Manfaat Daging Ayam, Salah Satu Unggas Tinggi Protein

Daging ayam menjadi salah satu lauk nasi yang umum dikonsumsi manusia seluruh dunia, karena memiliki rasa enak dengan ukuran daging cukup besar tapi tidak banyak mengetahuinya jika dikonsumsi dapat meningkatkan kesehatan disebabkan oleh manfaat daging ayam.

Ayam sendiri masuk kedalam makanan favorit khususnya masyarakat Indonesia bahkan dimasukkan kedalam menu masakan setiap hari, karena daging tersebut bisa diolah dengan berbagai macam jenis bumbu Nusantara yang menggugah selera.

Penyajian daging ayam sendiri yang bisa dibuat berbagai macam olah membuatnya menjadi salah satu makanan yang paling digemari, karena dibalik penyajian tersebut ternyata memiliki segudang manfaat dari kandungan gizi ayam.

Kandungan pada setiap potong untuk ayam akan memiliki kandungan yang berbeda, maka manfaat yang akan didapatkan juga berbeda dan berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat daging ayam. Mari simak!

Zat Gizi Pada Ayam Pedaging

Manfaat ayam pedaging

Zat gizi pada daging ayam 100 gram saja jika dikonsumsi mampu memenuhi kebutuhan gizi manusia, karena ayam sendiri memiliki Zat gizi yang cukup bagus untuk menjaga kesehatan tubuh manusia dan berikut Zat gizi pada daging ayam 100 gram yaitu:

Karbohidrat

Karbohidrat pada manusia adalah sumber energi yang paling utama yang biasanya semua jenis karbohidrat berasal dari tumbuhan ataupun hewani, karena setiap manusia dalam setiap harinya memerlukan 50-60 % karbohidrat.

100 gram saja mengkonsumsi daging ayam akan terpenuhi semua kebutuhan karbohidrat pada manusia, maka hal tersebut menjadi salah satu dari manfaat daging ayam.

Protein

Ayam adalah salah satu hewan yang menjadi sumber protein hewani, karena dalam 100 gram daging ayam khususnya pada bagian dada nya akan mengandung kandungan protein sekitar 14,8 gram.

Kebutuhan protein pada manusia sekitar 1 gram per 1 kilogram berat badannya, maka dengan mengkonsumsi 100 gram dada ayam akan memenuhi seperempat kebutuhan protein harian dengan berat 60 kilogram.

Protein memang zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki fungsi utama sebagai zat pembangun didalam tubuh, karena bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Kalori

Kalori adalah takaran energi dalam suatu makanan atau satuan untuk menyatakan suatu energi, nah untuk setiap bagian tubuh ayam akan memiliki kalori yang berbeda dan berikut kandungan kalori dari setiap potong daging ayam:

Dada Ayam

Dada ayam adalah bagian favorit, karena memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan dada ayam jika dimasak tanpa kulit sekitar 100 gram saja akan memiliki kandungan protein cukup baik.

Potongan daging ayam ini akan mengandung 284 kalori atau 165 kalori setiap penyajian untuk 100 gram saja, oleh karena itu 80% kalorinya akan berupa protein dan 20% nya lagi berupa lemak.

Kandungan kalori yang berupa protein nya lebih tinggi dari lemak untuk 100 gram, maka tidak perlu khawatir jika terlalu banyak kalori dan hal tersebut menjadi salah satu manfaat daging ayam.

Paha Atas

Paha atas menjadi salah satu potongan ayam yang cukup populer, nah untuk 100 gram paha atas yang dimasak tanpa kulit akan mengandung protein sekitar 26,5 gram.

Kandungan kalori pada 100 gram paha atas untuk ayam mengandung 109 kalori hingga 209 kali, sehingga untuk 53% kalori tersebut datang dari protein dan sisa nya 47% berupa lemak.

Paha Bawah

paha bawah memiliki bagian yang lebih kecil yang biasa disebut dengan drumstick, lalu untuk satu paha ayam tanpa kulit atau tulang (100 gram) akan memiliki 26,2% protein.

Kandungan protein tersebut akan memiliki kalori sekitar 76 kalori pada setiap drumstick hingga 172 kalori untuk 100 gram, tentunya kandungan kalori tersebut juga akan dibagi oleh protein dan lemak.

Kalori diatas terdiri dari 70% berupa protein dan 30% akan berupa lemak tapi beda cerita lagi jika paha bawah dikonsumsi bersama kulitnya, karena akan mengandung 112 kalori dengan 53% berupa protein serta 47% lemak yang akan menjadi salah satu kandungan gizi ayam.

Sayap Ayam

Bagian sayap ayam biasanya sering dijadikan camilan yang berupa Chicken Wing, dari sisi lain tidak banyak cukup banyak orang yang mengetahui kandungan kalori pada bagian sayap ayam ini.

Kandungan kalori di bagian sayap ayam ayam tanpa kulit serta tulang untuk 100 gram akan mengandung 99 kalori, karena kalori tersebut berupa protein dengan sebanyak 39% dan sisanya 61% lemak.

Vitamin B6

Daging ayam memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup banyak daripada vitamin lainnya dalam 100 gram saja mengkonsumsi nya, maka kebutuhan vitamin B6 setiap harinya sekitar 36% akan terpenuhi dan hal tersebut menjadi salah satu manfaat daging ayam.

Ayam memiliki kandungan vitamin B6 terbaik pada dagingnya yang sangat diperlukan untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein untuk memproduksi sel darah merah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin jenis ini memang memiliki fungsi yang disebut dengan piridoksin, yaitu sangat berperan penting dalam metabolisme asam amino dan juga asam lemak membuat daging ayam menjadi kandungan gizi terbaik.

