Ketahui Jenis Makanan Kelinci Gizi Tinggi Dan Sehat

Makanan kelinci sendiri memang cukup banyak dan yang paling banyak diberikan untuk pakan hewan jenis ini biasanya sayuran hijau, namun peternak harus memberikan jenis pakan yang akan mendukung kebutuhan nutrisi yang seimbang dan untuk menekan biaya pakan pada peternak dalam pemberian pakannya bisa memanfaatkan penghijau dilingkungan sekitar.

Kelinci adalah salah satu hewan yang memiliki tingkat toleransi tertentu terhadap makanan, karena disebabkan dari rasnya hingga ukuran pada kelinci juga pasti akan berbeda-beda tingkat toleransinya dan cukup sederhana untuk mengetahui tingkat toleransi dengan memberikan makanan kelinci dalam jumlah yang kecil serta perhatikan reaksinya.

Peternak pemula yang akan memulai ternak hewan menggemaskan ini pastinya akan merasa kebingungan serta bertanya-tanya tentang kelinci makan apa? Nah untuk itu cukup penting mencari berbagi informasi tentang pemeliharaan hewan jenis hingga jenis-jenis pakan untuk mendukung masa pertumbuhannya. Mari simak!

Apa Saja Makanan Kelinci?

Makanan kelinci di rumput

Jenis makanan pada hewan yang menggemaskan ini memang akan sangat berbeda tergantung pada rasnya, sehingga akan memiliki ukuran yang juga berbeda jadi kadang pemberian pakan yang bernutrisi juga tidak akan menjamin masa pertumbuhannya jika diberikan tidak sesuai dengan rasnya dan berikut jenis makanan pada umunya yaitu:

Rumput

Rumput adalah salah satu makanan hewan jenis ini yang cukup mudah ditemukan yang akan kaya serat, sehingga kandungan pada rumput ini cukup baik sebagai pakan pelengkap yang bernutrisi apalagi jika diberikan untuk kelinci yang sedang mengandung dan juga menyusui.

Cara Mudah Merawat Kelinci Agar Tumbuh Dengan Baik

Budidaya Bebek Hibrida, Salah Satu Unggas Pedaging

Jenis rumput yang diberikan juga tidak sembarang dan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik peternak bisa memberikan jenis rumput alfafa, trimoty, teki, rumput gajah serta juga rumput kering atau jerami yang banyak diperjualbelikan khusus sebagai makanan pelengkap.

Kangkung dan Selada

Kangkung dan selada memang salah satu sayuran yang sudah tidak asing lagi digunakan sebagai makanan kelinci yang mungkin banyak menggunakannya, nah untuk kandungan gizi dialam sayuran yang satu ini tidak kalah bagus loh dan perlu diingat bahwa tidak semua jenis sayuran bisa diberikan pada kelinci peliharaan.

Makanan kelinci Salada

Sayuran yang satu ini juga masuk kedalam salah satu sayuran yang sangat disukai ternyata mengandung kandungan nutrisi terbaik, maka peternak hanya perlu memberikan variasi sayuran untuk menjaga keseimbangan gizi dan juga nutrisi kelinci.

Kedua jenis sayuran yang menyehatkan ini akan menjadi makanan kelinci yang mengandung kandungan mineral dan vitamin, sehingga komposisi pakan ini cukup penting dalam memperkaya asupan gizi untuk hewan menggemaskan ini.

Buah Pepaya dan Apel

Jenis makanan untuk hewan menggemaskan ini ternyata tidak hanya berasal dari sayuran saja, namun juga buah-buahan yang bisa diberikan sebagai makanan pelengkap adalah buah pepaya dan juga apel yang sangat disukai oleh kelinci untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya.

Buah pepaya memang menjadi jenis buah yang cukup baik dan kaya serat hingga sangat baik juga untuk menjaga kesehatan pencernaannya, nah untuk pemberian kedua jenis buah ini juga harus diberikan dalam keadaan segar dan juga bebas dari kandungan pestisida.

Jagung dan Biji-bijian Lainnya

Kelinci sedang memakan jagung

Makanan kelinci memang tidak hanya berpacu pada sayuran saja tapi juga biji-bijian seperti jagung yang cukup alternatif sebagai jenis pakan bernutrisi, selain itu juga bisa memberikan jenis kacang-kacangan lainnya yang dimasukkan ke dalam komposisi makan yang seimbang dalam kandungannya.

Nah untuk memberikan pakan jenis kacang-kacangan disarankan untuk menghaluskan terlebih dahulu, karena agar hewan menggemaskan ini dengan mudah dalam memakannya dan penggunaan pakan dari biji-bijian harus dibatasi pakan yang kaya akan kalori serta berbagai nutrisi lainnya dapat membuatnya obesitas.

Konsentrat

Konsentrat adalah jenis pakan tambahan untuk semua hewan ternak yang memiliki fungsi untuk meningkatkan nilai gizi serta penguat pakan hijauan, maka keuntungan pemberian pakan jenis ini cukup mudah ditemukan di pasaran tapi juga memiliki kelemahan yang terdapat pada harganya kandang melonjak cukup tinggi.

Jenis pakan konsentrat ini terdiri dari pelet atau pakan pabrikan, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioca dan juga bungkil kacang tanah yang membuat kandungan pakan jenis cukup pas tapi jika nutrisi dalam hijauan terpenuhi membuat pakan konsentrat tidak perlu diberikan.

Fakta Unik Mengapa Kelinci Makan Wortel

Makanan kelinci memang cukup banyak tapi jika menyebut hewan yang satu ini pasti akan identik dengan wortel, Kenapa? Karena ikon khas yang identik dengan hewan menggemaskan ini selama 70 tahun lebih hingga serial kartun Bugs Bunny yang cukup populer menjadikan adegan mengunyah wortel sebagai adegan khasnya.

Dilihat dari serial kartun tersebut membuat banyak orang menyimpulkan bahwa wortel adalah makanan favorit kelinci, nah semakin identiknya banyak game kelinci memakan wortel yang memperkuat persepsi bahwa sayuran ini makanan kesukaan kelinci padahal hal tersebut adalah mitos yang banyak dipercaya.

Parah ahli juga menyimpulkan bahwa makanan kelinci tidak hanya wortel saja dan sayur jenis ini juga bukan sumber makanan yang cukup ideal bagi kelinci, karena makanan yang seimbang akan berasal dari rerumputan hijau dan juga jerami yang cukup serta tidak lupa memasukkan sayuran-sayuran hijau lainnya.

Penggunaan wortel juga memiliki porsi yang sama seperti pada sayuran jenis lainnya, maka untuk menambah gizi pada pakan bisa memberikan wortel tapi harus dibarengi dengan sayuran lainnya dan pastikan komposisi tersebut harus sesuai porsi.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi tentang makanan kelinci yang harus diketahui peternak khususnya pemula, nah untuk peternak yang masih mempertanyakan kelinci makan apa? Maka simak penjelasan diatas hingga jelas yaa.

Fakta unik tentang kelinci dan wortel adalah sebuah mitos yang banyak dipercaya hingga saat ini, maka dengan memberikan wortel dalam porsi yang banyak bukanlah cara yang benar dalam memberikan pakan tersebut harus dibarengi dengan beberapa sayuran lainnya atau buah-buah sebagai pelengkap kandungannya.

Related Topics

Give a Comment