Resep Ayam ingkung Jawa Yang Terkenal Upacara Adat

Kuliner di indonesia terkenal dengan berbagai adat dan salah satunya resep ayam ingkung jawa dimana di khususkan upacara adat. Tapi apakah boleh membuat masakan ayam ingkung jawa? Tentu boleh donk tidak harus ketika upacara adat saja untuk menikmati ini.

Untuk segi rasa tentu saja enak dan banyak digemari oleh masyarakat di Jawa itu sendiri. Untuk ciri khas ayam ingkung ini biasanya bersama dengan nasi tumpeng dan masuk kategori kuliner warisan indonesia yang sangat penting.

Sejarah ayam ingkung Jawa

Jika anda melihat lebih detail, ayam salah satu unggas yang paling banyak di manfaatkan dari zaman dahulu. Ayam cemani, salah satu unggas yang memiliki seni mistisnya sendiri dan ayam ingkung jawa juga memiliki adatnya sendiri.

Resep ayam ingkung jawa biasanya di suguhkan untuk kalangan raja di kerajaan Jawa dan disukai kalangan agama Hindu pada saat itu. ayam bisa dikatakan dalam karya sastra lama. Serat Centhini ll, yang menyebutkan mengnai iwak pitik ( lauk ayam )

Filosofi ayam ingkung tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena ayam salah satu lambang dari kenikmatan di dunia karena kuasa Tuhan dan rasa syukur. Hanya ayam sebagai unggas yang baik dan enak sebagai persembahan.

Nilai religius juga ada pada Ayam karena tradisi di jawa memang sangat kental dengan adat-adatnya. Ayam salah satu hewan bentuk doa baik manusia yang harus bisa meniru ayam.

Ayam tidak bisa melahap semua makanan yang manusia berikan, hanya mencari makanan yang baik dan tidak untuk yang buruk. Diharapkan manusia juga dapat melakukan hal yang sama untuk hidupnya.

ingkung dibuat menggunakan ayam kampung dimana rasa lebih alot dan tentu banyak orang akan menyukainya dibanding ayam pedaging.

Cara Membuat Masakan ayam ingkung Jawa

Resep ayam ingkung jawa

Membuat ayam ingkung jawa harus dibarengin nasi tumpeng agar rasanya jauh lebih enak dan lebih puas.

Bahan

NamaBanyak
Ayam Kampung Utuh1 Ekor
Santan Kental1,5 Liter
Serai2 Batang
Lengkuas, Memarkan/geprek1
Daun Jeruk3

Bumbu Halus

NamaBanyak
Bawang Putih5
Bawang Merah8
Kemiri3 Butir
Ketumbar1 Sendok
Cabai Merah Besar2
Garam Dan Gula MerahSecukupnya

Cara Membuat

  • Lumuri ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
  • Diamkan selama 25 Menit
  • Tempatkan Ayam di wajan yang besar dan cekung
  • Tuang santan dan semua bumbu ke wajan
  • Tutup wajan dan masak hingga matang
  • Aduk agar tidak gosong
  • Dinginkan jika sudah
  • Siap disajikan

Kesimpulan

Pasangan ayam jawa harus dengan nasi tumpeng agar jauh lebih enak. Meski menggunakan nasi uduk, nasi merah atau nasi biasa juga akan tetap enak akan tetapi tidak mengikuti prosedur sejarahnya saja.

Ayam kampung memang terkenal sebagai bakar bakar atau ketika ada yang meninggal yang pasti dipanggang adalah ayam kampung, maka dari itu resep ayam ingkung juga menggunakan bahan dasar ayam kampung.

Related Topics

Give a Comment