Banyak Gizi & Manfaat Ikan Lele Yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat ikan lele memang cukup bagus yang mengandung banyak nutrisi dibutuhkan oleh tubuh pada setiap harinya, maka dengan mengkonsumsi ikan jenis ini semua kebutuhan tubuh pada setiap harinya akan terpenuhi apalagi kandungannya nutrisi sangat melimpah hingga manfaat yang didapatkan tubuh sudah tidak diragukan lagi salah satunya asam lemak omega-3.

Kepopulerannya memang membuat ikan jenis ini terus melonjak tinggi hingga peminatnya semakin banyak, selain itu juga kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan baik dikonsumsi membuat peternakan ikan lele bisa menjadi salah satu bisnis cukup menjanjikan menjadi peluang bisnis ini masih cukup besar maka tidak salah banyak yang beralih profesi menjadi pembudidaya ikan berkumis yang satu ini.

Nah untuk manfaat ikan lele memang cukup banyak tapi penggunaan ikan jenis ini sebagai konsumsi juga harus diperhatikan dan agar mendapatkan segudang manfaat, maka konsumsi lah dengan porsi yang pas dan berikut manfaat-manfaat yang akan didapatkan serta apa saja kandungan yang ada di ikan lele ini? Mari simak!

5 Manfaat Ikan Lele Yang Sangat Baik Bagi Tubuh

Manfaat Ikan Lele Yang Sangat Baik Bagi Tubuh

Ikan lele memang menjadi salah satu ikan yang dikenal dengan tubuh licin serta bau amis, namun dari sisi lain lele menjadi salah satu ikan sebagai sumber protein hewani yang sangat baik apalagi untuk proses tumbuh kembang pada anak dan berikut manfaat ikan lele lainnya yaitu:

Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ikan lele jika dikonsumsi dalam porsi 100 gram saja dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, karena kandungan protein didalamnya berperan penting untuk membangun serta memperbaiki jaringan tubuh bahkan bisa juga menjadi bahan penyusun beragam hormon dan juga enzim didalam tubuh.

Manfaat Ikan Kembung Mampu Mencegah Stroke & Harga Murah

Bebek Hibrida, Salah Satu Jenis Pedaging Unggulan

Kandungan protein pada 100 gram pada lele sekitar 18% sedangkan kebutuhan protein harian khususnya pada anak berusia kurang dari 4 tahun hanya sekitar 13%, maka dengan membagi 100 gram saja ke dalam 3 porsi pada waktu makannya hingga si kecil kebutuhan proteinnya dapat terpenuhi.

Mencegah Anemia

Ikan lele memang mengandung mineral yang cukup tinggi, maka dari itu kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja.

Kandungan zat besi dapat mencegah anemia terjadi didalam tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja pada setiap harinya, sehingga kandungan-kandungan tersebut berperan baik dalam pencegahan terjadinya anemia hingga salah satu manfaat ikan lele ini sangat penting.

Sumber Protein Terbaik

Jenis ikan yang mengandung kandungan gizi yang paling utama dan sangat penting bagi tubuh manusia, yaitu Protein dan bahkan menjadi sumber Protein terbaik dalam salah satu manfaat ikan lele.

Kandungan asam amino esensial serta non-esensial yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, maka dengan mengkonsumsi 100 gram saja dapat memberikan efek berharga bagi tubuh hingga kebutuhan protein pada tubuh terpenuhi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang akan terjaga dengan mengkonsumsi 100 gram ikan lele, karena mengandung Protein yang dapat meningkatkan tingkat kepadatan tulang dan menjadi salah satu manfaat terbaik bagi tubuh manusia.

Kandungan protein serta vitamin D pada ikan lele yang mampu menjadi sumber protein terbaik untuk tubuh manusia, maka kandungan protein tersebut mampu meningkatkan kepadatan tulang tapi juga dapat meningkatkan kekuatan tulang yang didukung oleh kandungan vitamin D.

5 Kandungan Gizi Ikan Lele

Kandungan Gizi Ikan Lele

Ikan lele manjadi salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi tidak kalah bagus dengan ikan jenis lainnya apalagi kandungan gizi jenis ikan ini meliputi lemak, protein, vitamin B, vitamin D, dan kandungan nutrisi lainnya yaitu::

Lemak

Lemak yang terkandung pada ikan lele adalah asam lemak omega-3 yang memiliki manfaat penting salah satunya dalam menurunkan risiko penyakit kronis, selain itu juga asam lemak tersebut dapat menurunkan trigliserida dan menjadi salah satu manfaat ikan lele apalagi dalam melawan peradangan seperti rheumatoid artritis.

Protein

Kandungan protein pada ikan jenis ini sekitar 53% dari total kandungan kalori 3 ons jika dimasak berubah menjadi 63 kalori yang merupakan protein, maka jika jumlah protein tersebut dapat memenuhi dapat memenuhi 28% dari kebutuhan protein khusus pria dan 34% dari kebutuhan protein pada wanita yang berperan dalam berbagai proses kimia didalam tubuh.

Vitamin B

Pada 3 ons ikan lele saja akan mengandung 2,3 mikrogram vitamin B12 dan bahkan menjadi sumber utama dari vitamin tersebut, karena hampir 100% dari 2,4 mikrogram kebutuhan vitamin B pada manusia dewasa hingga kandungan tersebut dapat menjadi manfaat ikan lele dalam menjaga kesehatan saraf serta pembentukan sel darah merah.

Vitamin D

Kandungan vitamin D memang biasanya didapatkan melalui paparan sinar matahari tapi vitamin yang satu ini juga dengan mudah didapatkan pada makanan, maka dengan mengkonsumsi ikan lele 100 gram saja mampu memenuhi kebutuhan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh manusia pada setiap harinya sekitar 190%.

Rendah Merkuri

Pada setiap jenis ikan memang mengandung merkuri bahkan hampir semuanya, karena merkuri adalah sejenis logam berat dari buangan limbah pabrik dan juga rumah tangga yang biasanya tercemar didalam air itu sendiri berubah menjadi zat yang disebut metil merkuri yang berikatan dengan protein didalam otot ikan.

Kandungan merkuri jika dikonsumsi terus menerus akan menimbulkan gangguan kesehatan bahkan kerusakan saraf, nah untuk ikan jenis ternyata kandungan merkuri tersebut sangat rendah dan hal tersebut sudah diungkapkan oleh Environmental Protection Agency.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lebih dalam mengenai manfaat ikan lele yang rendah merkuri, maka pemberian ikan jenis pada si kecil sangat bermanfaat tanpa takut berisiko kelebihan merkuri yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan salah satunya kerusakan saraf.

Ikan lele memang mengandung berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat baik hingga membuat tubuh mendapatkan sejuta manfaat, namun perlu diketahui ikan lele dari alam memiliki kandungan nutrisi jauh lebih baik daripada ikan lele hasil budidaya.

Related Topics

Give a Comment