Olahan Lidah Sapi Yang Tentunya Enak & Nilai Gizinya

Lidah sapi adalah bagian dari daging sapi yang berasal dari lidah ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar makanan dalam bentuk sate hingga disemur, sehinga hidangan yang berbahan dasar dari salah satu bagian tubuh hewan berkaki 4 ini di beberapa Negara dianggap sebagai makanan yang paling lezat.

Ternyata kandungan kalori didalam lidah ini memang bisa dibilang dedikit, namun mengandung banyak protein dan lemak sehat hingga sangat berguna untuk penderita berbagai penyakit pada saluran pencernaan jadi tidak salah jika manfaat serta bahayanya telah dipelajari oleh para ilmuwan sejak lama hingga menjadi makanan dengan tingkat kelezatan yang cukup tinggi dan disukai oleh banyak orang.

Rasa yang dihasilkan juga lebih dari sekedar rasa yang lembut dan kandungan nutrisi yang bermanfaat, oleh karena itu juga dapat berfungsi sebagai pengganti sosis dan produk daging asap lainnya yang sangat baik serta untuk mengenalnya lebih dalam mari simak!

Manfaat Lidah Sapi Juga Memiliki Gizi Terbaik

Manfaat Lidah Sapi

Kandungan pada lidah ini memang cukup banyak hingga menjadi salah satu bagian tubuh sapi yang paling bernutrisi, sehingga tidak salah jika mengkonsumsi nya tidak hanya mendapatkan kelezatan pada lidah saja tapi juga mendapatkan beberapa manfaat yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh dan berikut manfaat dari lidah sapi yaitu:

Mencegah Anemia

Sumber zat besi heme yang sangat baik pada lidah ini akan lebih unggul daripada zat besi yang diperoleh dari sumber nabati (non-heme), maka prosesnya zat besi heme akan diserap secara signifikan jauh lebih baik daripada zat besi non-heme dan dapat membantu memastikan cukupnya mineral ini tersedia untuk sintesis sel darah merah didalam tubuh.

Seain itu, proses prevalensi anemia yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi zat besi heme yang berasal dari lidah hewan jenis ini yang ternyata dapat membantu memenuhi tujuan nutrisi kita untuk mineral ini dan menjadi salah satu manfaat yang berperan cukup penting.

Dapat Mendukung Sistem Antioksidan Tubuh

Pada saat mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan sangat disarankan yang akan mendukung proses netralisasi radikal bebas tapi ternyata tidak hanya buah saja, namun bagian dari salah satu tubuh hewan ini juga dapat membantu dalam proses tersebut yang faktanya bahwa secara alami mengandung glutathione hingga dapat membantu tubuh dalam proses sistem antioksidan .

Nah senyawa ini disebut sebagai antioksidan utama yang paling kuat diproduksi secara alami oleh tubuh, walaupun tubuh tersebut secara alami akan menghasilkan senyawa antioksidan ini tapi bisa juga pada saat mengkonsumsi makanan yang mengandungnya senyawa tersebut hingga dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu mendukung produksi alami itu.

Meningkatkan Sistem Sistem Imun

Kandungan protein memang dapat membantu pertumbuhan dan pemulihan jaringan otot, maka untuk itu bisa mengkonsumsinya yang mengandung lebih dari protein saja yang terdapat juga kandungan asam amino beta-alanin, prekursor karnosin, dan creatine itu sangat terkenal selama beberapa dekade sebagai penambah kinerja khususnya.

Selain itu juga dapat menguatkan diet jika sedang menjalaninya dengan adanya asam amino ini meningkatkan kinerja, menghasilkan kekuatan, mengurangi kelelahan dan meningkatkan penyangga asam laktat yang sudah diketahui menyebabkan kegagalan otot selama aktivitas hingga akan mendapatkan kemampuan berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama setelah kelelahan itu terjadi.

Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan asam lemak sehat didalamnya sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf, selain itu kedua jenis omega-3 tersebut juga dapat membantu dalam pencegahan penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak salah satu nya yang bernama Demensia dan Alzheimer.

Nah beda cerita lagi jika anak-anak dan juga ibu hamil yang mengkonsumsinya, karena kandungan DHA didalamnya sangat berperan penting dalam pertumbuhan janin serta perkembangan otak untuk ibu hamil dan juga dapat membantu dalam perkembangan otak menjadi lebih cerdas pada anak-anak.

Mendukung Kesehatan Sistem Saraf

Pada saat sistem saraf membutuhkan sejumlah nutrisi untuk berfungsi secara efisien, maka tubuh memerlukan makanan yang memasok banyak vitamin B dan lemak melakukan pekerjaan terbaik untuk mendukung fungsi saraf yang sehat tapi dengan mengkonsumsi lidah sapi ini mampu menjadi salah satu manfaat yang cukup penting dalam menjaga kesehatan saraf.

