salah satu jenis ikan yang memiliki tampilan sangat menarik untuk hiasan pada aquarium ataupun di dalam kolam yang ada dirumah, karena ikan jenis ini memiliki kekuatan hidupnya cukup kuat bahkan bisa bertahan hidup tanpa bantuan aerator hingga sangat cocok untuk dipelihara di aquarium sebagai penghias ruangan.

Kenapa lele albino sangat populer? Karena memiliki tampian fisik yang sangat menarik perhatian, dengan warna putih diseluruh tubuhnya dan perkembangan ikan hias di Indonesia sendiri cukup pesat, karena Negara tropis yang memiliki potensi perikanan cukup besar didukung dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap ikan hias ini.

Tampilannya memang tidak jauh berbeda dengan jenis lele hitam pada umumnya yang memiliki empat pasang kumis dengan badannya memanjang, nah penggunaan ikan lele albino ini biasanya dijadikan sebagai ikan hias dengan warna putih diseluruh tubuhnya dan perpaduan matanya yang berwarna merah. Bagaimana cukup penasaran bukan? Mari simak pembahasan berikut!

Karakteristiknya Lele Albino

Lele albino apakah pernah mendengarnya? Jika tidak, jangan khawatir ada ciri yang bisa diketahui seperti hal namanya untuk jenis ikan lele yang satu ini memiliki tubuh dengan warna putih pada seluruh bagian tubuhnya dan pada tampilannya sama seperti ikan lele pada umumnya dengan empat pasang kumis serta badannya yang memanjang dan juga licin.

Banyak Gizi & Manfaat Ikan Lele Yang Baik Bagi Tubuh

Ternak Bebek Hibrida, Bisnis Yang Sangat Untung

Nah untuk jenis albino ini biasanya tidak dijadikan sebagai lele konsumsi tapi dijadikan sebagai salah satu ikan hias yang paling populer, dengan warna putih bersih atau bahkan ada juga yang memiliki warna belang perpaduan dengan matanya berwarna merah dan pada umumnya ikan jenis ini berasal dari Negara luar Sri Lanka hingga Malaysia serta berikut penjelasan lebih dalamnya yaitu:

3 Jenis Ikan Lele Albino

Jenis ikan albino ini memang tidak begitu banyak dan hanya ada beberapa jenis yang sangat populer apalagi ditemukan didalam jajaran ikan hias, nah untuk mengenal lebih dalam tentang jenis-jenis Lele albino atau banyak yang menyebutnya lele bule ini yaitu:

Ikan Lele Albino Belang

Ikan Lele Albino Belang

Jenis lele albino yang satu ini memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya dan sebenarnya untuk kategori Catfish ini memiliki corak yang beragam, sehingga untuk corak ditubuhnya juga berbeda-beda apalagi untuk versi belang ini dengan badan yang memanjang jika dilihat sekilas nampak unik dari perpaduan antara warna putih dan bercak hitam diseluruh tubuhnya.

Warna belang tersebut sangat beragam yang membuatnya tidak ada perbedaan mencolok dari lele albino yang satu ini, karena jenis belang juga masih memiliki empat pasang kumis dan tubuhnya juga memanjang persis seperti halnya torpedo serta untuk bagian kepalanya juga berwarna putih yang banyak dijadikan sebagai ikan hias untuk memberikan kesan unik didalam aquarium.

Pada umumnya juga memang memiliki ukuran kecil dan biasanya bentuk harga juga tidak begitu mahal hingga bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 5000 saja, maka jika tertarik untuk membudidayakan nya untuk jenis ini tidak akan mengeluarkan budget besar serta kepopuleran yang dimilikinya membuat jenis ini bisa dijadikan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan loh.

Ikan Lele Albino Tompel

Ikan Lele Albino Tompel

Ikan lele albino yang kedua ini memang pada umumnya masuk kedalam salah satu jenis ikan hias dalam bentuk harganya juga tidak akan jauh berbeda dengan versi sebelumnya, karena untuk jenis ini bisa dibilang lebih murah dengan harga sekitar Rp 3000 saja mampu mendapatkan satu ekor lele abino tompel membuatnya sangat recomended.

Harga juga biasanya akan dibedakan tergantung pada corak yang dimilikinya jika corak tersebut lebih unik maka harga juga akan sedikit berbeda pada umumnya, karena corak sendiri yang biasanya menjadi nilai seni tersendiri pada lele albino jenis ini hingga dapat membuat harga jual lebih tinggi.

Ikan Lele Albino Dumbo

Jenis ikan lele albino yang terakhir ini paling banyak dibudidayakan dengan nama Dumbo ini tentunya akan diselaraskan dengan sesuatu yang besar salah satunya ikan lele satu ini, sehingga dengan nama tersebut dapat disimpulkan bahwa ikan lele jenis ini memiliki tubuh yang jumbo hingga membuatnya sangat berbeda dengan jenis lele lainnya.

Pada umumnya ikan lele albino dumbo ini berasal dari Afrika yang dikenal dengan nama Clarias Gariepinus hingga tidak salah jika ukuran pada ikan ini sangat besar, karena negara Afrika sangat terkenal dengan semua binatang yang ada di Negara tersebut selalu berukuran jumbo salah satunya ular Piton.

Harga Ikan Lele Albino

Harga pada ikan lele jenis ini memiliki variasi yang berbeda biasanya mulai dari yang termurah hingga termahal, nah untuk harga tersebut biasanya akan ditentukan oleh corak yang ada pada tubuhnya apalagi ikan albino yang satu ini dikenal dengan coraknya sangat unik hingga membuat harganya juga kadang terbilang sangat mahal.

Selain corak, ukuran yang dimiliki juga akan mempengaruhi harga dan ukurannya sekitar 20 cm maka harga jualnya sekitar Rp 100.000 serta untuk ukuran lele albino dengan ukuran yang paling besar yaitu sekitar 40 cm akan memiliki harga mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 500.000 dan harga tersebut bisa saja berubah atau bahkan tetap.

Karakteristik Ikan Lele Albino

Ikan lele juga seperti hewan pada umumnya yang akan memiliki karakteristik, nah para pembudidaya cukup penting mengetahui terlebih dahulu sifat pada ikan yang akan dipelihara dan sangat dianjurkan untuk ikan lele albino ini tidak menaruhnya ke dalam aquarium apalagi lele yang satu ini sangat gemar melompat keluar tapi jangan khawatir dengan masalah ini dapat diatasi dengan memberinya bahan penutup.

Selain itu juga ikan yang satu ini memiliki kelebihan dengan adanya alat pernafasan tambahan yang dinamakan Aborescen Organ, untuk bentuknya akan sama seperti halnya memberan berlipat penuh dengan kepiler darah dan biasanya letak alat pernafasan ini tepat diatas rongga insang.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari ikan lele albino hingga mengenali karakteristik nya yang cukup penting diketahui sebelum di budidayakan, karena ikan albino ini juga memiliki jenis yang berbeda hingga harga jualnya juga berbeda dan jika digunakan sebagai ikan hias yang sangat disarankan untuk menggunakan penutup pada bagian kolam ataupun aquarium agar ikan tersebut tidak akan meloncat keluar.

Bagaimana tertarik untuk membudidayakannya? Apalagi ikan jenis jika dilihat dari budget pembeian ikan jenis ini tidak mengeluarkan banyak biaya hingga ratusan juta, maka sangat rekomendasi diajakan saah satu bisnis ikan hias ataupun ikan konsumsi yang dipilih tergantung pada jenis ikan lele albino ini.

Related Topics

Give a Comment