Harga Belut Hidup & Goreng Terbaru

Harga belut ditahun ini cukup tinggi apalagi masyarakat Indonesia yang sangat menyukai daging belut dengan rasa yang lezat, selain itu tingginya kandungan protein membuatnya memiliki manfaat yang cukup baik jika dikonsumsi oleh manusia dan untuk harga biasanya dijual per kg.

Hewan yang satu ini tergolong ke dalam ikan air tawar yang hidup didaerah tropis dan di Indonesia sendiri memiliki dua jenis, yaitu belut sawah dan juga belut rawa serta untuk yang paling digemari adalah jenis belut sawah dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan belut rawa.

Bagaimana tertarik untuk mengonsumsi belut? Yang bisa diolah dengan berbagai macam cara mulai dari direbus, ditumis, digoreng ataupun menggunakan tepung hingga menjadi belut crispy dan untuk penjelasan lebih dalam tentang harga yang bisa dibilah lebih mahal daripada daging ayam mari simak!

Apakah Belut Jenis Ikan?

Harga belut memang cukup beragam tergantung pada bobot tubuhnya

Belut adalah masuk ke dalam sekelompok ikan yang memiliki bentuk hampir sama seperti halnya ular, namun jenis ikan ini masuk ke dalam suku Synbranchidae yaitu suku dari empat genera atau pengelompokan dengan total 20 jenis tapi bisa saja berubah dengan adanya jenis terbaru.

Jenis ikan ini cukup unik yang dimana pada kelaminya yang bisa berubah atau biasa disebut dengan Hermaprodit, yaitu pada saat usia muda yang berjenis kelamin betina akan berubah menjadi jantan dimasa berikutnya jika usianya sudah tua.

Harga belut sendiri akan dipengaruhi oleh ukuran serta bobotnya dan untuk belut sawah sendiri memiliki panjang sekitar 1 m (dalam bahasa jawa sendiri sering di sebut Moa), nah untuk habitatnya hewan yang satu ini lebih suka bersembunyi di dalam lumpur dan untuk jenis pakannya bisa memangsa hewan-hewan dengan ukuran yang lebih kecil darinya.

Kandungan pada hewan konsumsi yang satu ini memang cukup banyak hingga tidak salah jika harga belut cukup tinggi dan dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan dengan kandungan berbagai zat gizi seperti kalori, protein, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan air.

Harga Belut Per Kg

Harga untuk per kg memang beragam yang biasanya didukung oleh beberapa faktor yang membuat harga bisa dibilang lebih mahal ataupun lebih rendah, selain itu untuk belut kiloan biasanya dijual dalam kondisi hidup untuk diolah dengan berbagai macam jenis masakan yang bisa menggugah selera loh.

Harga belut per kg dipasaran biasanya sekitar Rp 80.000

Pada tahun 2020 saja belut segar per kg akan memiliki harga sekitar Rp 60.000 hingga Rp 80.000, selain itu untuk belut liar dari sawah akan memiliki harga jauh lebih mahal bisa mencapai Rp 100.000 per kg bahkan bisa jauh lebih mahal yang didukung oleh bobot tubuh lebih besar.

Harga belut per kg memang cukup mahal yang biasanya untuk 1 kg akan memperoleh belut sekitar 20-30 ekor tergantung pada bobot setiap hewan ikan air tawar ini, nah untuk bentuk harga biasanya akan jauh lebih mahal pada belut sawah daripada hasil budidaya.

Kenapa lebih unggul belut sawah? Karena banyak orang menyatakan bahwa rasa dari kedua jenis tersebut berbeda, untuk daging belut sawah memiliki rasa yang lebih manis dan juga gurih daripada belut hasil peternakan serta daging pada belut sawah juga lebih tebal.

Pembelian belut juga bisa dibeli seluruh pasar tradisional yang ada di Indonesia dan tentunya pada harga akan berbeda-beda, selain itu juga harga belut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu yang tergantung oleh musim dan biasanya pada musim hujan mengalami penurunan daripada saat musim kemarau.

Anakan belut untuk budidaya belut

Harga pada bibit salah satu jenis ikan air tawar ini juga sekitar Rp 90.000 per kg untuk isi 130 hingga 180 ekor dan bisa membelinya di para pembudidaya atau peternak terdekat, nah untuk bibit dengan kualitas super biasanya memiliki harga jual sekitar Rp 125.000 per kg dengan isi sekitar 130 hingga 150 ekor.

Tampilan belut jika dilihat sekilas cukup menggelikan tapi disisi lain menjadi salah satu bahan masakan yang bisa diolah dengan berbagai macam masakan, karena daging pada jenis ikan air tawar ini memiliki rasa yang gurih serta lezat hingga mampu menggugah selera ini ternyata mengandung kandungan cukup baik tubuh hingga harga belut bisa dibilang mahal.

Daftar Tabel Harga Belut Terbaru!

JenisHarga
Belut Konsumsi 15 – 20 ekor per kgRp 85.000
Belut Konsumsi 20 – 30 ekor per kgRp 75.000
Belut Konsumsi 30 – 40 ekor per kgRp 60.000
Belut Konsumsi 40 – 50 ekor per kgRp 50.000
Bibit Ikan Belut per kgRp 250.000
Bibit Ikan Belut 150 ekor/kgRp 180.000
Bibit Ikan Belut 200 ekor/kgRp 150.000
Belut Goreng per kgRp 200.000
Belut Filet per kgRp 150.000

Kesimpulan

Itulah informasi berbagai macam harga belut per kg, nah untuk itu penggunaan belut juga harus benar-benar diperhatikan dan jika khawatir dengan asam lemak serta kolesterol yang tinggi maka pada saat mengonsumsinya bisa diolah dengan cara dipanggang agar risiko tersebut bisa diperkecil.

Penggunaannya juga harus diperhatikan khususnya bagi yang memiliki riwayat penyakit cukup serius alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu, karena setiap orang akan menunjukkan reaksi yang berbeda saat mengonsumsi belut.

Related Topics

Give a Comment