Mengenal Jenis Kelinci Persia Di Indonesia

Kelinci Persia apakah pernah mendengarnya? Nah ternyata ras persia tidak hanya berasal dari kucing saja, karena salah satu jenis kelinci juga memiliki ras persia seperti halnya kucing yang memiliki ciri fisik cukup lucu dengan muka yang bulat dan menggemaskan membuat jenis ini memiliki penggemar yang cukup banyak.

Hewan menggemaskan ini memang ke dalam Mamalia dari familia Leporidae yang memiliki jenis cukup banyak di seluruh bagian dunia dan sangat recomended jika dijadikan sebagai hewan peliharaan, namun pada umumnya untuk hewan satu ini dalam penggunaannya juga bisa sebagai hewan ternak yang dimanfaatkan dagingnya.

Berminat untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yang tentunya harus mengetahui beberapa hal penting agar dapat melakukan sistem pemeliharaan yang pas, nah sebelum dijadikan sebagai peliharaan harus mengetahui terlebih dahulu tentang kelinci persia. Mari simak penjelasan berikut!

Mengenal Kelinci Persia

Kelinci persia

Kelinci ras persia memang memiliki beberapa macam dan yang paling populer untuk jenis ini adalah persia putih atau keseluruhan tubuh pada bulunya yang berwarna putih, nah untuk masalah perawatan pada umumnya tidak ada perbedaan untuk setiap jenis ini tapi sangat disarankan untuk pemilik memberikan perawatan yang bisa dilihat dari tekstur bulu yang dimilikinya.

Bulu yang dimilikinya cukup tebal maka pemilik harus selalu menjaga kebersihan pada bagian bulunya apalagi kulit adalah bagian tubuh yang paling rentan terserang penyakit, karena untuk menjaga kesehatannya pemilik sebelum membelinya harus mengetahui terlebih dahulu cara merawatnya.

Manfaat Ayam Kalkun

Manfaat Telur Ayam Kalkun

Kepopuleran kelinci persia di kalangan masyarakat memang cukup banyak penggemarnya apalagi jenis ini memiliki tampilan yang sangat menarik perhatian dengan bulu yang dimilikinya cukup panjang, tebal, halus dan juga lembut menjadi faktor utama yang sangat disukai terutama di kalangan anak kecil.

Cara Merawat Kelinci Persia

Perawatan yang harus diberikan pemilik yang bisa dinilai dari ketebalan bulunya, maka jika bulunya cukup tebal sangat disarankan berikan perhatian lebih pada kebersihan bulunya dan untuk terhindar dari beberapa penyakit yang sering menyerang seperti radang mata, kaki bengkak, enteritis komplek dan lainnya.

Penyakit-penyakit tersebut sering menyerang kelinci perisa pada saat pemilik tidak memperhatikan asupan nutrisinya dan juga kebersihan kandangnya, karena kandang yang kotor akan menjadi jalan pertama bagi para virus yang akan menyerang dan sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya.

Hewan mamalia ini memang memiliki sifat yang tidak bisa didiam yang membuat para pemilik harus menggunakan kandang dengan menyediakan lahan untuk bergeraknya, maka untuk ukuran kandang bisa disesuaikan dengan ukuran pada kelinci tersebut dan jika dipelihara di rumah sangat disarankan untuk menjauhkan benda-benda yang membahayakannya.

Kelinci persia sedang memakan rumput

Perhatikan sekitar halaman rumah apalagi hewan mamalia ini suka memakan tanaman yang berada di sekitarnya, oleh karena itu disarankan untuk menjauhkan tanaman-tanaman hias yang berada di sekitar agar berada jauh dari jangkauan kelinci persia yang dipelihara dirumah.

Menjaga kebersihan memang akan menjadi salah satu pencegahan agar hewan mamalia ini tidak mudah terserang penyakit yang berasal dari lingkungan kotor, namun jika salah satu kelinci yang sudah terserang penyakit dan pemilik harus sesegera mungkin melakukan isolasi dari yang lainnya untuk menghindari penularan.

Kebersihan tubuhnya juga tidak kalah penting dan harus selalu terjaga apalagi untuk jenis ini yang memiliki bulu cukup tebal, maka sangat disarankan untuk selalu menyisir bulunya agar tidak terjadinya gumpalan yang menjadi tempat bagi para bakteri dan membuat tampilannya akan terlihat kotor serta juga cukup rentan terserang penyakit kulit.

Ciri-ciri Kelinci Persia

Kelinci persia dan ciri-cirinya

Ciri-ciri yang dimiliki ras ini memang bisa dilihat dari bulunya yang cukup panjang dan juga halus jika dipegang tapi tidak selebat yang dimiliki kelinci anggora, nah cukup menarik di kalangan masyarakat yang sangat menyukai jenis ini dengan sifatnya yang tidak bisa diam dan juga manja.

Kepopuleran kelinci persia ini memang hampir tidak kalah dengan kucing perisa di kalangan para penggemar binatang peliharaan apalagi untuk jenis ini memiliki reproduksi yang cukup tinggi, karena dalam sekali melahirkan saja mampu menghasilkan anak lebih dari 5 ekor cukup menjanjikan jika dibudidayakan apalagi harganya juga bisa dibilang mahal.

Harga Kelinci Persia

Harga kelinci persia

Memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal ini tidak menjadi penghalang bagi para penggemarnya, namun jangan khawatir jika ingin membelinya tapi memiliki budget yang bisa dibilang kurang bisa memiliki kelinci persia lokal yang dijual dengan harga lebih murah sekitar Rp 60.000 – Rp 150.000.

Harga pada umumnya untuk kelinci jenis ini yang dijual dipasaran setiap pasangnya sekitar Rp 600.000 hingga Rp 700.000, nah untuk harga tersebut juga untuk kelinci persia yang cukup produktif dan bisa dibilang unggul.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang kelinci ras persia ini dan untuk yang ingin memeliharanya pilihlah yang berkualitas terbaik tapi mungkin harganya bisa dibilang lebih mahal, namun ras ini juga memiliki harga jual yang bisa dibilang murah tapi untuk persia ras lokal dan untuk harga bisa bermacam-macam tergantung pada umurnya.

Penjelasan di atas juga mengulik tentang tata cara perawatan yang harus dilakukan jika memelihara kelinci persia ini, maka penjelasan tersebut bisa menjadi informasi yang cukup penting agar dapat melakukan perawatan yang pas dan sesuai.

Related Topics

One Response

  1. Tahu Bakso Murni
    April 14, 2021

Give a Comment