Mineral

Mineral adalah zat besi yang cukup penting didalam tubuh manusia dan salah satunya Selenium, nah untuk daging ayam sendiri dapat memenuhi kebutuhan mineral sekitar 40% dari total kebutuhan setiap harinya.

Selenium sendiri memiliki sifat antioksidan yang sangat berguna untuk melindungi kerusakan tubuh disebabkan oleh radikal bebas, maka hal tersebut akan berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan daging ayam juga mengandung fosfor yang cukup penting dalam pembentukan serta perawatan gigi dan tulang, oleh karena itu daging ayam mengandung fosfor yang hampir memenuhi kebutuhan 36% pada setiap harinya yang menjadi salah satu manfaat daging ayam.

Manfaat-manfaat Daging Ayam

Potongan ayam pedaging

Manfaat-manfaat daging ayam cukuplah bagus untuk kesehatan, karena dengan mengkonsumsi 100 gram saja dapat memenuhi segala kebutuhan gizi harian manusia yang akan menghasilkan beberapa manfaat daging ayam yaitu:

Membantu Pembentukan Otot

Kandungan protein yang tinggi pada daging ayam akan membantu dalam memaksimalkan pembentukan otot, maka protein tersebut akan berperan penting dalam proses menguatkan otot-otot tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam.

Baca Juga

Cara Ternak Ayam Bangkok Bagi Pemula

Manfaat Konsumsi Ayam Kampung Minimal Seminggu Sekali

Daging ayam memang menjadi pilihan yang tepat untuk yang sedang melakukan pembentukan otot melalui gym, lalu pilihlah pada bagian dada dan juga paha yang memiliki jumlah protein 25-30 gram dalam setiap potong nya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang akan terjaga dengan mengkonsumsi 100 gram daging ayam, karena mengandung Protein yang dapat meningkatkan tingkat kepadatan tulang dan menjadi salah satu manfaat daging ayam.

Ayam sendiri pada setiap dagingnya mampu menjadi sumber protein terbaik untuk tubuh manusia, maka kandungan protein tersebut mampu meningkatkan kekuatan tulang selain meningkatkan kepadatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam, karena memiliki kandungan mineral yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kandungan mineral yang cukup tinggi, selain itu juga memiliki kandungan Selenium yang menjadi salah satu antioksidan yang berperan penting dalam proses peningkatan kekebalan tubuh pada manusia yang menjadi salah satu manfaat daging ayam.

Mencegah Anemia

Daging ayam memang mengandung mineral yang cukup tinggi, maka dari itu kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja.

Kandungan zat besi dapat mencegah anemia terjadi didalam tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam, maka dengan mengkonsumsi daging ayam bisa menjadi pencegahan terjadinya anemia.

Mengatur Kadar Kolesterol

Daging memiliki keistimewaan yang dapat mengatur kadar kolesterol tapi tidak banyak orang yang mengetahuinya, karena ada beberapa yang beranggapan bahwa daging ayam mengandung kolesterol jahat.

Faktanya daging ayam yang dikonsumsi memiliki manfaat tersendiri dengan adanya kandungan niacin, maka kandungan tersebut dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat asal diolah dengan cara direbus yang tentunya tanpa kulit akan menjadi salah satu manfaat daging ayam.

Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Jantung

Meningkatkan kesehatan kulit serta juga jantung dengan mengkonsumsi 100 gram saja daging ayam, karena daging ayam tersebut mengandung vitamin C dan vitamin B6.

Vitamin C yang ada didalam kandungan daging ayam sangat penting dalam merawat kesehatan kulit, karena kandungan zat antioksidan pada vitamin C tersebut yang memiliki peranan bagus untuk merawat kulit.

Selain vitamin C, daging bebek juga mengandung vitamin B6 yang cukup penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tentunya dapat mencegah terjadinya serangan jantung yang cukup berbahaya dan hal tersebut menjadi salah satu manfaat daging ayam.

Fakta Kepala Ayam!

Kalori kepala ayam cukup tinggi

Meski kalori kepala ayam cukup tinggi, tapi kepala ayam adalah bagian tubuh yang cukup banyak penggemarnya, karena hampir sebagian orang yang memakan kepala ayam akan ada sensasi tersendiri dan disisi lain kepala ayam juga memiliki kandungan kalori yang cukup besar dari pada bagian tubuh lainnya.

Pada bagian kepala ayam juga memiliki bagian yang cukup berbahaya salah satunya bagian otak, dikarenakan biasanya peternak ayam mencampurkan bahan kimia kedalam makanan ayam ternak tersebut.

Pakan ayang ternak yang mengandung bahan kimia akan mengandung logam berat, lalu pada akhirnya logam tersebut akan tersimpan didalam otak sang ayam dan jika dikonsumsi dalam jangka pendek saja bisa menyebabkan keracunan.

Kesimpulan

Penjelasan diatas yang terdiri dari manfaat-manfaat daging ayam yang sesuai dengan pakar nutrisi Amerika Serikat bernama Chris Mohr, bahwa didalam daging ayam memiliki keutamaan tersendiri jika dikonsumsi dengan benar dan tepat.

Kadar kalori pada daging ayam memang tinggi tapi kadar kalori juga akan berbeda tergantung pada setiap potong nya, karena untuk 100 gram saja memiliki kadar kalori 301 yang cukup bagus untuk menambah jumlah energi didalam tubuh.

Related Topics

Give a Comment