Kandungan vitamin B akan membantu untuk mendorong transmisi saraf dan retensi sensitivitas saraf terutama yang penting pada saraf perifer seperti kaki, karena mungkin akan mengalami masalah sirkulasi hingga lemak akan bertindak sebagai selubung isolasi di sekitar serat saraf untuk mencegah kehilangan sinyal listrik selama transmisi stimulus itu terjadi.

Menjaga Badan Tetap Ideal

Lidah sapi yang dikonsumsi setiap hari ternyata dapat membantu dalam menjalani program diet loh, walaupun mengandung lemak tak jenuh pada ikan laut jenis ini tapi kadar tersebut hanya sekitar 4,2 mg disetiap per 100 gramnya yang menjadi salah satu makanan yang tetap bisa dikonsumsi.

Kandungan lemak tak jenuh jika masuk ke dalam tubuh tidak akan menyebabkan penumpukan lemak yang dapat menaikkan berat badan, sehingga tidak salah jika lidah sapi sangat dianjurkan dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau menjaga berat badan tetap stabil.

Baca Juga

Resep Sate Kambing Terpopuler Dengan Daging Empuk

Olahan Sehat, Resep Ikan Bawal Dengan Gizi Terbaik

Resep Andalan Mamah, Ikan Bawal Goreng Super Enak

Kandungan Lidah Sapi

Lidah sapi ini memang memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh, karena mengandung sejumlah besar zat besi yang akan memastikan kelancaran dalam pertukaran oksigen antara organ dalam dan lingkungan hingga membuat jenis makan yang satu ini sangat diburu serta berikut kandungan gizi yang ada didalam lidah sapi ini yaitu:

  • Protein: 21,3 gram.
  • Lemak: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 2.2 gram.
  • Kalsium: 136 mg.
  • Fosfor: 69 mg.
  • Besi: 0,8 mg.
  • Natrium: 214 mg.
  • Kalium: 245,0 mg.
  • Tembaga: 0,20 mg.
  • Seng: 1,1 mg.
  • Thiamin (vitamin B1): 0,26 mg..
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin (vitamin B3): 0,2 mg.

Olahan Lidah Sapi

Nah setelah mengetahui berbagai macam manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh jika mengkonsumsi hidangan yang berbahan utamanya dari lidah sapi, memang terdengar asing bagi yang tidak mengetahuinya tapi jika diolah dengan racikan bumbu yang tepat mampu menghasilkan hidang yang menggugah selera loh dan berikut olahan dari lidah sapi yaitu:

Bistik Lidah Sapi

Foto : Dapur Kobe

Olahan lidah sapi yang satu ini cukup populer yang mampu menjadikan hidangan lezat bahkan mampu mengalahkan olahan dagingnya, nah untuk membuatnya dirumah bisa menggunakan resep berikut:

Bahan-bahan:

  • 500 g lidah sapi
  • 100 g jamur kancing
  • 2 buah tomat, parut dan ambil airnya
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 butir pala bubuk
  • 3 buah cengkih
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Air secukupnya
  • Mentega secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • 1 ikat selada
  • 1 buah wortel, iris
  • 1 buah timun, iris
  • 1 bungkus buncis

Cara Membuatnya:

  • Langkah pertama rebus terlebih dahulu lidah sapi hingga empuk dan kupas kulitnya, lalu potong sesuai selera.
  • Panaskan mentega, kemudian tumis bawang putih hingga tercium aroma harum.
  • Masukkan lidah sapi, saus tiram, saus tomat, kecap manis, kecap inggris, pala parut, garam dan lada sesuai selera.
  • lalu tambahkan jamur kancing dan air, masak hingga bumbu meresap dan jangan lupa koreksi rasa jika sudah pas matikan kompor.
  • Setelah itu sajikan dan susun seluruh bahan pelengkap, kemudian tambahkan bistik yang sudah matang serta olahan lidah sapi ini siap disantap.

Harga Lidah Sapi

Lidah sapi dapat menjadi salah satu bisnis kuliner yang sangat menjanjikan dan bahkan bagian jeroan dari ini dapat diolah menjadi kuliner yang asal dari Jepang, yang bernama Gyutan Don adalah hidangan yang berisikan nasi putih diberi topping irisan lidah sapi dengan cita rasa yang dihasilkan cenderung gurih dan pedas.

Harga dari salah satu bagian dari jeroan sapi ini memang cukup beragam tapi untuk dipasaran pada umumnya dijual dengan ukuran 1 kg ini memiliki harga sekitar Rp 110.000, namun hanya untuk sapi lokal tapi beda harga lagi untuk jenis sapi impor yang mungkin akan memiliki harga sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp 130.000 per kg dan untuk lidah sapi dalam bentuk Slice atau Iris (Gyutan) dijual dengan harga Rp 160.000.

Kesimpulan

Lidah sapi dianggap sebagai salah satu produk sampingan favorit dari banyak pecinta kuliner, selain itu banyak olahan yang berasal dari salah satu jeroan sapi ini yang membuatnya semakin populer dan tidak hanya itu manfaat yang dihasilkan juga sangat berperan penting untuk tubuh dalam menjaga kesehatanya.

Tinggalkan komentar