Ketahui Tanda Kelinci Melahirkan & Cara Merawatnya

Kelinci melahirkan memang harus diketahui ciri-cirinya agar pemilik dapat melakukan perawatan yang sesuai, karena setiap memelihara bintang yang pastinya akan mengalami proses mengandung atau melahirkan apalagi untuk para peternak yang dituntut harus mengetahuinya.

Hewan jenis ini memang tipe hewan peliharaan yang sangat mudah untuk dikembangbiakkan, selain harganya bisa dibilang mahal tapi hewan peliharaan yang satu ini cukup menyenangkan yang tidak memiliki sikap agresif dan perawatan khusus seperti halnya hewan peliharaan pada kucing serta anjing.

Peternak kelinci pastinya sudah memahami ciri-ciri hamil hingga akan melahirkan, namun untuk peternak pemula sebelum memulai berternak hewan yang satu ini dituntut untuk mengetahui segala hal yang cukup penting untuk mendukung perkembangbiakannya dan berikut ciri-ciri kelinci melahirkan yang harus diketahui. Mari simak!

Kelinci Yang Sedang Melahirkan Akan Memiliki Tanda

Kelinci Melahirkan

Ciri-ciri kelinci melahirkan yang cukup umum diketahui salah satunya adalah sikap yang lebih agresif, maka hal tersebut memang saat-saat itulah membuat kelinci akan sulit untuk bergerak hingga satu-satunya cara untuk mempertahankan diri dengan merubah sikapnya menjadi lebih agresif dan ciri-ciri lainnya yaitu:

  • Bulu pada kelinci betina yang akan melahirkan akan mengalami kerontokan.
  • Terlihat lebih gelisah jika sudah mendekat hari kelahiran, maka akan terlihat menggali-gali tanah atau bahkan merusak kandang untuk mempersiapkan kelahiran.
  • Sikap yang terlihat lebih galak atau sangat agresif, karena hal tersebut terjadi sebagai perlindungan dirinya.

Beberapa Tanda Kelinci Melahirkan

Ciri Fisik Kelinci Hamil

Ciri-ciri kelinci akan melahirkan memang harus diketahui memang harus diketahui sejak usia kehamilan masih dini agar saat kelinci melahirkan pemilik sudah mempersiapkan segalanya, sehingga masa tersebut juga akan mendukung perkembangbiakan yang baik untuk kelinci dan berikut ciri-ciri yang wajib diketahui yaitu:

Perhatikan Tingkah Lakunya

Memperhatikan tingkah lakunya akan menjadi ciri pertama yang dapat diketahui apalagi kelinci masuk ke dalam. golongan hewan dengan tingkat reproduksinya cukup tinggi, sehingga tingkah laku yang ditunjukkan sang induk tersebut untuk mempersiapkan kelahiran calon anak-anak kelinci.

Cara Mudah Membuat Kelinci Kawin

Kenali Jenis Bebek Peking F1 Yang Bobot Hingga 4Kg

Kelinci betina yang sehat akan melahirkan 5 hingga 15 anak dalam satu kali kehamilan dan untuk satu tahun kelinci akan mengalami masa kehamilan hingga 5 kali, nah untuk kelinci yang hamil akan menunjukkan perubahan tingkah laku seperti di bawah ini yaitu:

Menjadi Lebih Galak

Kelinci Melahirkan Akan Berubah Menjadi Galak

Kelinci yang sedang hamil membuat perubahan pada sifatnya menjadi lebih galak sejak hewan peliharaan yang satu ini mulai memasuki hari ke 7 setelah melakukan proses perkawinan, karena biasanya akan memiliki sifat yang tenang serta jinak dan jika sifat tersebut berubah menjadi lebih galak pada hari ke 14 sudah bisa dinyatakan bahwa kelinci tersebut hamil.

