Mitos Burung Puyuh Putih, Unggas Dengan Gizi Terbaik

Puyuh adalah nama untuk beberapa genera didalam Familia Phasianidae, yaitu suku unggas tanah yang dikategorikan sebagai burung yang menghabiskan seluruh hidupnya di permukaan tanah salah satunya burung puyuh putih.

Jenis burung puyuh ini masuk kedalam jenis burung hias yang cukup populer, karena hampir seluruh badannya memiliki warna putih serta pada matanya akan berwarna merah yang cukup menarik perhatian.

Matanya yang berwarna merah itu untuk burung puyuh albino atau burung puyuh putih menjadi sebagai kekurangan tersendiri, karena daya penglihatannya yang kurang baik atau bisa dibilang rabun.

Jenis burung yang memakan biji-bijian atau hewan lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil darinya, nah untuk penjelasan lebih dalam tentang burung jenis ini mari simak penjelasan berikut!

Asal Usul Burung Puyuh Albino

Burung Puyuh Albino

Jenis burung puyuh ini berasal dari keturunan gen resesif dari puyuh Japonica, karena penyebab albino pada burung puyuh yang disebabkan adanya kelainan genetika yang membuat seluruh badannya berwarna putih walaupun berasal dari keturunan yang berwarna coklat.

Kelainan genetika tersebut membuat burung puyuh jenis ini memiliki daya penglihatan yang bisa dibilang kurang baik, sehingga untuk peternak yang membudidayakan burung puyuh putih ini harus memperhatikan sistem pemeliharaannya.

Pemberian pakan untuk burung puyuh jenis ini harus diberikan pakan berupa butiran tapi tidak berbentuk tepung, karena hal tersebut perlu diketahui peternak yang sangat berfungsi untuk menghindari penyakit pernapasan atau sering disebut Snot.

Keunggulan dari memelihara burung puyuh jenis ini terdapat pada produksi telurnya, karena jenis burung puyuh putih ini mampu memproduksi telur melebihi burung puyuh petelur pada umumnya.

Selain itu, keunggulan lainnya yang terdapat pada pakan yang mampu menghemat biaya pakan atau bisa disebut sebagai burung petelur yang mampu mengirit pakan untuk setiap ekor nya hanya memerlukan pakan sekitar 20 gram per hari.

Jenis burung puyuh ini memiliki keunggulan cukup menggiurkan untuk dijadikan sebagai ajang bisnis, namun ternyata memiliki kekurangan yang membuat peternak pemula was-was untuk memulainya adalah tingkat kematian yang cukup tinggi.

Pakan Untuk Burung Puyuh Putih

Jenis burung puyuh petelur memang menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan apalagi untuk puyuh jenis ini, karena mampu memproduksi telur terbaik yang dapat melebih burung puyuh petelur unggul.

Pemberian pakan yang pas dapat mendukung produksi telur pada burung puyuh jenis ini, maka perhatikan dalam pemberian nya dan hitung terlebih dahulu secara detail kandungan energi yang dibutuhkan pada setiap harinya.

Jenis burung puyuh petelur ini memiliki kandungan energi yang dibutuhkan sebesar 2.800 KKAL dan kandungan protein sekitar 22%, maka untuk peternak harus memberikan jenis pakan yang dapat memenuhi kebutuhan kandungan energi nya.

Ketahui jenis Ayam Birma, Apa Saja Perbedaannya Yang Menonjol ?

Mitos Ayam Cemani Dan Manfaatnya

Pemberian pakan yang pas juga memiliki keuntungan yang dapat menghemat waktu pemeliharaan, selain itu juga dapat menekan biaya pakan hingga 50% dalam memelihara burung puyuh albino ini.

Jenis pakan yang dibutuhkan untuk salah satu burung puyuh petelur ini bisa berupa pelet atau pakan broiler, karena sangat membutuhkan kandungan nutrisi yang seimbang untuk mendukung burung puyuh albino ini dalam memproduksi telurnya.

