Kenali Jenis Ikan Bawal Air Tawar & Manfaatnya

Ikan bawal air tawar atau dengan nama ilmiah Colossoma macropomum ini adalah komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi serta banyak diminati oleh masyarakat, sehingga keberadaannya sangat diburu oleh masyarakat di segala kalangan dengan rasanya yang enak dan juga memiliki harga yang tergolong murah.

Jenis ini memang cukup beragam tapi untuk ikan yang berasal dari air tawar tersebut memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, nah salah satunya Omega 3&6 yang membuatnya sangat cocok menjadi menu sehat dalam mendukung masa pertumbuhan anak dan banyak ditemui di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Nah untuk mengenal ikan bawal yang hidup di air tawar lebih dalam, maka simak penjelasan berikut mulai dari harga, manfaat, karakteristik dan ciri-cirinya.

Daftar Harga Ikan Bawal Air Tawar Terbaru!

Daftar harga sendiri memang akan memiliki perbedaan khususnya disetiap daerah yang ada di Indonesia, selain dipengaruhi oleh beberapa faktor yang membuat harganya tidak stabil dan ketersediaannya sendiri yang membuat harganya jauh lebih tinggi dan berikut daftar harga yang bisa dijadikan referensi yaitu:

ProvinsiHarga/Kg
JakartaRp 28.000,00
Jawa BaratRp 22.500,00
Jawa TengahRp 23.000,00
Jawa TimurRp 25.500,00
YogyakartaRp 29.000,00
BaliRp 26.000,00
AcehRp 25.500,00
LampungRp 30.000,00
BantenRp 26.000,00
RiauRp 33.500,00
Sumatera UtaraRp 24.000,00
Sumatera SelatanRp 23.000,00
Kalimantan BaratRp 25.000,00
Kalimantan TimurRp 24.000,00
Sulawesi UtaraRp 25.000,00

Kenali, Manfaat Ikan Bawal Air Tawar

Manfaat Ikan Bawal Air Tawar

Manfaat yang dimiliki ikan air tawar ini akan sama seperti manfaat saat mengkonsumsi ikan kembung, karena kandungan yang dimilikinya juga sama dengan kandungan omega 3&6 yang cuku tinggi apalagi jika dikonsumsi 100 gram saja manfaat yang akan didapatkan tubuh sangat bagus antara lain:

Memelihara Kesehatan Tulang dan Otot

Manfaat yang pertama sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan otot jika dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang pas dapat membantu menjaga sel dari kerusakan serta jaringan otot, karena kandungan kalsium di dalam ikan nila tersebut dapat mengembalikan otot-otot yang sobek akibat bergerak aktif hingga otot menjadi lebih kuat dan terjaga kesehatannya.

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada ikan air tawar tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan serta kekuatan tulang, selain itu juga berperan dalam memaksimalkan absorpsi mineral yang berfungsi dalam pembentukan serta pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi dengan mengkonsumsi ikan bawal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh memang cukup penting apalagi pada masa pandemi Covid-9 ini, karena jika tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat membuat virus tersebut tidak masuk ke dalam tubuh dan untuk meningkatnya bisa dengan mengkonsumsi ikan bawal ini dengan porsi 100 gram saja.

Kandungan selenium pada ikan ini sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga aktivitas sel darah putih dan kandungan tersebut juga dapat meningkatkan fungsi kelenjar tiroid untuk mengeluarkan hormon yang dapat mengatur metabolisme pada tubuh hingga keseimbangan fungsi organ tetap terjaga dan kekebalan tubuh dapat meningkat.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ikan yang mengandung asam lemak didalamnya sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf, selain itu omega-3 tersebut juga dapat membantu dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak salah satu nya yang bernama Demensia dan juga peradangan otak.

Peradangan otak terjadi dengan adanya peradangan pada jaringan otak yang bisa mengganggu fungsi saraf serta bisa terjadi akibat infeksi virus, bakteri atau jamur yang sering menyerang anak-anak dan lansia apalagi jika sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah terinfeksi.

Nah untuk anak-anak dan juga ibu hamil yang mengkonsumsi ikan air tawar ini, karena kandungan DHA didalamnya sangat berperan penting dalam pertumbuhan janin serta perkembangan otak untuk ibu hamil serta juga dapat membantu dalam perkembangan otak menjadi lebih cerdas pada anak-anak.

Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan yang memiliki tampilannya yang cukup unik ini tidak hanya berperan baik bagi kesehatan otak, selain itu zat tersebut dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh yang mengandung aneka asam lemak tak jenuh yang bisa juga berperan penting dalam pencegahan.

