Ternak Bebek Hibrida, Bisnis Yang Sangat Untung

Ternak bebek hibrida menjadi salah satu bisnis menggiurkan yang hanya memiliki masa panen selama 45 hari saja, namun bobot yang dimiliki bebek pedaging ini cukup tinggi dengan waktu yang singkat mulai dari 1,8 – 2,5 kg untuk setiap ekornya dan bobot tersebut dapat menentukan keberhasilan peternak dalam memeliharanya.

Peternakan bebek pedaging sendiri sudah dimulai sejak ribuan tahun yang diperkirakan bermula dari kawasan Asia Tenggara tapi tidak terkenal di Negara Amerika dan Eropa, dikarenakan bebek ternak memiliki daging yang tidak segemuk daging ayam serta daging bebek terlalu banyak mengandung lemak.

Keberhasilan para peternak yang memelihara bebek hibrida ini tentunya harus memberikan sistem pemeliharaan yang baik dan sesuai kebutuhan bebek, karena untuk menghasilkan bobot yang tinggi dan mari simak penjelasan berikut tentang ternak bebek hibrida.

Tips Ternak Bebek hibrida Untuk Pemula

Tata cara ternak bebek hibrida yang sukses akan memiliki langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam usaha pembesaran bebek pedaging yang sangat singkat, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 40 hari panen yaitu:

Mempersiapkan DOD

Ternak Bebek hibrida, DOD Bebek

Mempersiapkan DOD menjadi tahap pertama dalam ternak bebek pedaging khususnya, karena hal tersebut untuk menentukan ukuran pada kandang yang akan mendukung proses pembesaran awal.

Perhatikan kondisi DOD akan menjadi tips ternak bebek sukses untuk jenis hibrida atau pedaging hingga 40 hari panen, maka hindari pembelian online yang tidak dapat melihat kualitas DOD sebelum dikirimkan dan berikut ciri dod yang berkualitas yaitu:

  • Memiliki bobot 40 gram
  • Bertubuh tegap dan memiliki nafsu makan baik
  • Bergerak sangat aktif serta lincah
  • Berbulu bersih dan kering
  • Memiliki kaki yang kokoh serta tidak pincang
  • Terlihat dari matanya yang jernih dan bersinar
  • Bebas dari penyakit-penyakit lainnya

Langkah awal akan lebih fokus tentang kualitas DOD, oleh karena itu sangat membutuhkan DOD khusus yang berkualitas dan berikut produsen DOD yang berkualitas yaitu:

Produsen DOD PPM

Bebek Hibrida PPM

PPM adalah salah satu produsen DOD yang memiliki kualitas terbaik dan sudah terbukti, karena banyaknya para peternak sukses menggunakan DOD dari PPM untuk ternak bebek hibrida.

CV. Putra Prima Mandiri, yaitu sebuah perusahaan bergerak dalam bidang usaha peternakan mulai dari bebek hingga ayam yang berkualitas tinggi membuatnya semakin berkembang pesat.

Produsen PPM ini memiliki beberapa cabang yang berpotensi besar dalam perkembangannya, sehingga keberadaannya sangat membantu dalam mengembangkan budidaya tetap maju.

DOD dari Produsen Putra Prima Mandiri yang masuk kedalam pemilihan DOD berkualitas, maka dari itu menjadi tips ternak bebek hibrida 40 hari panen.

Kesuksesan sangat begitu pesat dari Produsen PPM ini, karena banyaknya menjalin kerja sama dengan para peternak yang akan terus berlanjut dan masing-masing pihak mendapatkan keadilan.

Produsen DOD Gunsi

DOD Hibrida Gunsi

Produsen DOD Gunsi asal Bogor ini memiliki perjalanan panjang dan berliku dalam membangun bisnis perunggasan sejak lama, yaitu sekitar 30 tahun silam.

Nama Gunsi berasal dari singkatan Gunung Sindur dan sudah memiliki hak paten dari Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Produsen asal Bogor terus bergelut dengan penelitian selama 5 tahun terakhir ini, yaitu untuk menciptakan bebek hibrida generasi terbaru yang bertumbuh cepat tapi berat badan ideal.

Penelitian cukup lama tersebut, lalu menghasilkan bebek gunsi ini yang berasal dari persilangan bebek lokal Mojosari dan bebek Khakai Cambell asal Inggris.

Kualitas DOD bebek Gunsi yang suda terbukti, karena bobot tubuhnya mampu bertambah lebih cepat dalam waktu singkat dan menjadi tips ternak bebek hibrida 40 hari panen loh.