Ketahui! Fakta Menarik Burung Puyuh

Fakta Menarik Burung Puyuh

Fakta menarik dari burung jenis ini memang cukup banyak yang hampir tidak diketahui selain memiliki tubuh yang mungil dan menggemaskan, maka berikut fakta menarik lainnya dari burung mungil ini yaitu:

Manfaat Burung Puyuh

Jenis burung yang satu ini memang sangat terkenal dengan manfaat yang cukup banyak khususnya pada burung puyuh albino ini, namun yang cukup terkenal di masyarakat yang kaya manfaat terdapat pada telur dan dagingnya.

Kandungan Vitamin E dan Fosfor dalam daging burung yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, lalu untuk kandungan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang dan juga mencegah tulang dari kerapuhan atau osteoporosis.

Kotoran pada burung puyuh juga banyak dimanfaatkan petani sebagai pupuk tanaman, karena kotoran tersebut mengandung protein yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan untuk tanaman yang membuat peternak banyak membudidayakan burung puyuh.

Burung yang Menyukai Kebersihan

Fakta yang cukup menarik dari burung yang mungil ini adalah salah satu spesies burung yang sangat menyukai kebersihan, sehingga burung puyuh albino ini akan terlihat bersih apalagi memiliki warna putih pada seluruh tubuhnya.

Burung puyuh akan sangat aktif dalam membersihkan bulunya dipagi hari maupun malam hari, maka hal tersebut akan membuat burung mungil ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi.

Jenis burung yang tidak mudah terserang penyakit yang menjadi salah satu keuntungan peternak yang membudidayakannya, lalu burung puyuh juga memiliki umur yang dapat mencapai 3 – 5 tahun yang didukung dengan perawatan optimal.

Telur Burung Puyuh Putih

Fakta menarik lainnya terdapat telur yang memiliki warna dengan corak yang cukup menarik seperti halnya telur burung puyuh pada umumnya, namun jika telur tersebut menetas akan menghasilkan anakan burung puyuh yang sangat berbeda salah satunya pada burung puyuh albino ini.

Penggunaan telur burung puyuh di Indonesia sendiri cukup beragam yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis terutama bisnis kuliner yang memiliki harga jual cukup tinggi, yaitu sebagai bahan masakan yang dipadukan dengan berbagai macama bumbu Nusantara yang cukup mengugah selera.

Kandungan telur pada burung mungil ini juga cukup tinggi salah satunya kadar proteinnya, maka dalam penggunaannya juga harus benar-benar diperhatikan dengan porsi yang pas agar menghasilkan manfaat baik bagi tubuh.

Harga Burung Puyuh Putih

Harga Burung Puyuh Putih

Harga burung puyuh jenis ini memang cukup beragam tergantung dari daerah yang menjualnya dan penggunaannya, misalnya jika digunakan untuk ternak yang mungkin akan memiliki harga jauh lebih murah daripada hanya sekedar untuk burung hias saja.

Burung puyuh albino dijual dengan harga yang berbeda tergantung dari umurnya, yaitu:

  • Berusia 1 hari (2800 / ekor)
  • Berusia 7 hari (3800 / ekor)
  • Berusia 14 hari (5000 / ekor)
  • Berusia 21 hari (6300 / ekor)
  • Berusia 28-30 hari (7500 / ekor)

Kesimpulan

Penjelasan diatas berisi tentang burung puyuh putih yang memiliki keunggulan cukup menggiurkan para pebisnis ternak telur puyuh, karena untuk saat ini permintaan telur puyuh dipasaran belum terpenuhi yang disebabkan oleh peminatnya yang semakin tinggi.

Jenis burung puyuh yang mampu mengalahkan puyuh petelur lainnya dalam memproduksi telur, namun untuk mengembangbiakkan jenis ini cukup sulit dan biasanya berasal dari kelainan genetika.

Related Topics

No Responses

Give a Comment