Burung Puyuh, Burung Tidak Terbang & Kaya Gizi

Puyuh adalah salah satu burung yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, karena burung yang satu ini sangat terkenal dengan telurnya yang biasa dimanfaatkan khususnya untuk bisnis kuliner.

Telur pada burung ini juga memiliki manfaat yang cukup banyak jika dikonsumsi dengan porsi yang pas, sehingga memiliki kandungan yang lebih baik daripada telur pada unggas lainnya dan bahkan hingga 2 kali lipat lebih baik telur burung puyuh.

Puyuh di Negara Indonesia sendiri lebih banyak habitatnya yang berjenis gonggong Jawa dengan corak variasi garis dan totol, namun banyak juga peternak burung puyuh khususnya yang menggunakan jenis burung ini yang berasal dari Jepang.

Jenis burung ini memang sangat berbeda dengan jenis burung pada umumnya, karena puyuh tidak bersarang diatas pohon tapi ia akan bersarang dipermukaan tanah dan berikut penjelasan lebih dalam tentang burung puyuh. Mari simak!

Apa Itu Burung Puyuh?

Apa Itu Burung Puyuh?

Apa itu Burung puyuh adalah jenis unggas daratan yang memiliki ukuran lebih kecil namun gemuk, lalu jenis burung yang satu ini menghabiskan seluruh waktunya dipermukaan tanah hingga memiliki kemampuan untuk lari dengan kecepatan tinggi.

Burung yang memiliki ukuran panjang sekitar 19 cm, berbadan bulat, ekor pendek, paruh pendek, berjari kaki sebanyak empat dan untuk warna pada puyuh ini kebanyakan berwarna cokelat kemerahan tapi bisa juga cokelat kekuningan dengan corak khas sesuai dari jenisnya.

Puyuh adalah nama untuk beberapa genera didalam Familia Phasianidae, yaitu suku unggas tanah yang dikategorikan sebagai burung dan suku unggas tanah lainnya akan meliputi ayam hutan, ayam hutan hias, sempidan, kuau, merak dan salah satunya adalah puyuh ini.

Peternak puyuh di Indonesia yang paling banyak menggunakan spesis puyuh dari Gonggng Jawa, namun dibeberapa daerah ada juga yang menggunakan jenis puyuh Jepang yang mampu menghasilkan telur sebanyak 300 dalam setahun.

Burung puyuh betina dan jantan tentunya memiiki perbedaan yang cukup mendasar pada ukuran tubuhnya, karena untuk ukuran tubuh puyuh jantan akan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan puyuh betina.

Apa Burung Puyuh Bisa Terbang?

Apa Burung Puyuh Bisa Terbang?

Apa burung puyuh bisa terbang? Nah hal tersebut menjadi perbincangan yang cukup hangat khususnya di masyarakat, karena banyak yang beranggapan bahwan burung jenis ini tidak bisa terbang tapi faktanya burung jenis bisa terbang.

Puyuh memang jenis burung yang lebih banyak menghabisakan hidupnya di permukaan tanah, sehingga membuatnya memiliki kemampuan dalam berlari dengan kecepatan tinggi tapi dalam kualitas terbangnya hanya bisa dengan jarak tempuh cukup pendek.

Burung Puyuh Albino Yang Penuh Mitos

Manfaat Daging Ayam, Penuh Akan Protein Baik

Hal tersebut membuat burung jenis ini lebih banyak berlari pada saat dalam bahaya daripada terbang, sehingga hal itu membuat masyarakat dunia beranggapan bahwa salah satu spesies burung di Dunia ini tidak bisa terbang dan hal itu sangat terkenal hingga saat ini.

Faktor yang mempengaruhinya bisa dilihat dari bentuk tubuh yang kecil, lalu juga didukung dengan ukuran kaki yang tidak terlalu tinggi bahkan bisa dibilang keci yang tidak seperti pada burung umumnya yang membuat burung jenis ini lebih memilih berlari daripada terbang saat dalam bahaya.

