Mengenal Jenis Kelinci Kecil Di Indonesia Yang Populer

Kelinci kecil adalah salah satu jenis hewan mamalia yang memiliki tampilan lebih kecil daripada jenis pada umumnya atau bisa dibilang mini, karena biasnya pada bobotnya hanya mampu memiliki bobot sekitar 2,5 kg dan untuk jenis ini juga bisa dikatakan cukup beragam yang sekarang sangat populer dijadikan sebagai hewan peliharaan dengan tampilan yang sangat menggemaskan.

Ciri khas yang dimiliknya memang cukup unik yang terdapat pada bentuk tubuh yang mungil bahkan bisa dibilang kerdil ini jika sekali tatap saja mampu menghasilkan rasa ingin memilikinya, sehingga membuatnya menjadi idola khususnya di kalangan anak-anak. Bagaimana penasaran bukan jenis apa saja yang masuk ke dalam kelinci mini? Mari simak penjelasan berikut!

4 Jenis Kelinci Kecil

Jenis-jenis hewan mamalia yang bertelinga panjang dengan ukuran tubuh mini memang memiliki jenis cukup banyak, namun ada beberapa jenis yang tidak terlalu populer seperti halnya jenis-jenis yang akan dibahas ini masuk ke dalam kelinci hias dan tentunya memiliki ciri khas masing-masing yaitu:

Kelinci Mini Rex

Kelinci kelinci dari jenis mini rex

Pada akhir dekade kedua abad ke-20 atau lebih tepatnya tahun 1919 yang lahir seekor anak dari kelinci abu-abu liar yang berbulu mantel mewah seperti halnya beludru, selain itu juga salah satu jenis kelinci kecil tersebut memiliki bulu pelindung dua kali lebih tebal daripada jenis hewan bertelinga panjang lainnya.

Perkembangan terus dilakukan serta di Paris lah yang pertama kali dipamerkan pada tahun 1924 di depan umum, lalu untuk diakui sebagai trah standar sejak tahun 1925 yang paling banyak di bagian Eropa dan breed tersebut masuk ke AS setelah Paris International Rabbit Show di tahun 1924.

Ciri-ciri Kelinci Mini Rex

Ciri yang bisa diketahui dari jenis kelinci kecil yang biasanya penggunaannya sebagai penghias halaman rumah ini dari ukurannya yang bisa dibilang standar dengan bobot sekitar 1,4 – 2 kg saja, maka dengan bobot tersebut yang membuat tampilan hewan mamalia ini akan terlihat sangat menggemaskan loh dan cukup menarik perhatian apalagi dengan bulu halusnya.

Bagian lainnya yang menunjukkan ciri khas dari kelinci mini jenis ini adalah bagian telinga yang lebar dan tegak dan juga memiliki warna yang sangat menarik perhatian khususnya di kalangan anak-anak kecil yaitu warna hitam, putih, biru, merah dan terdapat juga 3 warna kombinasi yang sangat unik.

Harga Kelinci Mini Rex

Harga pada jenis hewan bertelinga panjang atau kelinci kecil ini memang sangat berbeda yang dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung, nah biasanya harga sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 dan untuk harga ini sudah pure breed quality serta untuk umurnya sudah menginjak 3 bulan.

Calon pemilik yang berminat untuk membelinya untuk mempersiapkan budget terlebih dahulu agar dapat membelinya dengan kualitas quality, selain itu juga jenis ini cukup pas dijadikan sebagai hewan peliharaan dengan sifat yang manja membuatnya cukup mudah didekati oleh anak-anak.

Kelinci Mini Dutch

Kelinci kecil dari jenis mini dutch yang berwarna hitam dan putih

Kelinci jenis ini berasal dari Negara yang terkenal dengan kincir angin tersebut memiliki tampilan tubuh kecil dan biasa disebut sebagai kelinci kecil atau kerdil, nah sejarah telah mencatat bahwa jenis ini yang dahulunya dikenal dengan sebutan The Brabancon Petit atau yang menunjukkan bahwa kelinci tertua yang ada di Belanda.

Fisik yang kecil atau kerdil dengan bobot yang hanya mencapai sekitar 1 hingga 2,5 kg yang tentunya membuat tampilannya sangat menggemaskan, lalu juga didukung dengan kombinasi warna yang unik seperti warna putih melingkar berbentuk pelana mulai dari punggung hingga kebagian leher dan juga kaki.

Ciri-ciri Kelinci Dutch

Kelinci dutch juga memiliki ciri-ciri yang membuatnya paling banyak digemari seperti halnya pada kelinci jenis lainnya, selain badannya yang mungil tentu pada bobotnya juga maksimal hanya mampu sekitar 2,5 kg saja dengan kombinasi warna yang sangat menarik dan didukung dengan corak yang unik membuatnya jadi terkesan lebih rapi.

Hewan mamalia ini memiliki fertilisasi yang memang tinggi pada kelinci betina yang membuatnya dalam sekali masa hamil mampu melahirkan anak sebanyak 8 ekor, tentunya pada masa kehamilan sekitar 30 hingga 33 hari dengan masa bertahan hidupnya 5 – 8 tahun loh.

Aneka Resep Bebek Cabe Ijo Yang Lezat

Manfaat Ayam Kalkun

Keunikan lainnya pada kelinci kecil dutch ini saat anak-anaknya berusia 4 hingga 6 minggu sang induk sudah tidak menyusuinya lagi, maka jangan kaget jika suatu saat pemilik yang memelihara kelinci jenis ini pada masa kehamilan hingga melahirkan dan sangat disarankan pada masa itu harus memberikan perhatian lebih.

