Jenis Makanan Bebek Dengan Gizi Dan Protein Terbaik

makanan bebek apa? Nah hal inilah harus diketahui sebelum memelihara berbagai macam bebek, karena setiap bebek memiliki jenis pakan yang berbeda tergantung pada fungsi bebek tersebut dan contohnya seperti bebek petelur yang harus diberikan jenis pakan untuk mendukung produksi telurnya.

Itik atau bebek ini adalah unggas yang masuk ke dalam spesies burung dalam famili Anatidae, nah untuk bebek ini pada umumnya merupakan kategori jenis burung akuatik yang sebagian besar memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kerabatnya.

Unggas yang satu ini kadang disamakan dengan beberapa jenis burung air yang memiliki penampilan cukup mirip dengan unggas bebek ini, lalu beberapa jenis bebek juga melakukan persilangan yang menghasilkan keturunan dan cukup penting bagi peternak mengetahui makanan bebek apa? Mari simak penjelasan berikut!

Makanan bebek Apa?

Bebek adalah jenis unggas yang memiliki jenis pakan cukup banyak, nah untuk peternak harus mengetahui seputar kandungan nutrien yaitu kandungan yang terdapat disalah satu bahan pakan yang penggunaannya harus dibatasi.

Bahan pakan bebek memiliki faktor batasan pengguna mulai dari Zat antinutrien, kandungan serat kasar, ketengikan dan mikotoksin.

Berikut ini jenis pakan unggas bebek pedaging yang berbahan bersumber dari energi, protein, lemak, mineral, dan vitamin yaitu:

Pakan Bersumber Energi

Makanan bebek Sumber energi

Jenis bahan pakan bersumber energi yang memiliki kandungan energi cukup tinggi untuk bebek, yaitu salah satunya berasal dari bahan pakan alami yang berupa biji-bijian dari pengelolaan limbah biji .

Tips Ternak Bebek Hibrida Menguntungkan

Tips Ternak Bebek Pedaging

Limbah biji yang menjadi sumber energi untuk jenis pakan ini mulai dari jagung kuning, menir, barley, gandum, sorgum, gaplek, dedak padi, polar, berbagai minyak nabati dan hewani.

Selain itu juga untuk minyak nabati terdiri dari kelapa sawit dan minyak kelapa, lalu untuk minyak hewani berasal dari minyak ikan yang tentunya bukan dari pengelolaan limbah biji dan tentunya untuk membantu peternak pemula yang tidak mengetahui makanan bebek .

Pakan Sumber Protein

Makanan bebek protein tinggi
Detik

Jenis pakan sumber protein ini adalah jenis pakan yang berasal dari bahan nabati dan juga hewani, karena pakan yang menjadi sumber protein akan menunjang produksi telur maupun daging menjadi lebih tinggi dari biasanya dan akan menjadi jawaban bagi ternak yang tidak mengetahui makanan bebek apa.

Pakan yang mengandung protein akan terdiri dari bungkil kelapa dan tepung daging atau tepung tulang, nah untuk jenis pakan tersebut cukup mudah ditemukan khususnya di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

Pakan Sumber Mineral

Jenis pakan yang memiliki sumber mineral ini berasal dari minyak ikan dan minyak kelapa dan perlu diingat dalam pemberiannya juga harus dibatasi, selain itu juga terdapat dipakan pabrikan seperti Voer atau Konsentrat yang siap digunakan untuk salah satu jenis pakan ternak bebek.

Penggunaan pakan Voer memiliki komposisi yang pas sesuai dengan gizi yang dibutuhkan bebek pada setiap harinya, namun penggunaan pakan jenis ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar dibandingkan dengan penggunaan dengan ransum racikan sendiri dan peternak harus mengetahui tentang makanan bebek apa.

Pakan Bersumber Vitamin

Pakan untuk jenis bebek khususnya pedaging yang sangat membutuhkan pakan dari sumber vitamin, namun pakan yang mengandung vitamin akan sama dengan jenis pakan dari sumber energi atau protein mulai dari tepung ikan, bungkil kedelai dan jagung.

Jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E,K dan yang larut dalam air adalah Tiamin, Riboflavin, Pantotenat, Niasin, Piridoksin, Folasin, Sianakobalamin, Kolin dan untuk peternak pemula agar mengetahui tentang makanan bebek.

Formula Pakan Bebek

Bebek Makan

Formula pakan bebek pada setiap peternak akan berbeda dengan penyusunan formula pakan, karena setiap peternak biasanya meracik sendiri formula yang cocok untuk bebek peliharaannya dan hal tersebut sangat penting pengetahuan tentang makanan bebek ? Dikarenakan hal tersebu jarang diketahui.

Langkah pertama yang harus peternak lakukan adalah memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan nutrisi pada bebek, maka hal tersebut akan mendukung pertumbuhan bebek dengan formulasi yang disusun berdasarkan persentase nutrisi dari setiap jenis pakan yang tersedia.

Selain meracik pakan sendiri, para peternak juga bisa menggunakan bahan pakan dari pabrikan, namun memiliki kelemahan tersendiri yang dihadapkan dengan harganya semakin tinggi setiap tahunnya dan membuat para peternak tidak dapat menekan biaya pakan jika menggunakan pakan dari pabrikan.

Peternak juga bisa menekan biaya pakan dengan menggunakan formula pakan yang berasal dari bahan-bahan alami yang sudah banyak digunakan peternak senior, sehingga dengan memberikan pakan jenis tersebut dapat membantu peternak dalam menghemat biaya pakan dan bahkan biaya pemeliharaan serta berikut terdapat beberapa tips pemberian pakan yaitu:

  • Berikan formula pakan berdasarkan umur bebek
  • Kebutuhan nutrien pada bebek harus ditentukan kebutuhannya agar tidak melewati batas.
  • Pilihlah salah satu bahan pakan akan digunakan seperti bahan protein, mineral dan energi.
  • Kandungan nutrien pada bahan pakan harus dintentukan.
  • Campuran bahan pakan yang tersedia dengan serat kasar harus dipertimbangkan kandungannya.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah masih bingung tentang pertanyaan makanan bebek apa? Maka bacalah dan pahami penjelasan diatas yang mungkin akan membantu serta menambah informasi tentang seputar dunia peternakan apalagi untuk pemula yang ingin terjun didunia bisnis unggas bebek khususnya.

Pada umumnya bebek akan memakan makanan bervariasi seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing dan lainnya serta tidak salah jika bebek akan menyelam saat mencari makan di kedalaman air yang biasanya menangkap spesies ikan kecil untuk dimakan.

Related Topics

Give a Comment