3 Fakta Menarik Burung Puyuh

Fakta menarik dari burung jenis ini memang cukup banyak yang hampir tidak diketahui selain memiliki tubuh yang mungil dan menggemaskan, maka berikut fakta menarik lainnya dari burung mungil ini yaitu:

Jenis Burung Kaya Manfaat

Jenis Burung Kaya Manfaat

Jenis burung yang satu ini memang sangat terkenal dengan manfaat yang cukup banyak khususnya pada tubuh manusia, namun yang cukup terkenal di masyarakat yang kaya manfaat terdapat pada telur dan dagingnya.

Kandungan Vitamin E dan Fosfor dalam daging burung yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, lalu untuk kandungan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang dan juga mencegah tulang dari kerapuhan atau osteoporosis.

Manfaat lainnya yang jarang di ketahui dan memiliki nilai jual cukup tinggi, yaitu bulu pada burung puyuh yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan dan tak jarang banyak digunakan untuk membuat perabitan rumah tangga.

Kotoran pada burung puyuh juga banyak dimanfaatkan petani sebagai pupuk tanaman, karena kotoran tersebut mengandung protein yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan untuk tanaman yang membuat peternak banyak membudidayakan burung puyuh.

Burung yang Menyukai Kebersihan

Fakta yang cukup menarik dari burung yang mungil ini adalah salah satu spesies burung yang sangat menyukai kebersihan, sehingga burung jenis ini sangat peduli dengan kebersihan khususnya pada tubuhnya sendiri.

Burung puyuh akan sangat aktif dalam membersihkan bulunya dipagi hari maupun malam hari, maka hal tersebut akan membuat burung mungil ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi.

Jenis burung yang tidak mudah terserang penyakit yang menjadi salah satu keuntungan peternak yang membudidayakannya, lalu burung puyuh juga memiliki umur yang dapat mencapai 3 – 5 tahun yang didukung dengan perawatan optimal.

Warna Telur yang Bercorak

Warna Telur yang Bercorak

Fakta menarik lainnya terdapat telur yang memiliki warna dengan corak yang cukup menarik, lalu pada masa produksi telurnya juga cukup produktif yang mampu mengahasilkan telur sebanyak 10-20 butir telur dalam satu ekor.

Penggunaan telur burung puyuh di Indonesia sendiri cukup beragam yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis terutama bisnis kuliner yang memiliki harga jual cukup tinggi, yaitu sebagai bahan masakan yang dipadukan dengan berbagai macama bumbu Nusantara yang cukup mengugah selera.

Kandungan telur pada burung mungil ini juga cukup tinggi salah satunya kadar proteinnya, maka dalam penggunaannya juga harus benar-benar diperhatikan dengan porsi yang pas agar menghasilkan manfaat baik bagi tubuh.

Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Peluang bisnis burung puyuh ini yang bisa dibilang cukup menjanjikan, karena masa bertelur burung jenis ini mampu menghasilkan telur sebanyak 20 butir dalam waktu kurang lebih satu tahun setengah dan jika jenis burung ini sudah tidak produktif dapat dikonsumsi dagingnya.

Ternak burung puyuh di Indonesia sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1979, sehingga memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadikan buruh puyuh sebagai ajang bisnis yang cukup populer hingga saat ini dan untuk peternak sendiri sebeum memulainya harus mengetahui terlebih dahulu apa itu burung puyuh.

Peternak memang dituntut harus mengetahui beberapa hal yang meliputi persiapan ternak khususnya pemula, setelah itu tidak lupa dengan dengan pemberian perwatan yang optimal agar produksi telur burung puyuh dapat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lebih dalam tentang apa itu burung puyuh yang harus diketahui oleh peternak pemula khususnya, selain itu juga penjelasan lebih dalam tentang burung puyuh juga cukup penting untuk menambah informasi tentang burung mungil ini.

Burung puyuh memiliki fisik yang mungil serta menggemaskan ini ternyata memiliki fakta yang cukup menarik seperti yang dijelaskan sebelumnya, lalu juga memiliki telur dengan kandungan yang 2 kali lipat lebih baik dari pada telur unggas lainnya dan menjadi faktor utama peluang bisnis menjanjikan.

Related Topics

Give a Comment