4 Jenis Kandang Ayam Kalkun Yang Bagus + Gambar

Kandang ayam kalkun akan menjadi sesuatu yang paling penting diperhatikan dan menjadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan pembuatan nya, karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas ternak dan salah satunya beternak ayam kalkun.

Dunia peternakan memang memiliki modal cukup besar yaitu terdapat pada pembuatan kandang, karena semakin bagus bahan yang digunakan akan mempengaruhi kualitasnya yang mampu bertahan hingga 10 tahun daripada pembuatan kandang menggunakan bahan bambu yang bisa digunakan sampai 5 tahun saja.

Bahan-bahan untuk membuat kandang ayam kalkun sangat disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang ringan, agar kandang tersebut dapat digeser sesuai keinginan dan berikut penjelasan lebih dalam tentang jenis-jenis kandang yang biasa digunakan. Mari simak!

Beberapa Jenis Kandang Ayam Kalkun Mulai Dari Bibit

Jenis-jenis kandang pada unggas yang satu ini memang cukup beragam dan secara fisik kandang untuk ayam kalkun tidak berbeda jauh dengan jenis kandang unggas lainnya, karena hal yang paling penting adalah memberikan ruang yang cukup luas untuk bergerak dan berikut jenis-jenis kandangnya yaitu:

Kandang Ayam Kalkun Usia 0-30 Hari

Kandang Kalkun Kecil

Kandang yang satu ini untuk ayam kalkun yang baru saja menetas hingga berumur 30 hari dan biasanya kadang jenis ini dibuat menggunakan bambu, lalu untuk lantainya bisa menggunakan kawat kasa atau bisa dari anyaman bambu.

Ukuran jenis kandang ayam kalkun ini biasanya berukuran 1 m x 80 cm x 40 cm yang bisa menampung sekitar 20 anakan ayam kalkun, nah pastikan kandang memiliki jarak anyaman jika menggunakan bambu sekitar 1-1,5 cm agar kotoran itik bisa langsung jatuh kebawah.

Jarak kandang dengan permukaan tanah juga harus dipastikan jauh agar anak-anak ayam kalkun tidak terserang hawa dingin langsung dari tanah, selain itu juga pakan bisa langsung disebar tapi sebelum itu alas kandang harus dilapisi terlebih dahulu menggunakan karung atau kain bekas agar pakan tidak jatuh.

Kandang Ayam Kalkun Usia 1-2 Bulan

Kandang ayam kalkun usia 2bulan

Penggunaan jenis kandang ini memang untuk ayam kalkun yang sudah berusia 1-2 bulan yang menjadi tahap pemeliharaan selanjutnya, maka ukuran dari kandang jenis ini harus lebih besar dari kandang sebelumnya.

Ukuran kandang pada ayam kalkun umur 2 bulan memang penting apalagi mengingat ukuran ayam kalkun sendiri lebih besar dari pada ayam jenis lainnya, karena kalkun yang berumur 2 bulan mengalami pertumbuhan yang memerlukan tempat lebih luas untuk bergerak.

Tips yang harus dilakukan agar anakan kalkun tetap mendapatkan ruang gerak yang cukup, yaitu dengan membagi anakan kalkun menjadi dua kandang tanpa harus membuat kandang yang lebih besar untuk menekan biaya pemeliharaan.

Kandang Ayam Kalkun Usia 3 Bulan

Kandang ayam kalkun usia 3 bulan

Penggunaan kandang jenis ini memang di khususkan untuk ayam kalkun yang berusia 3 bulan, maka salah satu kandang ayam kalkun ini akan memiliki ukuran kandang sekitar 2 m x 80 cm x 70 cm dan untuk tinggi lantainya dapat disesuaikan.

