Mengenal Jenis Kelinci Australia, Bisa Di Ternak Loh

Kelinci Australia adalah jenis kelinci yang tentunya berasal dari Australia yang memiliki ciri khas dengan bulu yang lebat serta juga bertekstur lembut, lalu juga memiliki bobot yang hampir menyaingi jenis Giant dengan bobot sekitar 10 kg dan untuk jenis hanya memiliki bobot yang mencapai sekitar 7 kg saja.

Penggunaan jenis hewan mamalia bertelinga panjang ini tidak hanya sebagai hewan hias tapi bisa juga sebagai hewan pedaging yang berkualitas, karena tubuh yang cukup besar dan juga tampilannya mampu menarik perhatian apalagi memiliki reproduksi yang tinggi jika diternakkan akan cukup menjanjikan.

Bagaimana tertarik untuk dijadikan sebagai hewan pedaging? Karena memiliki tubuh cukup besar ini dan juga didukung oleh harga jual yang cukup tinggi, maka untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan berikut agar mengetahui kelinci Australia lainnya!

Ketahui Kelinci Australia!

Jenis kelinci yang banyak berkembang dan berasal dari Negara Australia ini terkenal dengan bobot yang cukup besar, selain itu juga memiliki produksi anak dengan cepat untuk satu ekor indukan saja mampu melahirkan anak sekitar 4 hingga 5 kali beranak dan setiap kali beranak bisa menghasilkan 6 hingga 10 ekor loh.

Ketahui Kelinci Australia

Penggunaannya memang memiliki dua fungsi yang bisa sebagai hewan peliharaan ataupun hewan ternak yang menghasilkan daging, karena hewan mamalia konsumsi ini memiliki rasa daging yang begitu lezat serta juga rendah lemak pada kandungan daging dan juga memiliki harga cukup murah.

Mengenal Jenis Kelinci Hycole

Mengenal Jenis Kelinci Putih Yang Di Budidayakan

Pembudidayaan hewan mamalia bertelinga panjang ini cukup mudah untuk diternakkan yang membuat banyak peternak-peternak pemula untuk memelihara kelinci Australia ini, apalagi jenis ini dalam pemeliharaan yang lebih mudah daripada jenis lainnya tapi untuk peternak pemula harus mengetahui terlebih dahulu tata cara pemeliharaannya.

Ciri-ciri Kelinci Australia

Ciri-ciri yang memang harus diketahui para pembeli bisa dilihat dari bentuk tubuhnya yang bisa dibilang cukup besar, sikap kelinci Australia dewasa akan menjadi agresif, memiliki tubuh yang panjang, dengan kaki cukup jenjang dan akan memiliki corak warna bulunya chesnut.

ciri Kelinci Australia

Pembelian hewan mamalia jenis ini memang harus benar-benar diperhatikan dan perlu di ingat bahwa di Indonesia sendiri sangat dipastikan tidak akan ada yang menjual dengan ras asli, karena untuk ras Australia ini jika masuk ke Negara Indonesia akan langsung terkena Virus yang membuatnya tidak akan bertahan hidup.

Nah penjelasan di atas sudah dipastikan khusus di Negara Indonesia tidak akan ada yang menjual ras asli dan jika ada pun dipastikan bukan ras asli, maka saat membeli harus hati-hati apalagi jika membelinya di pedagang kelinci pinggir jalan yang sangat tidak memungkinkan penjual kelinci ras Australia.

Harga Kelinci Australia

Harga hewan mamalia menggemaskan ini tentunya akan berbeda yang dipengaruhi oleh keunggulan indukan yang mungkin harganya akan lebih mahal, nah untuk harga sepasangnya saja sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 dan itupun akan tergantung pada ukuran tubuhnya serta juga umurnya.

Harga Kelinci Australia

Jenis kelinci Australia ini masuk ke dalam kategori hewan peliharaan dengan harga yang cukup mahal, namun juga termasuk hewan yang rentan terhadap penyakit dan untuk para peternak jenis ini harus mempersiapkan biaya cadangan agar dapat memasok nutrisi tambahan dalam menjaga kesehatannya.

