Daftar Harga Ikan Gurame Terlengkap Dan Terbaru

Harga ikan gurame dipasaran memang memiliki harga yang berbeda tergantung pada jenisnya, namun harga pada umumnya bisa dibilang cukup marah dikantong yang membuat salah satu ikan air tawar ini sangat populer khususnya di Asia Tenggara dengan daging yang lebih tebal serta gurih dan sangat pas jika dijadikan sebagai bahan utama suatu hidangan.

Selain itu, kandungan gizi yang terdapat pada ikan jenis ini juga sangat penting bagi tubuh hingga dapat menghasilkan manfaat yang terbaik bagi tubuh dengan mengkonsumsi 100 gram saja dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit setruk yang sering menyerang masyarakat Indonesia bahkan mengalami peningkatan pada setiap tahunnya untuk penderita penyakit ini.

Mengkonsumsi ikan jenis ini menjadi salah satu cara yang cukup penting dalam pencegahan penyakit tersebut, selain itu harga ikan gurame sendiri sangatlah murah hingga dapat dikonsumsi untuk setiap kalangan masyarakat Indonesia dan berikut terdapat daftar harga yang bisa diketahui serta juga beberapa manfaat terbaik bagi tubuh. Mari simak penjelasan berikut!

Daftar Harga Ikan Gurame Di Setiap Daerah

Daftar Harga Ikan Gurame Di Setiap Daerah

Harga ikan gurame ini disetiap daerah memang akan berbeda yang biasanya akan tergantung pada jenisnya dan juga kualitasnya, selain itu ada juga beberapa faktor yang akan mempengaruhi harga jualnya salah satunya dapat ditentukan berdasarkan dimana ikan tersebut dijual serta berikut bentuk harga per kg disetiap daerah yang ada di Indonesia adalah:

ProvinsiHarga/Kg
JakartaRp 48.000,00
Jawa BaratRp 42.500,00
Jawa TengahRp 43.000,00
Jawa TimurRp 43.500,00
YogyakartaRp 46.000,00
BaliRp 56.000,00
AcehRp 52.500,00
LampungRp 53.000,00
BantenRp 46.000,00
RiauRp 53.500,00
Sumatera UtaraRp 54.000,00
Sumatera SelatanRp 53.000,00
Kalimantan BaratRp 55.000,00
Kalimantan TimurRp 54.000,00
Sulawesi UtaraRp 55.000,00

Ciri-ciri Fisik Ikan Gurame

  • Bentuknya tinggi dan panjang, pipih kesamping dengan ukuran panjang 65 cm maksimal
  • Rahang memiliki gigi kecil dan gigi deratan luar ukurannya lebih besar
  • Sisiknya kasar dan besar
  • Memiliki duri di setiap sirip punggung
  • SIrip Perut Jari-jari pertama berupa duri pendek
  • Ikan muda memiliki moncong yang runcing 8 – 10 pita untuk melindungi tubuhnya
  • Ukuran warna rata-rata abu kehitaman, dan warna putih dibagian kepala
  • Mudah berkembang di dataran rendah dan mudah untuk budidaya ikan gurame

Baca Juga

Mengenal Karakteristik, Jenis Ikan Gurami Atau Gurame

Harga Ikan Kembung Layang Terbaru Dan Lengkap

Daftar Harga Ikan Lele Di Indonesia Lengkap

Harga Ikan Gurame Berdasarkan Jenisnya

Harga ikan gurame ini memang sangat beragam tergantung dari beberapa jenis yang sangat terkenal dengan kualitas daging yang dimilikinya, karena jenis tersebut banyak dibudidayakan dengan bobot tubuh lebih besar dalam waktu yang singkat tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan hingga membuatnya sangat terkenal dikalangan pembudidaya dan berikut jenis-jenisnya beserta harganya yaitu:

Ikan Gurame Soang

Harga Ikan Gurame Soang

Nama soang dalam bahasa Sunda memiliki arti Angsa, maka tidak heran jika gurame angsa diyakini berasal dari indonesia yang tepatnya dari Provinsi Jawa Barat dan jenis ini paling populer jika dibanding dari jenis-jenis gurame lainnya yang bahkan paling sering kita jumpai di pasaran serta diberbagai restoran atau rumah makan yang menjadi primadona dan untuk harga ikan gurame jenis ini per kg nya dibandro dengan harga sekitar Rp 60.000.

Kelebihannya terdapat pada ukuran tubuhnya yang cukup besar, bahkan mampu mencapai 8 kg dan pertumbuhan gurame soang juga cukup cepat 700 gram-1.2 kg/tahunnya serta bentuknya yang pipih ke samping dan sedikit memanjang, memiliki panjang mencapai 65 cm, pada sisik badannya sedikit membulat hingga ukurannya menjadi lebih besar dengan bintik-bintik hitam pada dasar sirip dada.

