Pelajari Cara Kelinci Kawin & Tanda Sukses Kawin

Kelinci kawin yang sukses akan memiliki ciri tersendiri sebelum ciri-ciri kehamilan tampak, karena hewan mamalia menggemaskan ini masuk kedalam jenis hewan yang cukup mudah untuk dikembangbiakkan hingga dapat melestarikannya dengan mudah agar terhindar dari kepunahan.

Peternak harus melakukan persilangan atau perkawinan agar menghasilkan jenis yang terbaru, maka dalam persilangan tersebut jangan pernah dilakukan sembarangan yang akan membuat hewan mamalia ini mudah stres dan bahkan bisa melukai pasangannya yang akan disilangkan.

Jenis hewan ini masuk kedalam jenis hewan yang memiliki kemampuan reproduksi yang cukup tinggi, sehingga dalam satu tahun bisa bereproduksi sebanyak 2 kali dan pada umumnya hewan menggemaskan ini dalam sekali beranak bisa menghasilkan anak cukup banyak dan berikut penjelasan lengkap tentang kelinci kawin. Mari simak!

Ketahui kesiapan Kelinci Kawin

cara Kelinci Kawin

Kelinci yang sudah siap kawin biasanya saat memasuki umur sekitar 4,5 hingga 5 bulan untuk ukuran yang kecil, nah untuk yang berukuran sedang saat berumur 5,5 hingga 6,5 bulan dan untuk yang memiliki ukuran besar saat berumur 7 bulan keatas.

Masa kawin pada hewan mamalia ini cukup lama sekitar 9 bulan yang biasanya akan dimulai pada bulan Februari atau Oktober, namun beda cerita lagi jika sistem pemeliharaannya yang menaruh langsung di dalam kandang yang mungkin akan melakukan perkawinan kapan saja tanpa harus menunggu kedua bulan tersebut.

Perkawinan berlangsung hingga beberapa hari dan jika perkawinan tersebut dengan kelinci jantan yang belum cukup umur biasanya akan mengakibatkannya menjadi cacat, sehingga pertumbuhan pada jantan akan terganggu yang membuatnya menjadi kerdil dan anak yang dihasilkan juga akan tidak normal.

Peternak memang harus mengetahui tanda-tanda kesiapan kelinci kawin agar tidak terjadinya kecacatan pada kelinci jantan, sehingga hal tersebut akan terhindar dan juga dapat menghasilkan anak kelinci yang sehat serta berikut tanda-tanda yang harus di ketahui yaitu:

Ciri Kelinci Kawin Pada Betina

  • Kelinci betina akan tampak gelisah dan berprilaku tidak biasanya seperti berputar-putar dikandang
  • Memiliki gerakan relatif lincah
  • Lebih aktif mencari lawan jenisnya
  • Perilaku khas yaitu melakukan pengosokan dagunya didinding dan area kandang.
  • Ciri fisik pada bagian reproduksi yaitu vulva berwarna merah jambu atau merah dan vulva basah (bila vulva berwarna pucat, sebaiknya jangan dikawinkan)

Ciri Kelinci Jantan Siap Mengawini Betina

  • Kelakuan Kelinci jantan gelisah
  • Memiliki gerakan relatif lincah
  • Lebih aktif mencari lawan jenisnya
  • Perilaku khas dalam mencari perhatian lawan jenisnya dengan menendang kandang atau alas kandang, untuk menimbulkan suara yang akan memancing perhatikan kelinci betina.

Perhatikan Tanda-tanda Perkawinan Sukses!

Tanda kawin kelinci sukses

Tanda-tanda kelinci kawin sukses hingga hamil memang harus diketahui agar saat kelinci melahirkan pemilik sudah mempersiapkan segalanya, sehingga masa tersebut juga akan mendukung perkembangbiakan yang baik untuk kelinci dan berikut ciri-ciri yang wajib diketahui yaitu:

Perhatikan Tingkah Lakunya

Memperhatikan tingkah lakunya akan menjadi ciri pertama yang dapat diketahui setelah kelinci kawin dan hewan yang satu ini masuk ke dalam golongan hewan dengan tingkat reproduksinya cukup tinggi, sehingga tingkah laku yang ditunjukkan sang induk tersebut untuk mempersiapkan kelahiran calon anak-anak kelinci.

Kelinci betina yang sehat akan melahirkan 5 hingga 15 anak dalam satu kali kehamilan dan untuk satu tahun kelinci akan mengalami masa kehamilan hingga 5 kali, nah untuk kelinci yang hamil akan menunjukkan perubahan tingkah laku seperti di bawah ini yaitu:

Menjadi Lebih Galak

Kelinci yang sedang hamil membuat perubahan pada sifatnya menjadi lebih galak sejak hewan peliharaan yang satu ini mulai memasuki hari ke 7 sesudah kelinci kawin, karena biasanya akan memiliki sifat yang tenang serta jinak dan jika sifat tersebut berubah menjadi lebih galak pada hari ke 14 sudah bisa dinyatakan bahwa kelinci tersebut hamil.