PT Putra Perkasa Genetika yang menjadi produsen DOD gunsi berkualitas, sehingga membuat citarasa pada dagingnya cukup berbeda tapi lebih mudah diterima dikalangan masyarakat.

Bebek gunsi memiliki daya tahan tumbuh yang sangat kuat mampu menahan berbagai macam serangan penyakit bebek, karena antibodi tersebut berasal dari Indukkan berkualitas membuatnya sangat pas dijadikan usaha ternak bebek hibrida.

Membuat Kandang

Membuat kandang memang harus disesuaikan dengan jumlah dod dan jika sekitar 40 ekor akan membutuhkan kandang berukuran 1 meter, lalu memiliki ventilasi dan sanitasi beserta penutup khusus yang dapat dibuka tutup dengan mudah.

Pilihlah DOD yang berjenis hibrida ataupun hibrida, karena kedua jenis tersebut memiliki daya tahan tubuh cukup kuat dan berkualitas baik dalam proses penggemukan dan sangat disarankan untuk memulai ternak bebek hibrida menggunakan salah satu produsen DOD PPM atau Gunsi.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk bebek jenis ini memang hampir sama dengan pemberian pakan untuk bebek pedaging lokal, karena hanya memerlukan pakan konsentrat atau voer khusus pedaging tapi untuk menghemat biaya pakan bisa menggunakan pakan dengan racikan sendiri.

Jenis pakan yang sering digunakan para ternak bebek hibrida biasanya menggunakan bahan pakan seperti nasi aking, bekatul dan bahan pakan tambahan (tepung dedaunan, tepung tulang, tepung ikan serta tepung daging yang pemberiannya harus dibatasi).

Masa Anakan

Masa anakan atau Fase Starter adalah masa saat DOD mulai beranjak besar dan mulailah tumbuh dewasa pada bebek tersebut, maka harus dipindahkan ke kandang lebih besar untuk mendukung masa pertumbuhannya.

Pemindahan tersebut juga untuk mendukung proses penggemukan, sehingga membutuhkan kandang yang memiliki ketinggian 20 cm agar anakan tidak menjadi mangsa tikus.

Ketinggian kandang tersebut juga akan mempermudah dalam pembersihan dan menjaga agar kandang tetap lembab, selain itu perhatikan juga pemberian pakannya.

Perhatikan fase starter ini juga menjadi tips ternak bebek hibrida agar 40 hari panen, agar mendukung proses penggemukan pada DOD bebek pedaging menjadi lebih cepat.

Ternak bebek sukses untuk jenis pedaging ini memang harus diperhatikan pemberian pakannya agar meningkatkan pertumbuhan serta pembentukan masa otot seperti tepung ikan, tepung cangkang bekatul dan tepung jagung.

Pemberian pakan berjenis tepung bisa juga dikombinasikan dengan berbagai macam sayuran seperti batang pisang, daun pepaya, daun mengkudu dan lainnya untuk sumber serat.

Sayuran-sayuran tersebut harus dicacah kecil-kecil sebelum dicampurkan dengan pakan berjenis tepung, selain itu juga bisa memberikan voer serta biji-bijian.

Masa Penggemukan

Bebek Hibrida Masa Panen

Pada saat bebek berusia 5 minggu dimulai nya proses penggemukkan, maka masa ini pindahkan lah bebek kedalam kandang khusus dewasa agar lebih fokus dalam penggemukkan.

Bebek masa ini akan membutuhkan kandang beralas tanah serta pemberian kapur pada pasir tersebut, karena sangat berfungsi untuk menjaga kelembabannya.

Pemberian pakan pada masa penggemukkan sama seperti Fase Starter, namun pemberiannya akan lebih fokus dalam meningkatkan berat badan yang sangat signifikan.

Proses penggemukkan untuk lebih optimal bisa menambahkan cacahan kencur kedalam menu pakannya setiap hari, karena berfungsi untuk meningkatkan nafsu makannya.

Masa penggemukkan harus diperhatikan agar suksesnya usaha pembesaran bebek pedaging, sehingga menjadi tips ternak bebek hibrida sukses yang hanya membutuhkan waktu 40 hari panen.

Kesimpulan

Itulah tata cara ternak bebek hibrida yang bisa dilakukan peternak pemula, selain melakukan tata cara yang benar keberhasilannya juga akan menjadi faktor utama dari sebuah bisnis adalah pemasarannya.

Kenapa pemasaran menjadi faktor penentu? Karena dalam berternak jika disertai dengan kemudahan dalam menjualnya, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri.

Related Topics

Give a Comment