Nah jika dikonsumsi secara teratur manfaat yang dihasilkan tidak hanya dapat mengatur gula darah didalam tubuh saja, namun dapat mengurangi lemak Visceral yang ada di perut maka dapat menurunkan risiko diabetes atau bisa sebagai pencegahan dengan mengkonsumsi 100 gram saja ikan bawal pada setiap harinya.

Baca juga

Olahan Sehat, Resep Ikan Bawal Dengan Gizi Terbaik

Karakteristik Ikan Patin, Ciri-Ciri & Manfaat Luar Biasa

Manfaat Ikan Gurame, Ikan Tawar Kaya Gizi Terbaik

Meminimalkan Resiko Penyakit Stroke

Stroke terjadi disebabkan oleh pasokan darah yang menuju otak terganggu, sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi hingga stroke bisa muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti berat badan yang berlebihan serta tubuh yang kurang aktif bergerak.

Penyakit ini sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan untuk mengurangi risiko stroke, maka kita bisa dengan mengonsumsi ikan bawal salah satunya yang mengandung Omega-3 serta vitamin D dan selenium menjadi kandungan yang bisa menurunkan risiko terkena stroke.

Karakteristik

Karakteristik ikan bawal tawar

Memiliki karakteristik dengan masa pertumbuhan yang memang sangat cepat dan bisa tumbuh besar dalam jangka waktu yang pendek, karena seperti ikan pada umumnya yang memiliki 5 sirip yang ada di bagian tubuhnya tapi memiliki kelemahan tersendiri pada tingkat kecepatan berenang yang sangat minim.

Habitat hidupnya yang bergerombol ini memiliki sifat yang sangat unik pada saat kelaparan, karena mereka akan menyerang sesama jenis untuk mendapatkan makanan dan ikan ini juga memiliki tingkat perekonomian tinggi dengan daging yang tebal dan rasanya sangat lezat jika di jadikan sebagai makanan memiliki nilai jual yang tinggi.

Kenali, Ciri-ciri Ikan Bawal Air Tawar

Hewan air yang memiliki harga cukup menarik serta memiliki kandungan nutrisi yang sangat berarti bagi tubuh hingga menghasilkan manfaat bagi kesehatan, nah tidak banyak orang yang mengetahui ciri-cirinya antara lain:

Memiliki Bentuk Badan Oval

Nah secara umum, untuk mengetahui cara mengidentifikasi ikan bawal ini bisa dimulai dari melihat bentuk badannya yang oval dan cenderung pipih, maka bentuk badan ini menjadikan perbandingan antara tinggi serta panjang yang dimilikinya seperti perbandingan sekitar 1:2.

Berwarna Merah Dibagian Siripnya

Ciri yang dimiliki ini memang cukup umum dan biasanya banyak ditemukan untuk jenis jantan pada saat menginjak dewasa yang menghiasi sirip ekor, sirip perut hingga ditemukan pada sirip bagian anusnya yang akan berwarna merah.

Memiliki Garis Hitam Dibagian Sirip Ekor

Hewan yang memiliki 5 buah sirip ini jika diperhatikan lebih dalam akan menemukan garis yang berwarna hitam lurus dibagian pangkal sirip ekornya, sehingga ciri ini dinilai cukup akurat yang digunakan para penjual dan para pembudidaya yang telah lama mengembangkan bisnis ini.

Bergerak Lambat

Pada saat berenang hewan air yang satu ini akan bergerak lambat dengan gaya berenang yang sangat berbeda daripada jenis ikan lainnya, karena disebabkan oleh bentuk tubuh yang oval serta pipih hingga membuat gerakan renangnya tidak akan cepat seperti pada umumnya.

Hewan Omnivora, Tapi Berubah Karnivora Saat Besar

Walaupun dikenal dengan ikan karnivora tapi masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahuinya, bahwa sebenarnya untuk jenis ikan bawal dewasa dan benih ikan bawal kecil memiliki jenis makanan yang berbeda satu sama lain hingga tumbuh besar mereka berubah menjadi karnivora yang didukung dengan giginya yang semakin tajam.

Kepala Keci, Gigi Tajam dan Rahang Pendek

Nah untuk ukuran kepala yang dimilikinya cukup kecil jika dibandingkan dengan ukuran badannya, selain itu dibagian mulutnya juga memiliki deretan gigi yang sangat tajam untuk mencincang mangsanya dan bahkan jika giginya terlihat dengan jelas akan sangat mengerikan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lebih dalam tentang ikan jenis ini yang sangat dikenal memiliki manfaat cukup baik bagi tubuh, karena disebabkan oleh kandungan nutrisi yang dimilikinya dan harga jualnya juga cukup murah hingga bisa dikonsumsi untuk semua kalangan.

Tinggalkan komentar