5 Tanda Ayam Birma Yang Paling Menonjol, Apa Itu?

Ayam Birma adalah jenis ayam aduan atau ayam petarung yang menjadi primadona bagi penggemar ayam, karena jenis ayam ini bisa dijadikan untuk aduan tapi bisa juga dipelihara hanya sekedar koleksi dan untuk saat ini terkenal dengan harga yang cukup tinggi.

Asal usul dari ayam jenis ini sesuai dengan namanya ayam yang berasal dari negara Burma atau Myanmar, lalu karkateristrik yang sangat unik menjadi daya tarik yang membuat peminatnya cukup banyak dan pada harga juga tidak menjadi penghalang bagi penggemar ayam jenis ini.

Jenis ayam yang akan memiliki harga jual termahal jika dijadikan dsebagai tipe aduan apalagi sering meraih kemenangan dalam petarungan tersebut, maka untuk peternak dalam sistem perawatan nya harus benar-benar diperhatikan agar kualitasnya tetap nomor 1.

Konsumen yang mulai tertarik untuk dijadikan sebagai aduan dengan harganya yang begitu tinggi ini harus mengetahui beberapa ciri ayam birma asli, maka dari itu simak penjelasan dibawah ini untuk mengenal lebih dalam tentang ayam birma.

Apa Itu Ayam Birma

Ayam Birma

Ayam birma adalah jenis ayam yang berasal dari kawasan Burma yang dikenal sebagai Negara Myanmar, lalu keunggulan dari ayam jenis ini berada pada kekuatan bertarungnya dengan daya lompat yang cukup tinggi menjadi daya tarik bagi para penghobi sabung ayam khususnya di Indonesia.

Memiliki ciri khas dari salah satu jenis ayam aduan ini pada saat menyerang musuhnya dengan lompatan yang cukup tinggi dan hampir 90% pukulannya mengarah ke kepala, maka mata pada lawannya dibuat tidak berdaya.

Tanda Fisik Ayam Birma

Tanda Fisik Ayam Birma

Ciri fisik dari ayam aduan jenis ini jika dilihat sekilas hampir sama dengan ayam bangkok biasa, namun ada beberapa ciri lainnya yang bisa dibedakan selain dari bentuk fisiknya yaitu:

Ukuran Badan

Ukuran pada ayam jenis ini bisa dibilang cukup kecil jika digolongkan kedalam jenis ayam petarung, karena hanya memiliki bobot sekitar 2 hingga 2,5 kg saja dan ini yang akan menjadi ciri pertama yang bisa dilohat dari ayam birma.

Ayam Joper, Salah satu ayam banyak di budidaya

Pakan Ayam Lengkap

Perkembangan terus dilakukan membuat beberapa peternak sering menyilangkan ayam jenis ini dengan ayam bangkok Thailand, sehingga hal tersebut menghasilkan ayam yang memiliki ukuran lebih kekar dan besar untuk menambah karakater petarungnya.

Bentuk Wajah dan Mata

Ciri kedua bisa dilihat dari bentuk wajahnya jika diamati dengan lebih dalam akan terlihat tajam hingga membentuk garis lurus, lalu memiliki ukuran telinga yang jauh lebih besar dari jenis ayam bangkok lainnya tapi pada paruh berukuran lebih kecil.

Ukuran kepalanya juga lebih kecil untuk ayam birma ini daripada jenis ayam yang berasal dari Vietnam, miring kuning atau bahkan jenis ayam mangon dan untuk glambirnya pada ayam dari Myanmar ini akan berada dibawah paruh.

Bentuk matanya juga akan mendukung kesan ganas dari ayam jenis ini dan bahkan mampu melebihi kesangaran tipe ayam petarung lainnya, karena memiliki bentuk mata yang melotot membuat kesan angker yang lebih kuat.

Tulang Kaki dan Jengger

Bentuk tulang kaki pada ayam asal Myanmar ini menjadi kekurangannya tersendiri yang terletak dengan tulang kakinya, karena memiliki tulang kaki yang lebih kecil serta tipis jika dibandingkan dengan ayam petarung lainnya.