Perubahan sifat yang mendadak tersebut bisa menjadi ciri pertama yang akan diketahui oleh peternak jika memperhatikannya, nah pada jantannya pun akan terlihat lebih galak ketika hal tersebut terjadi dan sangat disarankan untuk memindahkan hewan peliharaan yang satu ini ke kandang khusus untuk perawatan lebih intensif.

Terlihat Menggali-gali Tanah

Perhatikan jika hewan menggemaskan ini sudah mulai aktif dalam menggali-gali tanah yang akan menjadi ciri alami, karena untuk mempersiapkan segalanya saat kelinci melahirkan akan menggali-gali terus menerus bahkan pada kandangnya sendiri.

Kelinci Melahirkan Akan Terlihat Menggali Tanah

Ciri inilah adalah ciri alami yang akan diperlihatkannya untuk mempersiapkan kehamilan dan tempat untuk melahirkan, karena di alam bebas kelinci melahirkan di dalam lubang yang dibuatnya sendiri di bawah tanah agar terhindar dari beberapa predator lainnya yang mengancam kelangsungan hidupnya.

Peternak memang diwajibkan untuk menyediakan kandang khusus untuk masa kehamilannya memang harus sedikit lebih tertutup dan agar merasa nyaman, nah hal lainnya yang cukup penting diketahui pada hari ke 24 atau 25 hewan menggemaskan ini harus sudah dipindahkan pada kandang khusus.

Mudah Lapar

Hewan yang sedang mengalami masa kehamilan pastinya akan membuat sifatnya yang mudah lapar, karena disebabkan agresivitas yang meningkat dan perubahan ini akan menjadi ciri-ciri yang cukup mudah diketahui dan para peternak tidak mengetahuinya cukup memperhatikan perubahan sikap tersebut untuk dapat menyatakan bawah kelinci sedang mengalami kehamilan.

Ciri ini memang cukup umum pada semua makhluk hidup betina yang sedang mengalami kehamilan akan terlihat mudah lapar, karena hal tersebut yang dilakukan sang induk untuk memenuhi asupan gizi untuk janinnya apalagi jika jumlah janin sang induk cukup banyak yang membuatnya sangat mudah merasa kelaparan.

Hal yang harus dilakukan peternak adalah mempersiapkan porsi pakan yang cukup banyak atau sekitar 2 kali lipat dari biasanya, sehingga jika pada malam hari tiba saat sang induk mencari makanan tapi sudah tersedia dan harus cukup serta jika tidak akan mempengaruhi sanga induk dalam memproduksi air susunya.

Perhatikan Perubahan Fisik

Perubahan fisik yang akan terjadi untuk semua makhluk hidup betina saat hamil akan mengalami perubahan pada perutnya yang semakin membesar setiap hari, selain itu pada hewan jenis ini bisa dilihat dari mulutnya yang akan memiliki warna lebih kemerahan.

Warna mulut menjadi lebih merah terjadi pada kelinci yang sedang hamil disebabkan oleh sifat agresif, karena saat agresifnya meningkat hewan jenis ini akan sering membuka mulutnya jika ada hal lainnya yang mendekat akan membuka mulutnya seakan akan menggigit dan ini adalah ciri awal kehamilan yang bisa ketahui.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri yang bisa diketahui agar peternak dapat mempersiapkan saat kelinci melahirkan, karena hal tersebut untuk mendukung perkembangbiakan dan pada saat masa hamil juga peternak harus memberikan perhatian yang cukup dengan memenuhi asupan gizinya saat memberikan pakan.

Kelinci memiliki masa kehamilan yang cukup singkat dan tidak sampai 40 hari sejak terjadinya perkawinan, karena pada saat hamil perilaku sang induk akan lebih agresif serta nafsu makannya akan terus bertambah yang membuat perut semakin membesar dan terjadi perubahan warna pada mulutnya ketahui perubahannya agar dapat mempersiapkan tempat untuk kelinci melahirkan.

Related Topics

No Responses

Give a Comment