Ras asli hewan mamalia ini yang dibesarkan dengan perawatan yang tepat akan memiliki jauh lebih tinggi daripada jenis Australia biasa, karena harga jual untuk satu ekornya sekitar Rp 400.000 adalah bentuk harga yang bisa dibilang sangat murah untuk ras asli ini dan untuk usia yang kurang lebih 3 bulan.

Persilangan memang terus dilakukan yang membuat jenis ini menghasilkan anakan dari hasil persilangan jenis lainnya, sehingga harga yang dimilikinya juga jauh lebih murah sekitar Rp 40.000 – Rp 70.000 untuk yang masih berumur 2 bulan dan dalam perawatannya juga akan sama seperti halnya ras asli.

Cara Ternak Kelinci Australia

Cara Ternak Kelinci Australia

kelinci jenis ini memang masuk ke dalam jenis ternak pedaging yang dikonsumsi dan sangat mudah dikembangbiakkan, karena jika dipelihara dengan perawatan yang tepat serta juga didukung dengan pemberian pakan bernutrisi akan membuat bobotnya lebih besar hingga mencapai bobot sekitar 7 kg lebih.

Sistem produksinya memang cukup tinggi yang membuat banyak petani yang beralih sebagai peternak kelinci Australia, karena mampu menghasilkan dalam satu kali masa kehamilan sebanyak 6 hingga 10 ekor loh dan setiap indukan bisa melahirkan 4 sampai 5 kali dalam satu tahun loh.

Pilihlah indukan yang berkualitas atau unggul jika ingin dijadikan hewan ternak dan tentunya akan memiliki ciri yang benar-benar harus diketahui dengan ciri yang bisa dilihat mulai dari matanya akan bersinar, memiliki bulu halus, kondisi yang sehat, normal dan tidak cacat di seluruh tubuhnya.

Ciri indukan yang berkualitas juga dapat dilihat dari jumlah putingnya dan jika memiliki 8 puting berati indukan kelinci Australia memiliki kualitas tinggi, selain itu jika putinya berjumlah kurang dari 8 maka indukan tersebut tidak berkualitas jika dikembangbiakkan atau bisa dikatakan jelek.

Penggunaan jenis pakan yang akan diberikan juga harus diperhatikan kandungan nutrisinya apalagi jenis ini harus memberikan pakan yang mengandung nutrisi tinggi, selain itu jadwal pemberian pakan juga harus tepat (pagi, siang dan malam) serta porsi yang harus diberikan juga tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Porsi yang bisa diberikan dapat disesuaikan dengan bobot dan usianya, nah untuk peternak harus memperhatikan proses perkawinan atau proses reproduksi dan sangat disarankan untuk dikawinkan saat berumur 5 hingga 6 bulan serta pilihlah waktu proses perkawinan pada waktu sore atau pagi hari.

Perkawinan hanya bisa dilakukan untuk 10 indukan bisa dikawinkan dengan 1 kelinci jantan saja, maka untuk caranya dengan memasukkan indukan ke dalam satu kandang serta perkawinan akan membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 10 hari saja dan jika perkawinan tersebut sukses kelinci Australia betina akan menunjukkan tanda-tanda yang tidak biasanya.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang kelinci jenis ini dari penjelasan singkat tentang kelinci Australia hingga tata cara beternaknya, namun sangat tidak memungkinkan jika kelinci jenis ini diternakkan di Indonesia tapi bisa mencari jenis lainnya yang masih satu ras dengan Australia agar kualitas bobotnya tetap berkualitas dijadikan sebagai hewan pedaging berkualitas.

Pemeliharaan yang harus diperhatikan adalah pada saat memberikan minumannya yang harus dipastikan untuk memberikan minuman yang sehat, karena dengan air putih saja tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya dan pemberian minum juga tidak boleh berlebihan yang akan membuatnya mengalami diare.

Related Topics

Give a Comment