Manfaat Ayam Kalkun

Sejarah Ayam Kalkun, Ayam Terbesar

Kandang kalkun ini mampu menampung ayam kalkun sebanyak 10 ekor dan jika usianya sudah mencapai 3,5 bulan kandang yang satu ini hanya dapat diisi dengan 8 ekor saja, lalu tahap selanjutnya yang cukup penting adalah mengetahui usia ayam kalkun agar dapat dipisahkan menurut jenis kelamin nya.

Kandang Ayam Kalkun Umbaran

Kandang ayam kalkun umbaran

Kandang jenis ini penggunaannya untuk sehari-hari yang digunakan ayam kalkun dewasa untuk masa perkawinan juga, sehingga kandang ayam kalkun ini akan memiliki ukuran kandang sekitar 3 x 3 m/segi yang akan menampung sekitar 6 ekor betina dan 1 ekor jantan.

Bahan-bahan untuk pembuatan kandang umbaran sama seperti hal kandang pada biasanya, hanya saja kandang jenis ini akan memiliki area yang diberi atap sebagai tempat untuk tidur serta juga tempat mengeram ayam kalkun dan untuk sisanya akan dibiarkan terbuka.

Selain itu perhatikan sekitar kandang yang sangat disarankan untuk memberikan pagar disekelilingnya, karena jenis ayam yang satu ini sangat terkenal ayam yang suka kabur dan untuk bagian lantainya gunakan jerami tapi untuk bagian yang memiliki atap saja.

Perhatikan Tempat Ideal Untuk Kandang Kalkun!

Penempatan untuk kadang ayam kalkun akan menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan, karena tempat yang tepat akan membuat aman dan nyaman untuk ayam-ayam tersebut serta tidak lupa juga untuk memperhatikan lingkungan setempat.

Tujuan penyimpanan kandang yang tepat akan membuat kandang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga hal ini akan begitu penting bagi peternak yang menempatkan kadang dengan semi outdoor dan tanah sebagai alasnya.

Tempat ideal untuk kandang ayam kalkun harus membujur arah utara ke selatan, karena agar kandang tersebut mendapatkan akses cahaya yang cukup dari sinar matahari dan untuk peternak pemula posisi kandang cukup penting diperhatikan.

Perhatikan Hal Penting Untuk Pembuatan Kandang!

Hal yang harus diperhatikan adalah bagian dinding agar sinar matahari dapat masuk kedalam kadang dan membuat suhu kandang menjadi hangat dan tidak lembab, sehingga bisa menggunakan atap Fiberglass transparan agar sinar matahari bisa tembus hingga mengenai langsung ayam kalkun ataupun lantai kandang.

Gunakanlah dinding kandang dengan susunan kayu ataupun bahan lainnya yang dapat membawa udara masuk kedalam kandang, karena agar kondisi kandang tetap kering dan mampu mengurangi bau pada kandang ayam bangkok.

Kandang ayam kalkun betina yang sedang bertelur atau ayam betina yang sedang merawat anaknya, maka peternak harus menyiapkan menempatkan kandang yang bebas dari air hujan maupun genangan air apapun dan kandang harus dibuat khusus agar tidak ada binatang lain masuk.

Bahan-bahan untuk membuat kandang sangat disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang ringan, agar kandang tersebut dapat digeser sesuai keinginan dan tidak lupa buatlah Ventilasi udara supaya kalkun dapat memperoleh udara yang segar.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang bisa digunakan sebagai referensi dalam menentukan jenis kandang ayam kalkun dan penggunaannya, karena biasanya untuk pemula mungkin akan merasa kebingungan dalam masalah memilih kandang dan jenis kandang kalkun diatas dalam penggunaannya sesuai dengan tahapan umur.

Hal yang paling utama diperhatikan adalah arah angin dalam pembuatan kandang agar ayam kalkun terhindar dari penyakit yang biasanya muncul dari arah datangnya angin, maka peternak harus menghindari penempatan kandang yang berlawanan dengan arah angin khusus untuk kandang ayam kalkun.

Related Topics

Give a Comment