Mengenal Sejarah, Karakteristik & Habitat Belut Listrik

Belut listrik adalah salah satu hewan yang masuk ke dalam sekelompok ikan dengan bentuk tubuh yang hampir sama seperti halnya ular, namun jenis ikan ini masuk ke dalam suku Synbranchidae yaitu suku dari empat genera atau pengelompokan dengan total 20 jenis tapi bisa saja berubah dengan adanya jenis terbaru dan jenis ini banyak ditemukan di Sungai Amazon.

Jenis ikan ini cukup unik yang dimana pada kelaminya yang bisa berubah atau biasa disebut dengan Hermaprodit, yaitu pada saat usia muda yang berjenis kelamin betina akan berubah menjadi jantan dimasa berikutnya jika usianya sudah tua dan untuk jenis belut yang satu ini mampu mengeluarkan aliran listrik yang tentunya akan berbeda dengan jenis pada umumnya.

Nah untuk mengenalnya lebih dalam tentang Electrophorus electricus ini yang dapat menghasilkan aliran listrik kuat hingga mencapai 650 volt untuk berburu dan membela diri, maka untuk mengenalnya lebih dalam mari simak penjelasan berikut!

Beberapa Ciri Yang Ada Di Belut Listrik

Beberapa Ciri Yang Ada Di Belut Listrik

Ciri pertama yang bisa dilihat pada bentuk badannya yang hampir sama seperti belut pada umumnya tapi untuk jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar, selain itu juga memiliki ciri-ciri lain pada warna kulitnya yang kehitaman dengan bagian perut yang sedikit berwarna putih dan terdapat sirip dibagian kanan serta kiri kepalanya yang membuat tampilannya sedikit berbeda.

Kepala yang berbentuk pipih serta panjangnya yang bisa mencapai 2,5 m, nah untuk berat badannya dapat mencapai 20 kg dengan ukuran yang cukup panjang hingga banyak yang mengira jika jenis ini masuk kedalam jenis ular dan untuk belut listrik ini memiliki keunikan yang bisa ditemukan oleh semua belut jenis ini pada bagian kepala sampai ujung ekor yang terdapat bolong-bolong kecil.

Nah untuk bagian matanya juga akan menjadi ciri yang khas dan sangat menarik perhatian dengan bentuk yang bulat serta besar, karena memiliki mata yang sangat jernih jika dilihat dari kejauhan saja sangat menarik perhatian tapi memiliki kelemahan pada matannya yang cukup buruk pada penglihatannya dan untuk mendeteksi mangsanya mereka akan menggunakan aliran listrik yang dimilikinya.

Baca Juga

Belut Albino, Belut Hias Dengan Harga Mahal

Mengenal Jenis Ikan Mas Koki Ranchu, Rajanya Ikan Hias

Mengenal 9 Jenis Ikan Mas Hias & Cara Merawat

Kenali Habitat Belut Listrik

Habitat untuk belut jenis ini yang banyak ditemukan didalam perairan sungai yang sangat luas seperti Sungai Orinoko dan Sungai Amazon yang berada di Amerika Seatan, nah untuk sungai Amazon atau sungai terpanjang ke 2 setelah sungai Nill ini cukup terkenal dengan banyaknya hewan berbahaya serta buas yang tinggal disana.

Nah untuk dihabitat aslinya belut listrik akan memiliki tumbuh dengan panjang sekitar 2,5 m atau 8,2 kaki, maka berat bobotnya juga cukup besar dan bahkan akan memiliki berat yang hampir sama seperti halnya anak kecil yaitu sekitar 20 kg atau 44 pound dan biasanya ukuran rata-rata belut jenis ini hanya sekitar 1 m saja.

