Manfaat & Harga Kerang Yang Di Indonesia Terbaru

Harga kerang konsumsi di Indonesia sendiri cukup beragam yang biasanya dibedakan tergantung pada jenisnya, selain itu juga harga dipengaruhi lokasi saat membeli kerang tersebut dan juga harga untuk setiap kg biasanya juga berbeda.

Pada Perairan Indonesia memiliki jenis yang cukup banyak hingga jenis yang berada disekitar pulau tersebut belum tentu dapat dijumpai pada tempat lain, nah untuk jenis yang paling populer dikonsumsi adalah jenis kerang hijau dan kerang dara.

Kerang adalah jenis hewan air yang tergolong ke dalam hewan bertubuh lunak dan memiliki cangkang, namun hewan air yang satu ini sangat populer dikonsumsi dengan harganya sendiri cukup murah dan untuk mengetahuinya mari simak!

Daftar Harga Kerang Di Pasaran

Harga Kerang Dara

Daftar harga di pasaran biasanya akan berbeda yang didukung oleh beberapa penyebab, salah satunya pada setiap daerah juga biasanya akan memiliki harga patok hingga harga tersebut sudah tidak bisa ditawar lagi dan untuk setiap jenisnya juga akan memengaruhinya.

Analisa Bisnis Bebek Petelur

5 Bebek Hias, Salah Satunya Ada Di Indonesia Loh

Kerang juga menjadi salah satu bahan masakan yang biasanya banyak disajikan dirumah makan hingga restoran, maka tidak salah jika peminatnya cukup banyak apalagi harga kerang sendiri cukup murah dan memiliki berbagai macam jenis.

Pengolahan hewan laut yang satu ini memang cukup beragam hingga mampu menghasilkan masakan yang mampu menarik perhatian, selain itu juga masalah rasa harus tetap di perhatikan dan berikut daftar harganya yaitu:

Jenis KerangHarga Per Kg
Kerang DaraRp 45.000
Kerang HijauRp 30.000
Kerang SimpingRp 60.000
Kerang TiramRp 63.000
Kerang KepahRp 56.000

Harga Kerang Untuk Jenis Dara Per Kg

Kerang dara sendiri adalah jenis seafood yang paling populer dengan harga yang lebih murah daripada jenis lainnya, nah untuk yang tidak mengetahuinya berikut daftar harga di setiap kota yang ada di Indonesia yaitu:

Nama DaerahHarga Per Kg
JakartaRp 30.000
BogorRp 28.000
BekasiRp 35.000
CirebonRp 33.000
BandungRp 36.000
SemarangRp 41.000
YogyakartaRp 38.000
SurabayaRp 36.000
MalangRp 37.000
MedanRp 34.000
MakassarRp 37.000
PalembangRp 36.000
DenpasarRp 40.000
PadangRp 36.000
SerangRp 30.000
BalikpapanRp 33.000

Manfaat Kerang Untuk Tubuh

Kerang Tiram

Manfaat kerang jika dikonsumsi mampu memberikan efek yang cukup bagus bagi tubuh, sehingga tidak salah jika peminat seafood yang satu ini cukup banyak apalagi harga kerang sendiri sangat murah dengan segudang manfaat untuk 100 gram saja.

Kandungan pada hewan lain ini juga sangat baik bagi kesehatan, sehingga mampu membuat tubuh lebih sehat dan berikut manfaat lainnya pada setiap 6 jenis kerang tersebut yaitu:

Jenis Kerang Dara Mampu Meningkatkan Sel Darah Merah

Kerang dara mengandung mineral yang cukup tinggi, maka dari itu kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja yang sering ditemui dalam menu harian.

Selain kandungan mineral, kerang jenis ini juga mengandung kandungan hemoglobin yang memiliki fungsi utama dalam meningkatkan sel darah merah hingga sangat bermanfaat bagi penderita anemia atau kekurangan darah.

