Jenis Kelinci Lop Yang Harus Ketahui, Berikut Perbedaannya

Kelinci lop adalah salah satu jenis kelinci hias yang memiliki tampilannya cukup menarik serta khas, karena memiliki telinga yang cukup panjang dan tentunya akan berbeda dengan jenis biasanya dan jenis ini juga cukup populer dijadikan sebagai hewan peliharaan yang khususnya di Negara Indonesia.

Ciri yang sangat signifikan dapat ditemukan pada saat berusia 4 bulan yang membuat telinganya akan turun hingga menyentuh tanah yang menjadi ciri khas tersendiri, nah hewan mamalia jenis ini berasal dari mutasi gen jenis Anggora dan Himalaya serta juga Ducth hingga menghasilkan jenis ini.

Menurut data dari The Guinness Book of Records yang menyebutkan bahwa jenis ini pernah mencatat menjadi rekor telinga terpanjang sekitar 79 cm ditahun 2003 lalu dan dijual dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp 4.000.000, nah untuk mengetahui jenis-jenis kelinci lop apa saja? Mari simak penjelasan berikut!

Jenis-jenis Kelinci Lop

kelinci lop

Kelinci jenis ini memang masuk ke dalam salah satu jenis kelinci hias dengan varietas cukup banyak, namun tetap memiliki keunikan yang sama dengan bagian telinga yang panjang menggantung dari pangkal kepala hingga pipi dan berikut varietas lainnya yaitu:

Kelinci Fuzzy Lop

Jenis ini memiliki ciri khas yang tentunya di bagian telinganya yang tidak berdiri tegak hingga terkesan menggantung ke bawah, selain itu juga memiliki moncong yang cukup pendek serta bulu di seluruh tubuhnya berukuran cukup panjang bisa mencapai 6 – 7 cm dan masuk ke dalam salah satu hewan mamalia yang memiliki daya tahan tubuh cukup kuat.

kelinci lop fuzzy

Pemberian pakan harus rutin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hewan mamalia jenis ini saat berumur 1,5 bulan bisa memberikan jenis pakan berupa pelet dengan dosis sekitar 2,5 per ons untuk takaran setiap hari, lalu jenis pakan lainnya yang bisa diberikan adalah Hay Timothy dengan dosis 1 gram/ekor dan tidak lupa selalu menyediakan air sebanyak 500 ml per hari.

Harga Kelinci Fuzzy Lop

Harga salah satu jenis kelinci Lop ini bisa dibilang cukup mahal yang biasanya tergantung pada umurnya dan untuk yang sudah berumur dewasa harus merogoh budget sekitar Rp 500.000, nah untuk harga tersebut biasanya untuk kelinci fuzzy lop yang Breed Blood atau ras asli yang tidak didapatkan dari proses persilangan.

Pelajari Tanda Kelinci Sedang Mau Melahirkan

Cara Mudah Mengetahui Kelinci Kawin

Para penggemar hewan mamalia ini cukup dicari dan sangat populer, karena memiliki karakteristik yang unik dan juga manja yang membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman walaupun harganya bisa dibilang cukup mahal tapi agar mendapatkan harga lebih murah bisa membelinya saat berusia sekitar 3 bulan yang memiliki harga jual sekitar Rp 250.000 per ekor.

Kelinci Holland Lop

Jenis kelinci yang satu ini juga cukup populer hampir menyaingi ras Anggora yang memiliki tampilan fisik hampir sama dengan jenis Fuzzy Lop, namun untuk Holland Lop tapi tetap memiliki perbedaan yang bisa ditemukan pada bagian bulunya yang lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya dan jenis-jenis kelinci lop sangat recomended dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Kelinci lop jenis holland

Tubuh yang bulat dengan bulu yang pendek serta juga didukung dengan bentuk wajah bulat yang membuat tampilan salah satu jenis kelinci lop ini semakin menggemaskan, karena hanya memiliki bobot sekitar 1,5 kg saja ternyata hasil dari persilangan kelinci English Lop dengan Fresh Lop hingga menghasilkan Holland Lop.

Holland lop juga menjadi kelinci yang berasal dari negara Belanda yang cukup resmi mendapatkan pengakuan dari badan Standarisasi Belanda pada tahun 1970, karena ada juga yang menyebutkan bahwa jenis ini juga berasal dari persilangan English Lop dengan Fresh Lop dan juga Netherland Drawfl membuatnya cukup kuat diakui oleh negara Belanda.

Harga Kelinci Holland Lop

Harga yang dimiliki salah satu jenis kelinci lop ini termasuk mahal dengan pet quality harganya bisa mencapai Rp 400.000 hingga Rp 500.000, namun harga tersebut hanya bisa mendapatkan hewan mamalia ini yang masih berumur anakan atau sekitar 3 bulan dan jika lebih bisa saja harganya jauh lebih tinggi.

Kelinci Holland Lop memang memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung dari kategori kualitasnya, nah untuk yang memiliki kualitas Show Quality atau bisa dikatakan sempurna yang terhindar dari persilangan maka akan memiliki harga mencapai Rp 2.500.000 dan untuk kualitas Brood Quality ini berkisar Rp 1.300.000 – Rp 3.000.000.

Kelinci Mini Lop

Jenis mini lop yang sering disebut dengan German lop ini memiliki bentuk wajah yang cukup lebar hingga terlihat seimbang, nah asal usul ini berasa dari hasil persilangan antara jenis holland lop dengan french lop serta juga chincillia yang menghasilkan kelinci mini lop yang mampu hidup hingga mencapai 12 tahun dengan berat badan mencapai 2 kg.

Jenis kelinci mini lop yang menggemaskan

Kelinci yang berasal dari negara Jerman ini memang berasal dari kelinci persilangan yang sengaja dikembangkan di Jerman, karena memiliki karakteristik yang cukup ramah terhadap sesama jenis ataupun hewan lainnya tapi jenis kelinci lop jenis ini sangat cenderung menyukai anak-anak yang tidak terlalu aktif.

Harga kelinci lop jenis ini bisa dibilang cukup murah dengan tampilan fisik yang sangat menggemaskan, maka jika menginginkan kelinci jenis hanya perlu membutuhkan budget sekitar Rp 50.000 hingga Rp 300.000 bisa mendapatkan yang sudah berusia 1 sampai 3 bulan.

Kesimpulan

Itulah jenis kelinci lop yang masuk ke dalam jenis kelinci hias yang cukup populer dengan harga yang cukup bervariatif, karena harga tersebut akan tergantung pada usia kelinci yang mungkin di atas terdapat jenis kelinci yang cukup mahal hingga yang paling ramah dikantong.

Related Topics

Give a Comment