Fakta Lainnya Tentang Belut Listrik

Fakta Lainnya Tentang Belut Listrik

Fakta lainnya yang dimiliki hewan bernama ilmiah Electrophorus electricus ini memang sedikit mengejutkan, salah satunya mereka akan berkomunikasi menggunakan debit organ listrik rendah yang diproduksi didalam nadinya hingga dapat menafsirkan informasi tentang individu lain yang ada didalam air dan untuk mengetahui fakta lainnya tentang belut listrik ini mari simak penjelasan berikut!

Kerabat Dekatnya Ikan Lele

Walaupun banyak yang menyebutnya sebagai belut, namun ternyata lebih dekat berkerabat dengan ikan lele dibanding belut pada umumnya dan mereka hidup diperairan yang dangkal atau air yang berlumpur yang akan muncul pada permukaan setiap sepuluh menit sekali dan mereka bernafas menggunakan Atmosfer.

Bobot yang dimilikinya memang bisa mencapai 20 kg dan panjangnya mampu mencapai 250 cm dengan bentuk tubuh yang panjang serta silindris ini masuk kedalam hewan karnivor yang akan memangsa ikan lain, amfibi, burung hingga mamaia kecil yang ada didalam air habitatnya.

Memiliki Sel yang Dapat Menghasilkan Aliran Listrik Cukup Kuat

Aliran listrik yang dihasilkan belut listrik ini cukup kuat hingga 80 % seluruh organ tubuhnya bisa menghasilkan aliran listrik, nah untuk menggunakannya energi tersebut yang berfungsi sebagai pertahanan dirinya dari predator lainnya atau bisa juga untuk menyerang mangsanya.

Nah belut jenis ini juga memiliki lebih dari 6 ribu sel yang dikenal sebagai Electrocyle yang menghasilkan listrik, maka listrik yang dihasilkan bisa mencapai 600 volt yang artinya 5 kali lebih kuat dibandingkan dengan kekuatan listrik dari stop kontak standar.

Belut yang Berumur Panjang

Fakta lainnya tentang belut listrik ini memiliki umur yang cukup panjang, karena mereka bisa hidup hingga mencapai umur 15 tahun di alam liar dan bahkan bisa mencapai 22 tahun hidup dilingkungan yang terkendali serta asupan makan yang sesuai dengan kebutuhan mereka atau banyaknya hewan kecil yang dihidup disekitar mereka.

Aliran listrik yang dimilikinya memang untuk membantu mereka dalam merasakan lingkungan disekelilingnya dan mendeteksi mangsa, nah untuk musim kawinnya akan terjadi selama kemarau dan untuk belut jantan akan menggunakan air liurnya untuk membuat sarang telur serta betina akan bertelur sebanyak 17 ribu butir.

Aliran Listriknya Mampu Membunuh Manusia

Aliran listrik yang dimiliki belut jenis ini mampu membunuh manusia, karena hasil penelitian yang telah dilakukan menemukan kesimpulan bahwa belut listrik akan menggunakan energi listriknya untuk menemukan mangsa serta dapat memaksa mangsanya tersenut keluar dari tempat persembunyiannya.

Hewan yang dijuluki sebagai pembangkit bioelektrik terkuat yang organnya terdiri dari tiga bagiannya, pertama terdiri dari bagian Hunter dan Sachs yang membentuk sekitar 80 persen dari tubuh ikan hingga ada informasi yang mengatakan bahwa ada manusia yang tewas akibat belut jenis ini.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi penting tentang belut listrik yang memiliki aliran listrik hingga 860 volt, tentunya banyak ditemukan di sepanjang sungai Amazon atau sungai Orinoko yang habitat favoritnya di perairan berarus tenang yang dipenuhi oleh lumpur.

Penjelasan diatas juga terdapat beberapa fakta yang harus diketahui, karena masuk kedalam salah satu jenis ikan yang unik ini mampu menghasilkan energi listrik hingga bisa melumpuhkan kuda dan bahkan sampai bisa membunuh manusia. Jadi berhati-hatilah, dengan hewan yang satu ini!

Tinggalkan komentar