Kenali Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan & Cara Atasinya

Kelinci tidak mau makan memang sudah menjadi hal yang sudah tidak tabu lagi bagi para pemilik atau peternak, karena yang namanya hewan pasti saja mengalami hal tersebut dan tugas pertama pemilik adalah mengetahui penyebabnya agar dapat melakukan pertolongan pertama saat hewan mamalia ini mogok makan.

Pemberian pakan memang cukup penting dalam dunia pemeliharaan dengan memberikan jenis pakan yang sesuai akan kebutuhannya membuat kelinci menjadi lebih sehat, karena jenis hewan peliharaan yang satu ini memiliki tingkah laku yang sangat berbeda jika sedang mengalami sesuatu masalah di dalam tubuhnya seperti sakit ataupun stress.

Hewan mamalia jenis ini pada umumnya memiliki sifat yang bisa dibilang agresif tapi jika sedang merasakan sakit sifatnya akan berubah hingga 90% tingkah lakunya berubah, maka untuk pemilik cukup penting mengetahui penyebabnya hingga cara mengatasinya dan berikut penjelasan tentang kelinci tidak mau makan. Mari simak!

Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan

Penyebab hewan mamalia ini mogok makan memang akan dipengaruhi oleh faktor lain khususnya faktor kesehatan, karena jika merasakan sesuatu di dalam tubuhnya hewan peliharaan yang satu ini akan menunjukkan tingkah laku yang sangat berbeda dari biasanya dan berikut penyebab-penyebabnya yaitu:

Mengalami Stres

Stres adalah salah satu penyakit yang paling sederhana dialami setiap makhluk hidup yang biasanya disebabkan oleh kebutuhan kelinci yang tidak terpenuhi, suasana lingkungan yang berubah, suara kebisingan di sekitar tempat tinggal dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Kelinci yang mengalami stres akan terjadi penurunan pada nafsu makannya hingga membuat kelinci tidak mau makan, sehingga jika hal tersebut terjadi pada indukan yang sedang mengandung ataupun hamil akan sangat berisiko pada janin yang dikandung biasanya akan mati.

Indukan yang sedang hamil jika mengalami stres selain anaknya yang mati, sang induk bisa memakan anaknya sendiri walaupun hal ini memang sudah tidak asing lagi terjadi pada setiap hewan yang akan menjadi kanibal pada saat hamil hingga melahirkan akan memakan anaknya sendiri.

Pemilik sangat disaran untuk memperhatikan lebih pada saat hewan peliharaan yang satu ini sedang mengalami masa hamil hingga melahirkan, nah selain itu untuk menjaganya agar tidak mengalai stres untuk pemilik jangan sering-sering membiarkan kelinci berada di dalam kandang terus menerus.

Pencegahan bisa dilakukan dengan sesekali mengajaknya bermain di luar kandang hingga kelinci bisa bergerak bebas, karena jika terus-terusan membiarkannya di dalam akan sangat berisiko hingga mengalami stres dan membuat si kelinci tidak mau makan hingga daya tahan tubuhnya menurun.

Merasa Bosan dengan Makanannya

Penyebab kelinci tidak mau makan, mungkin bosan dengan makanannya

Seekor hewan juga akan merasa bosan jika menu makannya itu-itu saja yang menjadi salah satu faktor utama yang membuat kelinci tidak mau makan, nah untuk mengatasinya pemilik sangat disarankan untuk mengganti menu pakan pada setiap hari salah satunya menggunakan pelet yang dijual dipasaran.

Berikanlah jenis pakan yang berbeda-beda dan untuk pemilik yang mengalami hal itu bisa mencoba menu makan yang bermacam-macan, namun tetap memperhatikan nilai gizinya ya dan jika hal ini tidak ampuh berarti masalah yang di alami kelinci tidak mau makan bukan ini sebabnya.

Kelinci Sedang Hamil

Hewan peliharaan yang satu ini jika sedang mengalami kehamilan akan terlihat gelisah, karena hal tersebut menunjukkan bahwa kelinci sedang mempersiapkan kelahiran anak-anaknya yang membuatnya menjadi lebih stres hingga membuat nafsu makannya hilang atau kelinci tidak mau makan.

Penyebab kelinci tidak mau makan bisa jadi sedang hamil

Kelinci yang mogok makan biasanya terjadi ketika sudah mendekati waktunya untuk melahirkan, maka pemilik harus memberikan jenis pakan yang lebih halus dan juga sangat disarankan untuk menyuapinya agar menjadi solusi pada saat hewan peliharaan ini mengalami mogok makan.