Harga Kelinci Dutch

Harga pada kelinci jenis ini biasanya dapat disesuaikan dengan usianya dan juga jenis lainnya, maka kedua faktor tersebut membuat harganya menjadi lebih mahal apalagi jika hewan mamalia ini memiliki keahlian yang diajarkan sang pemilik dan sudah mempunyai piagam juara saat perlombaan membuat harganya semakin tinggi.

Hewan mamalia jenis ini pada saat berumur 1 hingga 3 bulan akan memiliki harga sekitar Rp 50.000 sampai Rp 200.000, nah untuk kelinci kecil yang berusia 3 bulan lebih harganya bisa mencapai Rp 200.000 – Rp 2.000.00 dan sangat disarankan untuk membelinya saat berusia ini agar tidak rentan terhadap penyakit.

Kelinci Kecil Fuzzy Lop

Kelinci mini fuzzy lop dengan ciri khas bertelinga panjang

Jenis kelinci kecil ini memiliki ciri khas yang tentunya di bagian telinganya yang tidak berdiri tegak hingga terkesan menggantung ke bawah, selain itu juga memiliki moncong yang cukup pendek serta bulu di seluruh tubuhnya berukuran cukup panjang bisa mencapai 6 – 7 cm dan masuk ke dalam salah satu hewan mamalia yang memiliki daya tahan tubuh cukup kuat.

Pemberian pakan harus rutin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hewan mamalia jenis ini saat berumur 1,5 bulan bisa memberikan jenis pakan berupa pelet dengan dosis sekitar 2,5 per ons untuk takaran setiap hari, lalu jenis pakan lainnya yang bisa diberikan adalah Hay Timothy dengan dosis 1 gram/ekor dan tidak lupa selalu menyediakan air sebanyak 500 ml per hari.

Harga Kelinci Fuzzy Lop

Harga salah satu jenis kelinci Lop ini bisa dibilang cukup mahal yang biasanya tergantung pada umurnya dan untuk yang sudah berumur dewasa harus merogoh budget sekitar Rp 500.000, nah untuk harga tersebut biasanya untuk kelinci fuzzy lop yang Breed Blood atau ras asli yang tidak didapatkan dari proses persilangan.

Para penggemar hewan mamalia ini cukup dicari dan sangat populer cocok untuk dijadikan sebagai teman, walaupun harganya bisa dibilang cukup mahal tapi agar mendapatkan harga lebih murah bisa membelinya saat berusia sekitar 3 bulan yang memiliki harga jual sekitar Rp 250.000 per ekor.

kelinci Mini Hotot

Kelinci mini hotot yang berwarna putih dan hitam dibagian matannya

Kelinci kecil yang bernama mini hotot ini berasal dari Jerman yang pada awalnya dikembangkan dengan cara terpisah di Jerman Barat dan juga Jerman Timur di awal tahun 1970-an, namun dengan perkembangan zaman yang membuatnya saling disilangkan untuk bertujuan agar mendapatkan keturunan yang lebih sempurna.

Persilangan-persilangan dilakukan memang sangat membutuhkan waktu cukup lama agar mendapatkan hasil yang benar-benar diinginkan, nah pada generasi awal memang menghasilkan warna yang hitam tapi dengan proses seleksi ketat akhirnya didapatkanlah jenis kelinci kecil atau mini Hotot yang berwarna putih dan berikut penjelasan lengkapnya yaitu:

Ciri-ciri Kelinci mini Hotot

Ciri khas yang paling unik dari salah satu jenis kelinci kecil ini terdapat pada warna hitam yang tidak terlalu banyak pada sekeliling matanya, sehingga hal tersebut lah menjadi salah satu daya tarik yang dimilikinya dan berikut ciri khas lainnya yaitu:

  • Memiliki badan yang kecil dan seimbang
  • Bagian kepala akan bundar hingga membuat leher tidak terlihat
  • Berbentuk bundar pada matanya dan bercahaya dengan warna coklat gelap
  • Memiliki telinga yang cukup pendek
  • Setiap helai bulunya agar besar tapi padat dengan tekstur lembut
  • Memiliki warna bulu yang putih bersih di seluruh tubuh tapi tidak pada lingkaran matanya

Harga Kelinci Mini Hotot

Harga untuk salah satu kelinci kecil yang berwarna putih ini bisa dibilang cukup murah dan tentunya tidak akan menyentuh angka hingga jutaan, karena untuk yang masih berumur 1 hingga 3 bulan akan memiliki harga sekitar Rp 90.000 – Rp 300.000 tapi akan berbeda jika sudah berumur 3 bulan ke atas harganya bisa lebih tinggi mulai dari Rp 400.000.

Hewan mamalia ini memang memiliki harga yang sangat murah dibandingkan dengan jenis sebelumnya, maka membuatnya sangat recomended untuk dijadikan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan ini dengan telinga yang pendek.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis kelinci kecil yang sangat populer dijadikan sebagai hewan peliharaan dengan keunikan masing-masing yang sangat menarik perhatian, sehingga tidak salah banyak penggemar kelinci yang memeliharanya dan bahkan banyak yang membudidayakannya apalagi harganya jualnya cukup tinggi.

Give a Comment