Mengenal Karakteristik Sapi, Manfaat Dan Sejarahnya

Sapi adalah salah satu hewan ternak anggota suku Bovidae yang sudah dikebiri dan biasanya digunakan untuk membajak sawah yang dinamakan Lembu, karena penggunaannya khusus dipelihara untuk dimanfaatkan susu serta dagingnya sebagai kebutuhan pangan manusia tapi beberapa tempat penggunaan hewan ini sebagai alat penggerak atau transportasi tradisional.

Nah untuk jenis ternak sendiri berasal dari keturunan jenis liar yang dikenal dalam bahasa Jerman dengan sebutan Aurochs, karena yang berarti Kuno dan nama ilmiahnya dikenal dengan sebutan Bos Primigenius yang ternyata sudah punah di Eropa sejak 1627 tapi ada beberapa spesies liar lainnya yang keturunannya didomestikasi dan diternakan di Indonesia.

Jenis hewan yang memiliki peran penting di kehidupan manusia ini ternyata sudah punah sejak tahun 1627, maka untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan dibawah ini!

Manfaat Sapi Bagi Manusia

Manfaat Sapi Bagi Manusia
Foto : Detik.com

Sumber daya hewani memang banyak digunakan sebagai sumber pangan yang memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia, sehingga dengan adanya hewan yang satu ini dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih ringan apalagi jika dimanfaatkan didalam dunia pertanian dan berikut manfaat lainnya yang sangat berdampak pada lingkungan antara lain:

Dapat Menjadi Sumber Pangan

Daging yang dihasilkan hewan ini memang dapat memberikan sumber protein yang sangat baik bagi manusia, tidak hanya itu hasil dari produksi hewan tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan manusia yang sangat menguntungkan seperti susu dan madu.

Alat Transportasi

Nah bagi manusia sendiri salah satu hewan mamalia ini memang bisa juga dijadikan sebagai alat transportasi, karena seperti halnya pada kuda yang kerap dimanfaatkan manusia sebagai tunggangan atau pengangkut barang dan pada zaman dahulu banyak masyarakat yang menggunakan sapi sebagai alat transportasi nya untuk pergi ke pasar atau ke tempat lainnya.

Baca Juga

Mengenal Makanan Viral Sei Sapi & Resep Sei Sapi

Apa Itu Domba, Kenali Karakteristik Domba & Harganya

Mengenal Perbedaan Domba dan Kambing. Apa Saja ?

Bahan Sadang

Pemanfaatan kulit dari hewan ini dimulai dari ratusan ribu tahun yang lalu, karena pada saat itu manusia akan memanfaatkannya sebagai bahan utama pembuatan pakaian untuk menghangatkan tubuh hingga untuk saat ini pemanfaatannya sebagai bahan sandang ini memang harus diikuti dengan upaya budidaya dan jika tidak populasinya akan semakin berkurang yang disebabkan akibat pemanfaatan yang berlebihan.

Dapat Menjadi Konsumen Didalam Rantai Makanan

Hewan sendiri merupakan konsumen yang memakan tumbuhan atau bahkan hewan lainnya didalam rantai makanan, nah jika tidak ada hewan maka produsen seperti tumbuhan akan hidup dengan sangat subur dan tidak terkendali hingga bahkan dapat menginvasi tempat tinggal manusia serta itulah beberapa hal yang saling menguntungkan.

Penghasil Pupuk Organik

Pemanfaatan yang tidak hanya terletak di penggunaan dagingnya saja, karena kotoran hewan ini secara alami digunakan sebagai pupuk oleh tumbuhan yang penggunaanya akan diuraikan terlebih dahulu oleh dekomposer menjadi zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan seperti nitrogen salah satunya.

Membantu Penyerbukan Tanaman

Sapi hewan mamalia yang sama seperti halnya kupu-kupu, lebah, dan burung adalah hewan yang dapat membantu penyerbukan tanaman dengan bantuan hewan-hewan tersebut hingga membuat tumbuhan dapat berkembangbiak dengan cara yang lebih baik dan juga cepat.

Kenali, Karakteristik Sapi

Karakteristik Sapi

Sapi hewan mamalia yang berkaki empat dengan bagian tapak yang sebelah, karena pada awalnya diidentifikasi menjadi tiga spesies yang terpisah tapi dengan seiring berjalannya waktu para ilmuwan menemukan perbedaan pendapat untuk jenis Bos taurus, Bos indicus dan Bos primigenius hingga untuk jenis domestik masih tergolong satu spesies.

Nah untuk hewan ruminansia ini akan memakan dan mencerna tumbuhan yang melalui fermentasi didalam sistem pencernaannya, sehingga lambung nya sendiri terdiri dari atas 4 ruangan ( rumen, retikulum, omasum dan abomasum) hingga pakan yang sudah difermentasi didalam Rumen akan dikembalikan lagi ke mulut untuk dikunyah dan proses tersebut akan disebut dengan Ruminasi yang terjadi pada hewan jenis ini.

Proses kawin yang secara alami pada hewan ini bisa dilakukan melalui Inseminasi buatan (IB), nah prosesnya dilakukan dengan menempatkan semen dari jantan ke dalam rahim betina yang disebut dengan mas Etrus dan masa kehamilannya sendiri akan berlangsung selama 9 bulan seperti halnya yang terjadi pada manusia tapi terkadang hewan mamalia ini sering mengalami kesulitan dalam masa melahirkan yang disebut dengan Distokia.

Manusia yang memelihara sapi memang untuk dimanfaatkan produknya (daging, susu, pupuk dan kulitnya) tapi bisa juga dimanfaatkan tenaganya, karena dalam pemeliharaannya juga cukup mudah yang dapat dilakukan secara ekstensif (di luar) maupun intensif (di kandang) dan juga sistem keduanya dapat dikombinasikan yang disebut peternakan semi-intensif.

Sapi memang seperti hewan pada umumnya yang memiliki berbagai macam ras dan salah satunya yang paling banyak ditemukan adalah ras Holstein (sapi perah), sehingga banyak ditemukan hingga di 128 negara yang terbentuk secara alami dan campur tangan manusia yang dinamakan ras campuran yang menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan ras dalam jumlah besar dengan waktu yang singkat.

Kesimpulan

Itulah pembahasan singkat mengenai sapi yang dari semua hewan atau binatang yang telah Allah ciptakan di dunia ini pasti akan memberikan manfaat bagi manusia, tentunya baik dari yang kecil hingga yang besar atau dari yang berkaki hingga yang tidak berkaki.

Tinggalkan komentar