Terserang Penyakit Scabies, Diare dan Kembung

Ketiga jenis itu memang sudah tidak asing lagi menyerang apalagi jika kelinci tidak mau makan, karena jika virus scabies sudah menyerang akan membuatnya kehilangan nafsu makan dan virus tersebut juga akan sangat mengganggu kelinci yang menyebabkannya malas gerak hingga malas makan serta untuk mengobatinya bisa menggunakan antibiotik khusus hewan mamalia jenis ini.

Cara Mudah Merawat & Pelihara Kelinci

Bebek Hibrida Salah Satu Bebek Pedaging

Diare yang menyerang juga akan menurunkan imunitas pada hewan mamalia bertelinga panjang ini, sehingga bisa menjadi salah satu faktor saat kelinci tidak mau makan bahkan nafsu makannya hilang dan jika terserang perut kembung juga akan menjadi faktor kedua setelah diare yang biasanya menyerang di bawah umur 3 bulan.

Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan

Tata cara mengatasinya memang cukup mudah bagi peternak senior ataupun pemilik yang sudah terbiasa memelihara hewan bertelinga panjang ini, nah berikut cara-cara yang bisa digunakan antara lain:

Ganti Jenis Pakannya

Mengganti jenis pakan menjadi cara pertama yang bisa dilakukan pemilik ataupun para peternak saat kelinci tidak mau makan, salah satunya jika peternak lebih sering memberikan jenis pakan bekasan atau bisa di bilang tidak fresh dan peternak cobalah mengganti jenis pakan lainnya tapi tetap memperhatikan nilai gizinya ya.

Pemberian jenis pakan yang berbeda atau merubah pakan harus dilakukan secara bertahap dan metode yang bisa digunakan, yaitu menyediakan pakan lama sekitar 75% yang dikombinasikan dengan 25% jenis pakan baru serta hal tersebut harus dilakukan dengan jangan waktu 1 hingga 3 hari.

Berikan Rumput Kering

Penggunaan rumput kering bisa menjadi suatu makanan yang cukup penting untuk sesekali diberikan pada hewan mamalia yang satu ini, sehingga menambahkan rumput kering ke dalam komposisi pakannya akan menjadi metode mengatasi saat kelinci tidak mau makan.

Fungsi jenis pakan ini juga cukup penting dalam mendorong sisa-sisa makanan didalam sistem pencernaan kelinci, selain itu juga dapat menghindarkan penyakit statis usus yang menyebabkan selera makan hilang dan membuat daya tahan tubuhnya menjadi lemah serta akan sangat mudah terserang virus.

Berikan Multivitamin

Pemberian multivitamin memang sangat penting apalagi saat terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, maka dengan memberikan multivitamin akan membantu daya tahan tubuh kelinci dalam melawan virus tersebut dan juga akan mengembalikan nafsu makan yang hilang.

Berikan jenis multivitamin seperti Vitamin B12, Antibiotik dan juga B kompleks apalagi dalam fase penyembuhan serta untuk memberikannya bisa menyuapinya yang dibarengi dengan pemberian susu untuk menambah cairan di dalam tubuhnya.

Kurangi Jenis Pakan Padat

Mengurangi jenis pakan padat memang cukup penting apalagi jika pemberian tersebut terus berlangsung pada kelinci jenis Anggora yang sangat rentan terserang penyakit usus, maka pemberian pakan akan lebih bagus jika memberikannya dengan beragam.

Jenis pakan padat yang dimaksud adalah bekatul, sawi, kol serta juga jenis sayuran padat lainnya yang wajib dihindari dan jenis pakan tersebut dapat membuatnya selalu kenyang hingga akhirnya membuat selera makan atau membuat kelinci tidak mau makan.

Perhatikan Kondisi Kandang dan juga Kondisi Kelinci

Kondisi kandang yang diperhatikan adalah tingkat kebersihannya yang sebaiknya membersihkan kandang dilakukan secara teratur, karena kondisi kandang yang kotor dapat mendukung perkembangbiakan bakteri dan juga dapat membuat kelinci stres.

Pada saat membersihkan kandang sangat disarankan untuk membiarkannya keluar kandang agar dapat bergerak bebas untuk mencegahnya stres, sehingga menjadi salah satu cara mengatasi jika kelinci tidak mau makan terjadi.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang bisa dibilang cukup penting untuk dipahami sebelum memelihara hewan mamalia bertelinga panjang ini, karena pada saat pemeliharaan yang pastinya akan mengalami berbagai macam masalah kesehatan dan yang paling sering terjadi adalah saat kelinci tidak mau makan.

Kelinci yang mogok makan biasanya sedang merasakan sesuatu di dalam tubuhnya, maka sebagai pemilik sangat penting untuk mengetahui penyebabnya agar dapat mengatasinya sesuai sakitnya dan perlu diingat pada saat sakit jangan terlalu banyak memberikan pelet.

Related Topics

Give a Comment