Kelinci Putih, Salah Satu Kelinci Lokal Kelinci Pedaging

Kelinci putih adalah salah satu hewan yang bisa dibilang menggemaskan dengan warna putih bersih yang lengkap dengan telinga panjang serta berbulu halus, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan dengan keunikannya tersendiri pada kelinci putih ini dan tentu banyak sekali ciri serta jenisnya tersendiri.

Hewan mamalia yang ini pastinya akan identik dengan tampilan yang selalu bersih serta terawat dengan sifatnya yang cukup manja dan juga sedikit agresif pada saat bermain, maka tidak heran jika penggemar umumnya anak-anak kecil untuk hewan berbulu halus ini.

Jenis kelinci ini memang cukup banyak tapi yang terdapat beberapa yang cukup populer dijadikan salah satu hewan peliharaannya, karena hewan mamalia ini memiliki tingkat produksi yang cukup tinggi membuatnya cukup mudah untuk dikembangbiakkan. Penasaran jenis apa saja? Yuk mari simak!

2 Jenis Kelinci Putih

Jenis Kelinci Putih

Kelinci yang berwarna putih bersih ini memiliki jenis dan ternyata ada beberapa yang masuk ke dalam jenis hias, namun ada juga yang masuk ke dalam kategori hewan pedaging yang peternak pelihara untuk menghasilkan daging dan berikut jenisnya antara lain:

Kelinci New Zealand

Kelinci New Zealand

New Zealand adalah salah satu jenis kelinci yang dipelihara sebagai hewan peliharaan tapi untuk di Indonesia sendiri sangat terkenal dijadikan sebagai hewan ternak untuk menghasilkan daging, karena untuk jenis ini memiliki bobot yang di atas rata-rata kelinci biasanya dan bobot tersebut mampu bertambah dalam waktu yang singkat.

Keunikannya cukup terkenal terdapat pada bulunya yang berwarna putih dengan mata berwarna merah, sehingga tidak salah banyak yang menggunakannya sebagai hewan peliharaan bukan hewan pedaging ini berasal dari Amerika dan juga hasil persilangan dari jenis flemish giant.

Jenis Kelinci Giant German

Bebek Peking F1 Salah Satu Bebek Pedaging Terbesar

Manfaat yang dimiliki hewan mamalia jenis ini cukup banyak dan salah satunya diternakkan sebagai hewan pedaging dengan bulu yang sangat halus, maka penggunaannya juga bisa dijadikan sebagai kelinci kontes atau juga sebagai percobaan untuk berbagai macam penelitian di laboratorium dan berikut penjelasan lainnya yaitu:

Ciri-ciri Kelinci New Zealand

Kelinci putih yang berasal dari Amerika ini memiliki 4 variasi warna yang sudah diakui oleh ARBA yaitu hitam, merah, putih dan broken yang memiliki ciri khas tersendiri membuatnya memiliki banyak penggemar salah satunya pada matanya yang berwarna merah tersebut mampu menarik perhatian.

Reproduksi pada kelinci jenis ini memang sangat tinggi pada saat melahirkan saja mampu menghasilkan 10 hingga 12 ekor, nah pada setiap anak akan memiliki ciri-ciri yang hampir sama bahkan tidak dapat dibedakan dan kadang terdapat juga jenis lokal yang diberi nama Kelinci New Zealand Magelang.

Memiliki bentuk yang penuh dan juga pada badannya masuk ke dalam ukuran medium dengan kepala yang cukup besar serta bulat, lalu juga memiliki bobot badan yang bisa mencapai 5,44 kg hingga membuat penggunaan jenis sebagai kelinci ternak penghasil daging dan untuk bagian bulu yang halus serta tebal banyak digunakan sebagai bahan pembuat baju hangat.

Usianya bisa mencapai 10 tahun bahkan bisa lebih jika dipelihara dengan perawatan yang baik dan tidak lupa memberikan pakan dengan kandungan nutrisi yang pas, maka salah satu jenis kelinci putih ini dapat terjaga kesehatannya dan untuk pemula yang ingin memeliharanya bisa mencari informasi pada breeder kelinci yang sudah berpengalaman.