Kandungan zat besinya juga dapat membuat rasanya lebih khas dan tentunya bisa digunakan sebagai pencegahan anemia terjadi didalam tubuh, maka dengan mengkonsumsi 100 gram saja.

Jenis Kerang Hijau Mengandung Vitamin A dan Kalsium

Kerang hijau adalah salah satu jenis kerang yang mengandung kandungan sangat baik bagi tubuh, selain itu jenis seafood ini juga cukup mudah ditemukan pada setiap warung sekitar laut ataupun di setiap pasar tradisional hingga internasional.

Ciri yang paling menonjol untuk hewan laut yang satu ini sangat berbeda daripada jenis lainnya, karena memiliki cangkang kerang yang berwarna hijau dengan daging yang berwarna putih ke kuningan dan juga memiliki nama lain khusus untuk Kec. Tempuran Karawang bernama Ecol.

Harga kerang yang satu ini cukup murah dengan kandungan yang sangat baik bagi tubuh yaitu mengandung protein, kalsium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B12 hingga vitamin E.

Jenis Kerang Simping Dapat Meningkatkan Sistem Kerja Otak

Manfaat yang diberikan pada tubuh saat mengkonsumsi seafood jenis ini cukup penting untuk meningkatkan sistem kerja otak, sehingga sangat pas jika dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam proses masa pertumbuhan hingga bisa membuat otaknya lebih cerdas.

Nah untuk harga kerang satu ini juga sangat ramah dikantong dengan ciri pada cangkang nya berbentuk pipih menyerupai kipas, tentunya pada bagian daging memiliki tekstur yang kenyal dan juga padat dengan daging berwarna putih berbentuk bulat.

Kandungan yang dimiliki seafood jenis ini kaya akan protein, rendah kalori yang membuat kamu menjadi mudah kenyang, mengandung vitamin B12, zat besi dan tentunya Omega-3 untuk meningkatkan sistem kerja otak.

Jenis Kerang Tiram yang bisa Dimakan Mentah Kaya Manfaat

Kerang tiram ini memang jenis seafood yang bisa disajikan mentah dengan ciri memiliki cangkang yang pipih serta berkapur, selain itu juga memiliki tekstur yang tidak mulus atau bertekstur seperti hal nya batu karang jika dilihat sekilas .

Jenis ini memang bisa dikonsumsi secara mentah tapi tetap harus diperhatikan tingkat kesegarannya dan juga kebersihannya, karena hal tersebut untuk menjaga keamanannya saat dikonsumsi mentah serta untuk rasa yang lebih nikmat bisa menambahkan lemon saat mengkonsumsi mentah.

Kandungan yang dimilikinya sangat bagus untuk tubuh tapi seperti penjelasan sebelumnya harus diperhatikan tingkat kesegarannya yang mengandung kalsium, vitamin A dan vitamin B12.

Jenis Kerang Kepah yang Tinggi Protein

Jenis seafood yang satu ini biasa hidup di sungai besar atau hutan mangrove yang memiliki bentuk cangkang seperti halnya piring, selain itu juga berbentuk cembung pada bagian tengahnya serta dibagian tepinya berbentuk pipih dan harga kerang ini juga cukup murah.

Memiliki kandungan yang kaya protein, zat besi, seng yang berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, magnesium, vitamin B12 dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang berperan baik dalam meningkatkan sistem kerja otak.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai harga kerang per kg hingga di setiap kota yang ada di Indonesia, nah jenis-jenis diatas bisa dipertimbangkan untuk dimasukkan kedalam menu masakan setiap hari untuk disajikan bersama keluarga dengan segudang manfaat.

Perlu ditekankan untuk harga kerang tersebut bisa saja mengalami perubahan tiba-tiba tergantung pada setia kota yang menjual setiap jenis kerang akan berbeda, namun harga tersebut juga dapat menjadi referensi.

Related Topics

Give a Comment