Perubahan sifat yang mendadak tersebut bisa menjadi ciri pertama yang akan diketahui oleh peternak jika memperhatikannya, nah pada jantannya pun akan terlihat lebih galak ketika hal tersebut terjadi dan sangat disarankan untuk memindahkan hewan peliharaan yang satu ini ke kandang khusus untuk perawatan lebih intensif.

Terlihat Menggali-gali Tanah

Perhatikan jika hewan menggemaskan ini sudah mulai aktif dalam menggali-gali tanah yang akan menjadi ciri alami, karena untuk mempersiapkan segalanya saat kelinci melahirkan akan menggali-gali terus menerus bahkan pada kandangnya sendiri.

Ciri inilah adalah ciri alami yang akan diperlihatkannya untuk mempersiapkan kehamilan dan tempat untuk melahirkan, karena di alam bebas kelinci melahirkan di dalam lubang yang dibuatnya sendiri di bawah tanah agar terhindar dari beberapa predator lainnya yang mengancam kelangsungan hidupnya.

Peternak memang diwajibkan untuk menyediakan kandang khusus untuk masa kehamilannya memang harus sedikit lebih tertutup dan agar merasa nyaman, nah hal lainnya yang cukup penting diketahui pada hari ke 24 atau 25 hewan menggemaskan ini harus sudah dipindahkan pada kandang khusus.

Mudah Lapar

Hewan yang sedang mengalami masa kehamilan pastinya akan membuat sifatnya yang mudah lapar, karena disebabkan agresivitas yang meningkat dan perubahan ini akan menjadi ciri-ciri yang cukup mudah diketahui dan para peternak tidak mengetahuinya cukup memperhatikan perubahan sikap tersebut untuk dapat menyatakan bawah kelinci sedang mengalami kehamilan.

Ciri ini memang cukup umum pada semua makhluk hidup betina yang sedang mengalami kehamilan akan terlihat mudah lapar, karena hal tersebut yang dilakukan sang induk untuk memenuhi asupan gizi untuk janinnya apalagi jika jumlah janin sang induk cukup banyak yang membuatnya sangat mudah merasa kelaparan.

Hal yang harus dilakukan peternak adalah mempersiapkan porsi pakan yang cukup banyak atau sekitar 2 kali lipat dari biasanya, sehingga jika pada malam hari tiba saat sang induk mencari makanan tapi sudah tersedia dan harus cukup serta jika tidak akan mempengaruhi sanga induk dalam memproduksi air susunya.

Perhatikan Perubahan Fisik

Perubahan fisik yang akan terjadi untuk semua makhluk hidup betina saat hamil akan mengalami perubahan pada perutnya yang semakin membesar setiap hari, selain itu pada hewan jenis ini bisa dilihat dari mulutnya yang akan memiliki warna lebih kemerahan dan bisa diketahui setelah kelinci kawin.

Warna mulut menjadi lebih merah terjadi pada kelinci yang sedang hamil disebabkan oleh sifat agresif, karena saat agresifnya meningkat hewan jenis ini akan sering membuka mulutnya jika ada hal lainnya yang mendekat akan membuka mulutnya seakan akan menggigit dan ini adalah ciri awal kehamilan yang bisa ketahui.

Ciri-ciri Kelinci Akan Melahirkan

Kelinci Melahirkan

Ciri-ciri kelinci melahirkan yang cukup umum diketahui salah satunya adalah sikap yang lebih agresif setelah terjadinya kelinci kawin, maka hal tersebut memang saat-saat itulah membuat kelinci akan sulit untuk bergerak hingga satu-satunya cara untuk mempertahankan diri dengan mengubah sikapnya menjadi lebih agresif dan tanda lainnya yaitu:

  • Bulu pada kelinci betina yang akan melahirkan akan mengalami kerontokan.
  • Terlihat lebih gelisah jika sudah mendekat hari kelahiran, maka akan terlihat menggali-gali tanah atau bahkan merusak kandang untuk mempersiapkan kelahiran.
  • Sikap yang terlihat lebih galak atau sangat agresif, karena hal tersebut terjadi sebagai perlindungan dirinya.

Kesimpulan

Kelinci kawin akan terjadi cukup lama dan sangat berbeda dengan jenis hewan mamalia biasanya, namun hewan jenis ini masuk ke dalam golongan hewan yang memiliki tingkat reproduksi cukup tinggi hingga mampu menghasilkan anak sekitar 15 ekor anak dan masa reproduksi bisa terjadi 2 kali dalam satu tahun loh.

Ketika sudah melakhirkan anda juga harus merawat kelinci agar anak dan ibunya tidak mengalami kematian. Maka dari itu harus diperhatikan baik-baik

Related Topics

Give a Comment