Jenis Makanan Ikan Bawal Baik Hewani Maupun Nabati

Makanan ikan bawal memang cukup banyak tapi hanya ada beberapa jenis yang akan mendukung masa pertumbuhannya menjadi lebih cepat, karena makanan tersebut tentunya mengandung mengandung asupan protein nabati dan hewani yang seimbang untuk masa pertumbuhan yang lebih cepat.

Ikan dengan nama ilmiah Colossoma macropomum ini adalah komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi serta banyak diminati oleh masyarakat, maka jenis ini masuk kedalam golongan hewan omnivora yang akan memakan semua hewan kecil yang ada diair salah satunya serangga air adalah makanan favoritnya.

Para pembudidaya memang dituntut harus mengetahui jenis makanan mana yang paling bagus untuk mendukung masa pertumbuhannya, nah untuk pembudidaya pemula jangan khawatir mari simak penjelasan berikut tentang jenis makanan ikan bawal terbaik!

Jenis Makanan Ikan Bawal Cepat Besar

Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan budidaya yang menguntungkan sangat menguntungkan bagi pembudidaya, karena ikan menjadi yang memiliki harga jual tinggi dan berikut jenis pakan yang sering digunakan para pembudidaya agar ikan tersebut cepat besar antara lain:

Sayuran

Sayuran ini bisa menjadi pakan alternatif yang memiliki nutrisi cukup baik bagi ikan bawal, nah salah satunya adalah kangkung yang merupakan jenis tumbuhan dengan kandungan yang sangat dibutuhkan dan bisa menjadi umpan untuk menarik perhatiannya yang biasanya mudah ditemukan disamping irigasi yang membuat tanah menjadi lembab.

Penggunaannya memang harus dicincang terlebih dulu sebelum diberikan pada ikan bawal, namun tidak hanya sayuran tapi buah-buahan juga bisa digunakan sebagai pakan alternatif yang mendukung pertumbuhannya dan untuk buah-buahan ini bisa mulai diberikan 10 hari semenjak penebaran dimulai.

Sayuran dan buah-buahan tersebut diletakkan di salah satu sudut kolam yang terletak dekat pintu pembuangan air jika pembesaran menggunakan kolam, setelah itu di tempat tersebut bisa juga disimpan di dalam bingkai pakan yang terletak di atas permukaan air kolam dengan posisi terapung.

Ampas Kelapa

Makanan Ikan Bawal Ampas Kelapa

Jenis makanan ikan bawal yang satu ini berasal dari limbah yang asalnya dari sisa-sisa kelapa yang diambil air atau biasa disebut dengan air santan, nah jenis pakan ini ternyata sangat mendukung pertumbuhannya agar cepat besar dalam waktu yang sangat singkat.

Ampas kelapa ini ternyata termasuk kedalam salah satu jenis pakan yang berkualitas, karena memiliki kandungan nutrisi dasar protein dan salah satu limbah rumah tangga yang kaya protein bisa diberikan untuk ikan bawa yang dicampurkan dengan pelet atau bisa juga ditebar langsung.

Kandungan serat galaktomanan pada ampas kelapa ini yang memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol, selain itu  kandungan kadar protein yang lumayan tinggi hingga 11,35% serta total lemak 23,36 % dan akan lebih baik jika pemberiannya di fermentasi terlebih dahulu selama 4-5 hari.

Azolla

Makanan Ikan Bawal Azolla

Kandungan gizi azolla lebih menjanjikan yang terkandung protein yang hingga 31,25 %, lemak sekitar 7,5 %, dan karbohidrat sekitar 6,5 % serta terdapat juga kandungan serat kasar sekitar 13 % dan gula terlarut sekitar 35,56 % yang membuatnya sangat membantu untuk mendukung kenaikan bobotnya.

Pemberian azolla sendiri bisa menekan biaya pakan hingga 20% sebagai makanan ikan bawal agar cepat besar khususnya pada benih, nah untuk aturannya diperlukan pelet 1 kg dan azolla 1 kg untuk 1 kg ikan bawal yang menghasilkan 70 ekor yang dipelihara selama 5 bulan serta bisa dipanen jadi 4 ekor per kg membuat biaya pakan bisa ditekan hingga 30%.

Baca Juga

Daftar Harga Pakan Lele Yang Bagus Untuk Pertumbuhan

Kenali Jenis Pakan Ayam Sumber Energi Dan Protein

Analisa Bebek Petelur 50 Ekor Untuk Pemula Agar Sukses

Pellet

Makanan Ikan Bawal Pellet

Makanan ikan bawal ini biasanya diberikan pada ikan yang masih berupa benih ini akan menggunakan pakan yang dibuat oleh pabrik dengan tujuan agar dapat melengkapi kebutuhan gizi dari pakan alami serta untuk pakan buatan biasanya berupa pelet yang bisa dibuat sendiri oleh para peternak dengan ukuran sekitar 30 gram.