Harga Kelinci New Zealand

Harga untuk salah satu jenis kelinci putih ini memang akan berbeda-beda yang didukung beberapa faktor mulai dari segi indukkan, bobot dan juga usia dari hewan mamalia jenis ini jika memiliki bobot sekitar 3,6 hingga 4,2 kg dengan umur sekitar 10-15 bulan akan memiliki harga mampu mencapai Rp 300.000 sampai Rp 350.000 per ekor.

Nah untuk bentuk harga, terdapat juga yang lebih ramah di kantong jika ingin menjadikannya sebagai hewan peliharaan yang tentunya akan dipengaruhi oleh salah satu faktor tersebut dengan bobot sekitar 3-4 kg dan berumur sekitar 10-15 bulan pada harganya berkisar Rp 150.000 hingga Rp 200.000.

Selain itu untuk yang sedang mencari anakan dari salah satu kelinci putih ini juga memiliki harga yang tentunya dipengaruhi oleh umur, karena jika anakan berumur sekitar 6 hingga 75 hari akan memiliki harga sekitar Rp 75.000 sampai Rp 100.000 dan sangat disarankan untuk pembelian kelinci jenis ini agar membeli di breeder terpercaya.

Kelinci Dwarf Hotot

Kelinci Dwarf Hotot

Jenis kelinci putih yang satu ini berasal dari Jerman yang pada awalnya dikembangkan dengan cara terpisah di Jerman Barat dan juga Jerman Timur di awal tahun 1970-an, namun dengan perkembangan zaman yang membuatnya saling disilangkan untuk bertujuan agar mendapatkan keturunan yang lebih sempurna.

Persilangan-persilangan dilakukan memang sangat membutuhkan waktu cukup lama agar mendapatkan hasil yang benar-benar diinginkan, nah pada generasi awal memang menghasilkan warna yang hitam tapi dengan proses seleksi ketat akhirnya didapatkanlah jenis kelinci Dwarf Hotot yang berwarna putih dan berikut penjelasan lengkapnya yaitu:

Ciri-ciri Kelinci Dwarf Hotot

Ciri khas yang paling unik dari salah satu jenis hewan mamalia ini terdapat pada warna hitam yang tidak terlalu banyak pada sekeliling matanya, sehingga hal tersebut lah menjadi salah satu daya tarik yang dimilikinya dan berikut ciri khas lainnya yaitu:

  • Memiliki badan yang kecil dan seimbang
  • Bagian kepala akan bundar hingga membuat leher tidak terlihat
  • Berbentuk bundar pada matanya dan bercahaya dengan warna coklat gelap
  • Memiliki telinga yang cukup pendek
  • Setiap helai bulunya agar besar tapi padat dengan tekstur lembut
  • Memiliki warna bulu yang putih bersih di seluruh tubuh tapi tidak pada lingkaran matanya

Harga Kelinci Dwarf Hotot

Harga untuk salah satu kelinci putih ini bisa dibilang cukup murah dan tentunya tidak akan menyentuh angka hingga jutaan, karena untuk yang masih berumur 1 hingga 3 bulan akan memiliki harga sekitar Rp 90.000 – Rp 300.000 tapi akan berbeda jika sudah berumur 3 bulan keatas harganya bisa lebih tinggi mulai dari Rp 400.000.

Jenis hewan mamalia ini memang memiliki harga yang sangat murah dibandingkan dengan jenis sebelumnya, maka membuatnya sangat recomended untuk dijadikan hewan peliharaan yang sangat menggemaskan ini dengan telinga yang pendek.

Kesimpulan

Itulah 2 jenis dari hewan menggemaskan ini yang harus diketahui mulai dari ciri-cirinya serta juga pada harganya, karena untuk pemula hal tersebut memang cukup penting agar perawatan yang diberikan dapat disesuaikan dari jenisnya apalagi khusus kelinci putih.

Nah namanya juga kelinci putih yang pastinya harus merawatnya dengan baik agar selalu terlihat putih yang identik dengan nilai kebersihan yang dimilikinya, selain itu juga dari jenis yang dijelaskan diatas memang diambil dari fungsinya sebagai hewan yang menghasilkan daging untuk jenis kelinci Kelinci New Zealand.

Give a Comment