Pertumbuhan tulang kaki yang mengeras pada saat ayam birma mencapai umur 12 hingga 15 bulan, namun pada bentuk jengger yang lebih tegak daripada jenis ayam petarung lainnya dan bahkan jenggernya hampir sama dengan tanduk pada ular.

Warna Ayam Birma

Warna bulu pada ayam petarung jenis ini akan berbeda dengan jenis lainnya dan corak pada warna nya juga akan lebih dominasi warna abu-abu, merah dan juga coklat dengan bulu yang begitu tebal memberikan kesan berwibawa.

Pada bagian telinganya akan berwarna putih dan inilah menjadi ciri pertama, karena untuk menentukan keaslian dari ayam jenis ini tapi ciri tersebut tidak akan terlihat sepenuhnya pada ayam yang masih berumur 2 bulan.

Cara Dan Gaya Bertarung Ayam Birma

Cara Dan Gaya Bertarung Ayam Birma

Ayam asal Myanmar ini memiliki gaya bertarung yang unik dan sangat berbeda dari jenis lainnya, karena kemampuan bertarungnya menjadi daya tarik tersendiri dan berikut gaya-gaya bertarung yang unik yaitu:

Cara Menyerang

Cara menyerang dari ayam petarung jenis ini cukup unik walaupun pada saat berada diarea petarungan selalu menjaga jarak, namun saat lawannya menyerang ayam jenis ini akan menyerang terlebih dahulu daripada lawannya dengan pukulannya yang cukup kuat.

Gerakan yang dilakukan ayam jenis ini memang cukup menarik yang bergerak dari segala arah, tapi pada saat ada peluang ayam birma akan menyerang lawannya dan gerakannya juga akan tergantung dari gaya bertarung lawannya.

Pukulan Mematikan

Pukulan mematikan pada ayam jenis ini menjadi keakuratan pada saat bertarung yang akan memukul dititik kelemahan lawan yaitu dibagian mata, paruh atau kepala lawannya dengan tepat sasaran membuat pukulannya cukup berbahaya.

Kecepatan pada pukulan nya tersebut tidak akan dengan lawannya dan ayam asal Myanmar ini termasuk jenis ayam yang cukup cerdik, karena dapat mengimbangi nya dengan berbagai gaya petarung yang digunakan lawannya.

Ayam Laga Birma

Ayam Laga Birma

Ayam laga birma adalah jenis ayam birma yang berasal dari hasil persilangan dengan perawakan yang lebih kokoh serta tangguh, seperti dijelaskan sebelumnya yang pada dasarnya memiliki perawakan lebih kecil dari jenis ayam petarung lainnya.

Kemampuan dan kekuatan bertarungnya untuk ayam laga birma ini akan lebih barik daripada aslinya dan jenis laga ini biasanya disilangkan dengan dengan ayam bangkok Thailand, maka berikut hasil persilangannya yaitu :

  • Persentase perbandingan yang lebih banyak jika persilangan 75% Birma asli dengan 25% ayam bangkok Thailand, maka akan menghasilkan ukuran yang lebih besar dengan bobot dibawah 3 kg.
  • Perbandingan dengan persilangan yang seimbang dari 50% Birma asli dengan 50% ayam bangkok Thailand, menghasilkan bobot 3 kg dengan tulang yang begitu kuat.
  • Persentase perbandingan yang lebih sedikit ayam birma asli sekitar 25% dengan ayam bangkok Thailand, sehingga menghasilkan bobot 3 kg dengan kemiripan lebih mirip ayam bangkok Thailand pada umumnya.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap tentang ayam birma dan kemampuan bertarung ayam asal Myanmar ini tentunya tidak akan sempurna tanpa adanya latihan serta pemeliharaan yang benar, selain itu juga harus memperhatikan jenis pakan yang diberikan untuk mendukung kualitasnya.

Ayam birma memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan jenis ayam petarung lainnya, maka penjelasan diatas akan membantu konsumen yang tidak terlalu mengetahui tentang ayam birma dalam membedakan ayam jenis ini dengan jenis lainnya.

Related Topics

No Responses

Give a Comment