Ukuran pelet juga cukup beragam yang bisa diberikan untuk segala umur dan tentunya ukuran pada pelet dapat disesuaikan dengan umur ikan, maka untuk ikan yang masih berupa benih bisa memberikan pelet yang masih berbentuk tepung atau crumble (butiran kecil seperti pasir) hingga kandungan nutrisi yang dimilikinya juga akan berbeda.

Cara memberikan pelet pada ikan bawal yaitu dengan ditebarkan secara merata di permukaan kolam, karena bertujuannya agar semua ikan bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan makanan tersebut dan terdapat beberapa tipe yang biasa digunakan pembudidaya adalah tipe FF999, 781-2, 781-SP serta 781.

Pakan Alami

Makanan ikan gurame agar cepat besar ini berasal dari mikroorganisme yang cukup murah, karena mengandung kandungan gizi yang sangat baik hingga dapat memenuhi kebutuhan gizi pada setiap harinya dan juga dapat mempercepat kenaikan bobot badan serta jenis mikroorganismenya antara lain:

Plankton Nabati

  • Diatomae (Ganggang kresik), yaitu tanaman ganggang yang memiliki sel tunggal dengan bentuk silinder serta lonjong ini mengandung Karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral untuk tumbuh kembang bibit tersebut.
  • Chlorella (Ganggang hijau) adalah jenis tanaman dengan sel tunggal tapi yang satu ini berbentuk bulat seperti halnya telur, lalu mengandung zat klorofil hingga memiliki warna hijau terang membuatnya sangat cocok digunakan untuk yang masih berukuran kecil.
  • Spirulina Sp yaitu jenis ganggang yang berwarna hijau kebiruan berbentuk spiral, nah biasanya untuk nama ganggang yang satu ini sudah tidak asing lagi yang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker.
  • Tetraselmis Sp adalah salah satu jenis ganggang yang dapat berfotosintesis , karena memiliki zat klorofil dan juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral dan juga vitamin.

Plankton Hewani

  • Brachionis Sp yaitu salah satu jenis mikroorganisme yang memiliki kandungan protein cukup tinggi yang bisa mencapai 57%, sehingga penggunaannya sangat cocok untuk benih-benih ikan bawal yang masih berumur kurang dari 7 hari.
  • Infusoria Sp adalah jenis protozoa dengan penampakan yang terlihat bergerombol jika dilihat akan berwarna putih seperti susu, sehingga plankton jenis ini sangat pas diberikan pada bibit yang masih berumur 7hari.
  • Kutu air merupakan jenis makanan ikan bawal yang bernutrisi, sehingga sangat pas diberikan pada bibit gurame berumur 7 hingga 14 hari yang mengandung kandungan protein cukup besar sekitar 66%.
  • cacing Tubifex atau biasa disebut dengan cacing sutera ini ternyata mengandung 57% protein dan juga 13,3% lemak, maka penggunaannya sangat cocok dijadikan sebagai pakan bibit yang sudah berusia lebih dari 2 minggu.

Lorotan dan Roti Kadaluarsa

Nah untuk makanan tambahan ikan bawal ini bisa memanfaatkan lorotan dan roti уаng telah Kadaluarsa, karena sisa makanan yang menjadi sampah rumah tangga yang tak lagi dimakan manusia yang bіѕа dimanfaatkan kembali untuk dijadikan makanan ikan bawal cepat besar loh.

Pemberian limbah sisa makanan ini bisa disesuaikan dengan jumlahnya, karena jika berjumlah sekarung bisacukup untuk memberikan makan satu kolam yang diisi benih ikan bawal dengan ukuran 40 ekor per kg selama 2 – 3 hari tapi tetap bergantung pada kondisi fisik makanan ikan bawal tersebut.

Penggunaan makanan ikan bawal yang satu ini juga harus benar-benar diperhatikan apalagi jenis pakan tersebut mengandung lapisan minyak, karena hanya boleh diberikan untuk kondisi air yang mengalir dan jika air tersebut menggenang kemungkinan besar minyak tersebut akan menyangkut pada insang ikan hingga menyebabkan kematian.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis makanan ikan bawal cepat besar yang sudah terbukti mampu mendukung kenaikan bobot dalam waktu singkat, karena beberapa jenis limbah makanan pun bisa digunakan sebagai tambahan makanan ikan bawal.

Tinggalkan komentar