Daftar Harga Pakan Lele Yang Bagus Untuk Pertumbuhan

Harga pakan lele memang begitu beragam biasanya tergantung dari ukuran agar bisa tumbuh secara efektif, sehingga pemberian pakannya juga bisa disesuaikan dengan umur dan biasanya juga sangat berpengaruh pada kebutuhan gizi yang berbeda-beda dari setiap umur ikan lele.

Jenis ikan yang satu ini termasuk ke dalam jenis hewan karnivora yang dimana pemberian pakan harus mengandung protein minimal sebesar 30%, nah untuk jenis pakannya juga memiliki dua jenis yaitu alami dan buatan hingga harga pakan ikan lele sangat beragam.

Nah untuk jenis pakan alami biasanya para peternak akan memberikan pakan yang bersumber dari Mikroorganisme, maka harga pakan lele jenis ini bisa dibilang cukup murah daripada pakan yang dibuat pabrikan dan untuk mengetahui lebih dalam mari simak penjelasan berikut!

6 Jenis Harga Pakan Lele

Pakan untuk ikan jenis ini memang memiliki jenis yang cukup banyak, karena lele adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang dimana bobot akan menjadi tujuan pertama saat pemeliharaan hingga membuat harga pakan lele sendiri tidak stabil dan berikut jenis pakannya yaitu:

Merk Pakan LeleHarga per Karung (Rp)
MS Prima Feed PF 500230.000
MS Prima Feed PF 800225.000
MS Prima Feed PF 1.000195.000
Hi-Pro-Vite 781-1328.000
Hi-Pro-Vite 781-2327.000
Supra – ZT380.800

Jenis Pakan Lele Alternatif dengan Harga Termurah!

Harga pakan lele yang satu ini bisa dibilang jenis pakan alternatif yang biasa digunakan sebagai sebagai pakan tambahan, karena jenis pakan ini biasanya cukup mudah didapatkan bahkan bisa dibilang gratis dan berikut jenis-jenis nya yaitu:

Pakan Alami

Harga pakan lele dari jenis pakan alami ini biasanya tidak memiliki harga yang biasa didapatkan secara alami

Pakan alami pada ikan lele yang biasa diberikan oleh para pembudidayaan ikan jenis adalah sumber pakan yang berasal dari mikroorganisme menjadi salah satu harga pakan lele yang cukup murah, karena mengandung kandungan gizi yang sangat baik hingga dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan jenis ini pada setiap harinya dan juga dapat mempercepat kenaikan bobot badan serta jenis mikroorganismenya antara lain:

Plankton Nabati

  • Diatomae (Ganggang kresik), yaitu tanaman ganggang yang memiliki sel tunggal dengan bentuk silinder serta lonjong ini mengandung Karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral untuk tumbuh kembang bibit tersebut.
  • Chlorella (Ganggang hijau) adalah jenis tanaman dengan sel tunggal tapi yang satu ini berbentuk bulat seperti halnya telur, lalu mengandung zat klorofil hingga memiliki warna hijau terang membuatnya sangat cocok digunakan untuk yang masih berukuran kecil.
  • Spirulina Sp yaitu jenis ganggang yang berwarna hijau kebiruan berbentuk spiral, nah biasanya untuk nama ganggang yang satu ini sudah tidak asing lagi yang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker.
  • Tetraselmis Sp adalah salah satu jenis ganggang yang dapat berfotosintesis , karena memiliki zat klorofil dan juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral dan juga vitamin.

Plankton Hewani

  • Brachionis Sp yaitu salah satu jenis mikroorganisme yang memiliki kandungan protein cukup tinggi yang bisa mencapai 57%, sehingga penggunaannya sangat cocok untuk benih-benih ikan lele yang masih berumur kurang dari 7 hari.
  • Infusoria Sp adalah jenis protozoa dengan penampakan yang terlihat bergerombol jika dilihat akan berwarna putih seperti susu, sehingga plankton jenis ini sangat pas diberikan pada bibit yang masih berumur 7hari.
  • Kutu air merupakan jenis pakan yang bernutrisi, sehingga sangat pas diberikan pada bibit lele berumur 7 hingga 14 hari yang mengandung kandungan protein cukup besar sekitar 66% dan harga pakan lele yang satu ini juga cukup murah.
  • cacing Tubifex atau biasa disebut dengan cacing sutera ini ternyata mengandung 57% protein dan juga 13,3% lemak, maka penggunaannya sangat cocok dijadikan sebagai pakan bibit lele yang sudah berusia lebih dari 2 minggu.

