Jenis Kelinci German Giant & Beberapa Faktanya

Kelinci german giant adalah salah satu kelinci yang memiliki ukuran tubuh cukup besar tapi ukuran tersebut juga akan berbeda-beda tergantung pada ras dan jenisnya, karena untuk spesies salah satu hewan mamalia ini cukup banyak yang memiliki ciri khas masing-masing pada ras dan jenisnya.

Penggunaannya bisa sebagai hewan ternak yang dimanfaatkan menjadi hewan pedaging ataupun ternak hias, maka hewan menggemaskan ini masuk ke dalam Mamalia dari familia Leoporidae yang memiliki jenis cukup banyak di seluruh bagian dunia dan sangat recomended jika dijadikan sebagai hewan peliharaan yang tentunya cukup mudah dalam perawatannya.

Jenis kelinci yang satu ini memiliki tubuh cukup besar dan sebanding dengan bobotnya yang bisa mencapai 15 kg bahkan lebih, sehingga sering disebut sebagai kelinci raksasa tersebut mulai dibudidayakan sejak dahulu pada jenis kelinci german giant dan berikut penjelasan lebih dalam tentang hewan mamalia jenis ini. Mari simak!

Ciri Kelinci German Giant

Kelinci German Giant

Ciri-ciri yang bisa dibilang khas memang akan dimiliki setiap jenis hewan mamalia ini yang masuk ke dalam golongan kelinci dengan tubuh raksasa, selain itu juga sering disebut dengan Vlaamesreus yang cukup menonjol dengan ukuran tubuh yang besar memiliki karakteristik rambut pendek atau Short hair.

Jenis Kelinci Bligon

Tanda Kelinci Melahirkan Yang Harus Di Perhatikan

Kelinci yang memiliki berat hingga mencapai 15 kg ini tapi rata-rata berat tersebut tentunya akan dipengaruhi oleh pemberian pakan yang tepat, nah biasanya untuk jantan akan memiliki bobot sekitar 7,5 kg dan untuk betina bobot tubuhnya mampu mencapai 7,8 kg yang kadang jika didukung pemberian pakan yang tepat bobotnya akan lebih dari itu.

Jenis hewan dari mamalia yang satu ini memiliki variasi rambut yang cukup beragam dan yang paling sering dijumpai yaitu Steel Gray (abu-abu) serta juga Sandy (seperti pasir) tapi juga memiliki warna lainnya mulai dari  hitam, putih, light gray (abu-abu muda), biru dan fawn.

Penggunaannya memang sebagai hewan peliharaan atau bisa juga dijadikan hewan ternak yang dimanfaatkan sebagai hewan pedaging, sehingga tidak salah jika banyak peternak kelinci yang sengaja dikawinsilangkan dengan jenis lainnya untuk meningkatkan produksi daging yang lebih unggul pada kelinci german giant ini.

Pada umumnya hewan mamalia jenis ini bisa dikawinkan saat berusia 10 – 12 bulan yang mampu menghasilkan anak cukup banyak, maka jika ingin memeliharanya sangat disarankan menggunakan sistem perkandangan khusus untuk wilayah dengan ketinggian sekitar 250 – 500 m di atas permukaan laut bisa menggunakan kandang individu terbuat dari kayu.

Pakan Kelinci German Giant

Jenis pakan yang biasanya diberikan oleh para peternak senior bisa memanfaatkan hijauan untuk pakannya dan juga produk-produk hasil pertanian, karena kelinci sendiri masuk ke dalam jenis hewan herbivora non-rumunansia serta juga dapat memberikan dengan jumlah kecil konsentrat ruminan dan jenis pakan ayam.

Pada umumnya hewan mamalia menggemaskan ini dalam sistem pencernaannya mampu mencerna serat kasar, sehingga membuat laju pakan di dalam ususnya bisa lebih cepat yang menyebabkan tingkat konsumsi menjadi lebih tinggi dan juga dapat mencerna kandungan protein dari tanaman berserat yang dimanfaatkannya lebih efektif.

Pemberian jenis pakan pada hewan menggemaskan ini juga akan tergantung pada sistem pemeliharaan yang digunakan para peternak khususnya, nah untuk sistem pemeliharaan secara ekstensif dapat memanfaatkan jenis pakan dari penghijauan yang ada di sekitar kandang membuat peternak lebih dapat menekan biaya pakan.

Sedangkan untuk sistem pemeliharaan semi intensif biasanya kelinci german giant akan diberi pakan hijauan atau hay dan juga pelet, maka untuk sistem pemeliharaan intensif biasanya akan menggunakan jenis pakan berupa pelet untuk mendukung kenaikan bobot badan tapi memiliki kelemahan yang terdapat pada harganya sering melonjak tinggi.

Harga Kelinci German Giant

Harga untuk hewan mamalia yang memiliki tubuh cukup besar ini tentunya memiliki harga yang berbeda-beda biasanya tergantung pada umur, bobot, usia dan kualitas si kelinci tersebut serta harganya sebagai berikut yaitu :

UsiaHarga
1 bulan (per ekor)Rp 150.000
2 bulan (per ekor)Rp 300.000
7 bulan (jantan, per ekor)Rp 450.000
2 bulan (sepasang)Rp 650.000
Betina siap kawinRp 1.100.000
Ras imporRp 4.500.000

Tabel di atas adalah bentuk harga yang sudah di rangkum dari beberapa sumber, nah untuk harga tersebut mungkin saja dapat berubah dengan berjalannya waktu dan juga ketersediaan dari jenis kelinci german giant nya sendiri yang didukung oleh masing-masing tempat yang menjualnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan yang akan membantu tentang pengenalan lebih dalam untuk hewan mamalia yang menggemaskan ini, maka sebelum membelinya harus mengetahui tentang jenis pakan apa saja yang bisa diberikan apalagi jika penggunaan kelinci german giant ini untuk diternakkan.

Nah untuk kelinci ini salah satu jenis yang sering digunakan sebagai hewan peliharaan serta juga bisa dijadikan salah satu bisnis ternak yang cukup menjanjikan loh, karena memiliki harga jual yang bisa dibilang cukup tinggi satu ekornya saja bisa sekitar Rp 4.500.000 tapi hanya untuk Kelinci german giant ras impor.

Give a Comment