Ikan Gurame Jepang (Jepun)

Ikan Gurame Jepang (Jepun)

Nah untuk jenis yang satu ini meskipun tidak seterkenal gurame soang popularitas gurame jepun sudah lama dikenal di Indonesia, karena jenis ini sangat familiar di Jawa Tengah tepatnya di Kab Probolinggo yang sekalinya melakukan pemijahan yang sangat produktivitas telur gurame jepun mampu mencapai 2000-3000 butir/ekornya. .

Jenis gurami jepun atau jepang ini memiliki panjang tubuh maksimal 45 cm dengan berat badan 3-4 kg/ekornya, sehingga ciri khas yang bisa dilihat dari gurame jepun terdapat pada warna hitam pekat dibagian atas tubuhnya dengan sisik putih serta garis gelap untuk dibagian perutnya ini memiliki harga jual yang lebih murah daripada jenis sebelumnya dan harga ikan gurame jenis sekitar Rp 45.000 untuk per kg nya.

Ikan Gurame Porselin

Ikan Gurame Porselin

Satu lagi jenis gurame yang sangat bagus jika dijadikan peluang usaha, karena sekali pemijahan saja jenis ini mampu menghasilkan 8000-10.000 butir telur/ekor dengan jumlah yang sangat banyak daripada gurame jenis lainnya dan itu juga yang menjadi alasan gurame jenis porselen sangat baik di jadikan bisnis pembibitan.

Gurame ini memiliki ciri warna merah muda atau keperakan, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih, ukuran kepala relatif kecil dibanding ukuran tubuhmya tapi pertumbuhan gurame porselen juga terbilang cukup cepat dan berat rata-rata gurame ini berkisar 1.5 kg -2 kg/ ekor yang memiliki harga sekitar Rp 60.000 setisp per kg nya.

Ikan Gurame Kapas

Ikan Gurame Kapas

Jenis ikan ini memiliki warna khas putih keperakan hampir mirip dengan warna kapas dan ukuran sisik lebih lebar dibanding jenis gurame lainnya dan sedikit sedikit lebih keras, nah gurami kapas ini juga bisa dibilang cukup produktif dalam sekali memijah saja mampu menghasilkan sekitar 3000 butir telur/ekor.

Pertumbuhan gurame kapas juga terbilang cukup cepat hingga membuatnya sangat digemari oleh pembudidaya, namun diantara semua jenis gurame kapas lah yang memiliki bobot paling ringan yaitu berat maksimal hanya 1.5 kg dan untuk harga ikan gurame jenis sekitar Rp 45.000/kg.

Ikan Gurame Bastar

Ikan Gurame Bastar
BLUE GOURAMI trichogaster trichopterus

Warna abu-abu kehitaman yang dimiliki gurame bastar ini pada bagian kepalanya akan berwarna putih yang sering dikenal dengan gumare pedaging, karena ukurannya yang besar dan laju pertumbuhan yang cepat hingga menjadi salah satu gurame primadona dikalangan pembudidaya ikan gurame.

Memiliki bobot yang bisa mencapai 6 kg-9 kg/ekor nya, namun soal produktivitas telur gurame bastar terbilang rendah bila dibandingkan jenis gurame soang dan untuk jenis ini sekali memijah dapat menghasilkan sekitar 4000 -4500 butir telur/ekor nya dan setiap kg nya harga ikan gurame ini mencapai Rp 65.000.

Ikan Gurame Blue Safir

Ikan Gurame Blue Safir

Nah untuk jenis selanjutnya ini memiliki warna merah muda dan cerah, namun hampir sama pada umumnya dengan ikan jenis gurame lainnya hanya saja memiliki keunikan tersendiri untuk jenis ini dan memiliki harga sekitar Rp 60.000 untuk setiap kg nya.

Walaupun hanya 35 cm dengan berat maksimal 2 kg, namun kemampuan bertelur lebih baik bila di bandingkan gurame paris untuk jenis ini dalam sekali pemijahan gurame blue safir mampu memcapai 4000-5000 butir telur ekornya.

Ikan Gurame Paris

Ikan Gurame Paris

Satu lagi jenis gurame yang terakhir ialah gurame paris ini berwarna merah muda cerah tapi kepala nya berwarna putih dengan bintik-bintik hitam disekitar bagian tubuhnnya, selain itu memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis gurame lainnya dan berat maksimalnya hanya 1.5 kg.

Selain dikonsumsi jenis gurame paris juga banyak di jadikan ikan hias bagi penghoby ikan hias, karena produktivitas telur gurame paris lumayan besar ini mampu mencapai 5000-6000 butir/ekor dan harga ikan gurame jenis ini setiap kg nya mencapai Rp 70.000.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang harga ikan gurame yang sangat beragam tergantung beberapa faktor, nah salah satunya adalah tempat dimana ikan tersebut dijual yang setiap daerah juga memiliki harga yang berbeda dan setiap jenis juga memiliki keunggulan tersendiri yang akan meningkat harga jualnya.

Tinggalkan komentar