Pakan Buatan

Harga pakan lele buatan mungkin dapat menghemat harga pakan

Pakan buatan yang digunakan biasanya jenis pakan yang dibuat oleh manusia ataupun pabrik dengan tujuan agar dapat melengkapi kebutuhan gizi dari pakan alami dengan harga pakan lele yang satu ini sangat beragam, nah untuk pakan buatan biasanya berupa pelet yang bisa dibuat sendiri oleh para peternak dengan ukuran sekitar 30 gram.

Ukuran pelet juga cukup beragam yang bisa diberikan untuk segala umur dan tentunya ukuran pada pelet dapat disesuaikan dengan umur ikan, maka untuk ikan yang masih berupa benih bisa memberikan pelet yang masih berbentuk tepung atau crumble (butiran kecil seperti pasir) hingga harga pakan lele yang satu ini cukup beragam tergantung pada merk.

Harga Kerang Di Indonesia

Harga Belut Hidup & Goreng Terbaru

Harga pakan lele yang satu ini memang bisa dibilang cukup mahal tapi untuk masalah kandungan gizi memang tidak usah diragukan lagi, nah untuk pemberiannya juga sangat disarankan berikan jenis pelet yang mengapung untuk mempermudah dalam memberikannya hingga bisa mengetahui jumlah yang diberikan.

Selain itu pemberian jenis pelet yang mengapung juga agar bisa mengontrol saat jumlah yang diberikan, sehingga jika jumlah tersebut sesuai tidak akan mubazir atau kelebihan pada saat memberi pakan apalagi jenis ikan ini jika sudah merasa kenyang tidak akan memakan sisa-sisa pelet tersebut.

Sisa-sisa pelet yang tenggelam biasanya akan mengakibatkan adanya penumpukan amoniak di dasar kolam, maka jika dibiarkan amoniak akan semakin banyak dan menebal hingga dapat membahayakan ikan lele apabila dipelihara pada kolam air mati dan bahkan dapat menggagalkan masa panen.

Jenis Pakan Alternatif Ikan Lele

Daun singkong adalah salah satu jenis pakan alternatif ikan lele

Jenis pakan alternatif ini berasal dari daun singkong yang banyak digunakan oleh para peternak senior dengan kandungan gizi di dalamnya cukup tinggi yang mengandung protein sekitar 29 – 30 %, Fat sebesar 4,8 %, Serat kasar sebanyak 22 %, 60 % asam amino dan tidak lupa dengan kandungan Energi metabolisme sekitar 1300 Kcal/kg.

Harga pakan lele jenis ini juga bisa dibilang cukup murah bahkan bisa mendapatkannya secara gratis, nah untuk pemberian pakan dari bahan alami tersebut bisa diberikan sebanyak satu kali dalam sehari atau bisa juga seminggu 3 kali dan bisa diberikan untuk lele yang berukuran sebesar dua telunjuk atau sekitar 12 cm dan berikut tata caranya:

Bahan-bahan :

  • Daun singkong
  • Pelet
  • Air panas

Cara Membuatnya :

  • Langkah pertama adalah rajang-rajang daun singkong dengan ukuran yang bisa dikira-kira sekitar setengah cm, lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu masukan rajangan daun singkong tersebut ke dalam ember, lalu tambahkan pelet yang disesuaikan dengan umur pada ikan lele tersebut.
  • Campuran kedua jenis pakan tersebut aduklah hingga merata, karena bertujuan agar ikan bisa menyantap lebih lahap.
  • Lalu tambahkan air panas hingga terendam campuran bahan tersebut, kemudian tunggu beberapa menit agar daun singkong lebih layu.
  • Nah setelah dingin tiriskan atau saring kedua bahan campuran tersebut sebelum diberikan sebagai pakan lele, peternak bisa memberikan jenis pakan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang pakan lele yang sering digunakan para peternak senior, karena harga pekan lele di atas dapat meminimalkan biaya pakan hingga dapat lebih fokus untuk masa pemeliharaan dan jenis pakan tersebut juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah bagus untuk mendukung pertumbuhan lele.

Jenis pakan alternatif di atas juga mengandung kandungan gizi yang dapat mendukung kenaikan bobot pada ikan, karena pelet sendiri mengandung semua gizi yang dibutuhkan ikan atau bisa menjadi pakan pelengkap dari jenis pakan alami seperti daun singkong dan masuk ke dalam pakan ikan lele yang murah.

Related Topics

Give a Comment